Comscore Tracker

Hindari! 13 Faktor Berikut Ini Membuat Baterai Ponsel Jadi Boros

Gunakan sesuai kebutuhan

Baterai ponsel adalah salah satu hal yang paling diperhatikan orang ketika berada di luar ruangan. Baterai ponsel cepat habis sering membuat seseorang mengeluhkannya dan kesal. Meskipun, sekarang banyak ponsel dengan fitur daya baterai besar, nyatanya nggak bisa menangani keluhan penggunanya tersebut.

Faktanya, boros atau nggak suatu baterai ponsel dipengaruhi beberapa hal dan aktivitas yang dilakukan oleh pengguna. Apa saja hal-hal yang dimaksud? Berikut ini ulasannya.

1. Usia ponsel uzur dan baterai "lapuk"

Hindari! 13 Faktor Berikut Ini Membuat Baterai Ponsel Jadi Borosforbes.com

Perkembangan telepon genggam terus berubah seiring waktu, termasuk perubahan dalam jenis baterai. Misalnya, ponsel dengan merek Apple selalu mencoba mengarahkan pelanggannya untuk selalu membeli seri terbaru. Salah satunya adalah dengan terus memperbarui jenis baterai.

Jika merasa baterai jadi boros, segera ganti baterai lama dengan yang baru. Baterai baru tentu akan memberikan kinerja dengan daya tahan yang lebih baik. Baterai yang cepat habis mungkin juga menjadi pertanda bahwa ponsel sudah waktunya diganti.

2. Charger rusak

Hindari! 13 Faktor Berikut Ini Membuat Baterai Ponsel Jadi Borosinstagram.com/modrhead

Pengisi daya bermasalah atau rusak adalah penyebab baterai menjadi boros. Indikasi baterai boros nggak selalu disebabkan oleh kinerja ponsel dan baterai itu sendiri. Charger yang rusak dan nggak berfungsi dengan baik, tentu saja membuat baterai juga nggak akan berfungsi dengan baik.

3. Suhu di sekitar terlalu dingin atau panas

Hindari! 13 Faktor Berikut Ini Membuat Baterai Ponsel Jadi Borosinstagram.com/lilmoyo

Udara luar juga bisa berdampak pada baterai ponsel. Entah itu terlalu panas atau terlalu dingin. Ketika udaranya sangat dingin banyak orang menggunakan sarung tangan. Sebab, dingin akan membuat ponsel bekerja lebih keras.

Demikian pula ketika udara terlalu panas, cobalah untuk menjaga ponsel di saku jaket untuk menjaga suhu.

4. Fitur kecerahan gak digunakan secara optimal dan waktu sleep

Hindari! 13 Faktor Berikut Ini Membuat Baterai Ponsel Jadi Borosdrippler.com

Ini merupakan hal sepele, tetapi sebenarnya bisa mempengaruhi daya tahan baterai, khususnya ponsel pintar.

Pengguna yang malas menyesuaikan kecerahan layar secara manual, akan mengaktifkan mode kecerahan otomatis. Di sisi lain, ada pengguna yang nggak sadar mengaktifkan mode itu. Padahal, mode tersebut lebih menguras baterai. Jadi, disarankan untuk menyesuaikan kecerahan layar secara manual.

Tapi, tingkat kecerahannya jangan terlalu tinggi. Selain bisa merusak mata, bisa menyebabkan baterai boros.

Kemudian, waktu "tidur" ketika ponsel sudah nggak digunakan harus diatur. Biasanya, pengaturan default-nya 30 detik, lebih baik diubah menjadi 15 detik. Usahakan jangan terlalu lama sampai 1 menit.

5. Dari sistem ponselnya

Hindari! 13 Faktor Berikut Ini Membuat Baterai Ponsel Jadi Borosinstagram.com/androidnigeriaonline

Misalnya, ponsel menggunakan sistem Android, ternyata sistemnya itu juga membutuhkan cukup banyak daya baterai. Dalam banyak kasus, sistem Android bisa mengurangi daya baterai hingga 25 persen.

Kemudian ada aplikasi lain dari Google yang terbukti mengonsumsi daya baterai dalam jumlah besar, yaitu Layanan Google Play yang nggak bisa dihapus. Karena, Google Play Service adalah aplikasi penting untuk perangkat Andorid.

Cara mengatasi masalah ini bisa dengan menghapus cache dari Google Play Service.

6. Aplikasi pemangsa daya ponsel dan gak diperbarui

Hindari! 13 Faktor Berikut Ini Membuat Baterai Ponsel Jadi Borosandroidpit.com

Misalnya, pada ponsel sistem Android, pasti harus dimanjakan dengan banyak aplikasi yang bisa digunakan. Namun, harus berhati-hati, karena mungkin ada satu atau beberapa aplikasi yang bisa membuat baterai menjadi super boros.

Untuk mengetahuinya, bisa memeriksanya melalui Pengaturan Baterai untuk melihat aplikasi yang "memangsa" daya baterai besar. Jika menemukan aplikasi yang kurang penting dan membuat baterai boros, jangan ragu untuk menghapusnya.

Selain itu, aplikasi yang nggak kunjung di-update juga mempengaruhi borosnya daya baterai ponsel. Karena, aplikasi yang nggak update biasanya memerlukan kinerja yang ekstra, berbeda dengan aplikasi yang sudah di-update.

Di mana, dalam melakukan pembaruan aplikasi, pihak pengembang salah satu fokus utamanya memperhatikan kinerja dari aplikasi terkait untuk menjadi lebih ringan, cepat dan efektif.

Baca Juga: Awet & Tahan Lama, Ini 5 Smartphone Android dengan Baterai Terawet

7. Kondisi sinyal buruk

Hindari! 13 Faktor Berikut Ini Membuat Baterai Ponsel Jadi Borosgizmodo.com

Ketika bepergian, kita sering melewati area dengan sinyal yang nggak baik atau bahkan sama sekali nggak ada. Kondisi ini akan membuat penggunaan baterai ponsel menjadi boros. Karena, ponsel berusaha keras mencari sinyal untuk menghubungkan seseorang ke dunia luar.

Sebagai gambaran, ponsel akan terus mengirim dan menerima sinyal dari menara terdekat. Ketika menara terdekat nggak bisa menerima pesan, ponsel akan mengirim pesan kembali ke menara lain. Nah, hal itu membutuhkan daya baterai.

Jadi, solusinya adalah dengan mengatur ponsel ke mode terbang (mode pesawat) atau coba cari koneksi Wi-Fi terdekat.

8. Sering menelepon

Hindari! 13 Faktor Berikut Ini Membuat Baterai Ponsel Jadi Borosinstagram.com/charliehunnam.br

Jika melakukan banyak panggilan, hampir pasti baterai ponsel akan habis lebih mudah. Panggilan telepon membutuhkan daya yang lebih daripada sinyal biasa. Selain itu, panggilan telepon juga menyedot daya untuk mengeluarkan elemen suara yang nggak disertakan ketika mengirim pesan atau email.

Jadi, mengirim pesan atau email akan lebih menghemat baterai.

9. Banyak notifikasi aplikasi

Hindari! 13 Faktor Berikut Ini Membuat Baterai Ponsel Jadi Borosinstagram.com/practicallysimplified

Terlalu banyak notifikasi juga bisa membuat baterai ponsel boros. Kecuali secara khusus mematikan pemberitahuan. Semakin banyak aplikasi dengan pemberitahuan aktif, semakin banyak daya ponsel yang digunakan.

Jadi, pilih notifikasi aplikasi yang benar-benar diperlukan dan matikan pemberitahuan pada aplikasi yang nggak terlalu diperlukan.

10. "Gigi Biru" selalu menyala

Hindari! 13 Faktor Berikut Ini Membuat Baterai Ponsel Jadi Borostechspirited.com

Banyak telepon dirancang dengan bluetooth yang selalu menyala secara otomatis. Faktanya, "gigi biru" yang ON bisa memberikan tekanan yang berlebih pada baterai. Bluetooth selalu aktif membuat baterai ponsel bekerja lebih keras, karena ada proses aktif yang membutuhkan daya.

Jadi, lebih baik mematikannya ketika nggak diperlukan.

11. GPS terus aktif

Hindari! 13 Faktor Berikut Ini Membuat Baterai Ponsel Jadi Borosandroidcentral.com

Beberapa aplikasi mungkin mengharuskan ponsel untuk mengaktifkan GPS, sehingga lokasi bisa dilacak. Mengaktifkan GPS dalam waktu lama juga bisa membuat baterai ponsel cepat habis. Jika nggak benar-benar membutuhkannya, mematikannya adalah langkah yang bijak.

Namun, jika harus menyalakannya untuk waktu yang lama, jangan lupa untuk membawa sumber daya tambahan seperti bank daya. Dan jika akan menggunakan peta lokasi ketika mengemudi, bisa mengunggahnya lebih dulu, sehingga bisa digunakan secara offline.

12. Aplikasi latar belakang dan widget

Hindari! 13 Faktor Berikut Ini Membuat Baterai Ponsel Jadi Borosinstagram.com/_androidhomescreen_

Koleksi aplikasi latar belakang dan widget khususnya pada smartphone yang selalu berjalan sering berguna, tetapi bisa sangat menguras baterai. Atasi masalah ini dengan mengatur pembaruan menjadi lebih jarang.

Misalnya, aplikasi cuaca yang diperbarui sebelumnya setiap satu jam diubah menjadi setiap tiga atau empat jam.

13. Sering menggunakan fitur kamera

Hindari! 13 Faktor Berikut Ini Membuat Baterai Ponsel Jadi Borosinstagram.com/uki_nya

Ketika sering melakukan foto dan atau video ketika bepergian, cuman sekedera ingin eksis dan narsis, baterai ponsel mungkin habis dengan cepat. Itu karena ketika menggunakan fitur foto dan video membuat ponsel bekerja lebih keras, seperti memfokuskan gambar dan merekam gambar serta suara.

Ketika mengambil banyak gambar dan atau video, coba aktifkan mode penerbangan. Hal itu akan membuat ponsel nggak bekerja lebih keras untuk menemukan sinyal dan cuman fokus untuk mengambil gambar pada waktu yang bersamaan.

Sudah paham, kan?

Baca Juga: 5 Smartphone dengan Baterai Jumbo yang Cocok Buat Main Mobile Legends

Riyan Sumarno Photo Community Writer Riyan Sumarno

♐ Bermimpi, Bergegas, Berusaha, Berdoa dan Sukses!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You