Comscore Tracker

5 Istilah yang Harus Diketahui sebelum Beli iPhone Bekas

Budget pas tapi pengin punya iPhone, simak ya #IDNTimesTech

Di dalam marketplace, biasanya kita menemukan istilah yang digunakan penjual untuk mendeskripsikan barang yang ditawarkan. Terkadang ada kata-kata tertentu yang belum banyak diketahui oleh pembeli.

Padahal penting sekali bagi kita para pembeli untuk mengetahui maksudnya. Apalagi jika  berkaitan dengan kondisi barang yang ditawarkan. Salah satunya dapat kita jumpai saat ingin membeli iPhone bekas di marketplace. Para penjual sering menggunakan istilah khusus yang jarang diketahui pembeli.

Daripada rugi karena gagal paham, yuk, simak arti lima istilah yang digunakan penjual iPhone bekas berikut. Jangan terburu-buru checkout, ya!

1. Fullset OEM dan batangan

5 Istilah yang Harus Diketahui sebelum Beli iPhone Bekasilustrasi iPhone fullset (unsplash.com/vuatao)

Kata fullset biasanya istilah pertama yang ditampilkan pada judul oleh penjual untuk mendeskripsikan iPhone bekas. Fullset artinya iPhone yang dijual lengkap dengan aksesorisnya. Hal ini termasuk dus, buku manual, kepala dan kabel charger, bahkan stiker Apple.

Sementara itu, OEM mengindikasikan bahwa aksesoris yang disertakan orisinal milik Apple, tetapi diproduksi oleh perusahaan pihak ketiga. Hal yang perlu diwaspadai, banyak penjual menggunakan kata OEM padahal aksesoris tersebut KW.

Sebaliknya, batangan adalah istilah yang digunakan untuk iPhone yang dijual hanya unit saja tanpa kelengkapan aksesoris. Jadi, kamu harus benar-benar cermat dan jangan ragu bertanya saat ingin membeli. 

2. iCloud kosong atau bebas reset

5 Istilah yang Harus Diketahui sebelum Beli iPhone Bekasilustrasi reset iCloud (unsplash.com/freestocks)

Jika penjual mencantumkan keterangan kalau iCloud kosong atau bebas reset, hal ini berarti iPhone bisa tersambung dengan ID Apple yang kamu miliki. Seluruh fungsinya juga dapat digunakan secara normal. iCloud kosong juga menjadi salah satu indikasi bahwa iPhone yang dijual bukan hasil curian.

Baca Juga: 7 Masalah iPhone 12 yang Perlu Dibenahi Apple di iPhone 13

3. Eks internasional dan eks iBox

5 Istilah yang Harus Diketahui sebelum Beli iPhone Bekasilustrasi iPhone eks internasional dan iBox (unsplash.com/rmrdnl)

Eks internasional berarti iPhone yang dijual merupakan unit second dari luar negeri yang dibawa ke Indonesia untuk dijual lagi. Hal ini menjadi penting, apalagi dalam aspek garansinya.

Eks internasional biasanya lebih sulit untuk klaim garansi karena prosesnya yang panjang. Sementara itu, eks iBox akan lebih mudah untuk klaim garansi karena garansi resmi Indonesia. Itulah kenapa, jika kamu ingin membeli unit yang bergaransi, ada baiknya untuk mencari iPhone eks iBox.

4. Battery health dan 3uTools hijau 100 persen

5 Istilah yang Harus Diketahui sebelum Beli iPhone Bekasilustrasi pengecekan iPhone (unsplash.com/abeso)

Battery health menggambarkan kesehatan baterai dari iPhone yang dijual. Semakin besar persentasenya dan mendekati 100 persen, semakin baik kondisi unit tersebut. 

Sementara itu, 3uTools adalah  software yang digunakan untuk mengecek kondisi komponen iPhone yang sudah diganti. Jika penjual menulis 3uTools hijau 100 persen, berarti iPhone belum mengalami penggantian komponen. Baik dari segi mesin, kamera, baterai, dan sebagainya.

Namun, jika penjual tidak bisa menjamin 3uTools hijau 100 persen, ada kemungkinan bahwa unit tersebut adalah hasil refurbished atau rekondisiKamu harus menanyakan aspek ini dengan detail agar tidak menyesal. 

5. IMEI dan nomor seri tembus

5 Istilah yang Harus Diketahui sebelum Beli iPhone Bekasilustrasi mengecek IMEI (unsplash.com/docusign)

Maksud IMEI tembus adalah kode produksi dari iPhone tersebut terdaftar di situs jaringan Kementerian Perindustrian. Jika IMEI tidak terdaftar, iPhone tidak akan bisa mengakses jaringan internet dengan data seluler.

Sementara itu, nomor seri adalah nomor yang dapat mengidentifikasi bahwa iPhone merupakan produk orisinal Apple. Jika nomor seri tembus, artinya iPhone yang dijual merupakan produk asli.

Membeli iPhone bekas memang diperlukan kecermatan tersendiri. Kamu harus benar-benar memastikan kondisi unit yang ingin kamu ambil kepada penjual dan ketahuilah arti istilah yang sering digunakan seperti di atas. 

Baca Juga: Murah! Ini Beda iPhone Refurbished, Rekondisi, Ex Inter, dan BM

Riko Hardiyansah Photo Writer Riko Hardiyansah

I like to do new things, honest person, and phlegmatic.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya