Comscore Tracker

Mau Jadi Travel Vlogger? 7 Perangkat Ini Wajib Kamu Miliki

#Gadget101 Supaya hasilnya keren maksimal!

Travel vlogger adalah salah satu hobi yang bisa mendatangkan uang. Bepergian ke tempat-tempat eksotis dan membagikannya dengan publik sebagai profesi mungkin terdengar konyol. Tetapi, kenyataannya banyak travel vlogger yang bisa memiliki uang jutaan, puluhan juta bahkan sampai ratusan juta.

Tentu saja hal itu nggak bisa dipisahkan dari konten menarik yang membutuhkan konsep matang. Selain konsep video yang matang, travel vlogger juga menggunakan berbagai gadget yang semakin meningkatkan kualitas video. Bagi kamu yang ingin menjadi travel vlogger, berikut gadget-gadget yang wajib dimiliki.

1. Kamera

Mau Jadi Travel Vlogger? 7 Perangkat Ini Wajib Kamu Milikiephotozine.com

Saat ini ada banyak kamera mirrorless yang bisa merekam video dengan kualitas sangat baik seperti Canon G7X, Panasonic Lumix GH5, Sony Alpha A6500 dan lain-lain. Jika ingin menyajikan konten HD, maka harus memilih kamera yang mampu merekam video 4K.

Selain kualitas gambar, yang perlu diperhatikan lainnya adalah daya tahan baterai, ukuran dan berat. Selain itu, juga perlu memperhatikan fitur lain seperti jack mikrofon dan layar yang bisa diputar ke arah tubuh.

Fitur terakhir ini cukup penting, karena jika nggak bisa melihat diri sendiri saat berbicara menghadap kamera, titik fokus dan komposisi video yang didapat akan berantakan.

2. Smartphone

Mau Jadi Travel Vlogger? 7 Perangkat Ini Wajib Kamu Milikiexpertreviews.co.uk

Meskipun kualitasnya nggak bisa disamakan dengan kualitas menggunakan kamera mirrorless, ponsel pintar kini semakin canggih dengan kemampuan kamera yang mampu merekam video beresolusi tinggi.

Jadi, jika suatu ketika kamera kehabisan baterai, rusak bahkan hilang, aktivitas vlogging masih bisa berjalan tanpa hambatan. Selain itu, ada banyak aplikasi pengeditan video yang bisa diunduh pada smartphone. Aplikasi-aplikasi yang bergentayangan di Play Store juga sudah mampu menghasilkan vlog sederhana yang apik.

3. Tripod

Mau Jadi Travel Vlogger? 7 Perangkat Ini Wajib Kamu Milikilensvid.com

Menjadi seorang travel vlogger tentu saja shoot yang dihasilkan harus stabil. Entah itu untuk gambar atau video, tripod adalah gadget penting karena bisa membantu kamera menangkap gambar tanpa gangguan yang berarti. Terlebih lagi jika sedang bepergian sendiri dan tangan sibuk dengan pekerjaan. Jadi, nggak perlu bingung tentang cara mengoperasikan kamera.

Pilihlah tripod yang kokoh namun ringan. Salah satunya adalah Gorillapod yang kecil, fleksibel, namun tetap kokoh. Gorillapod bahkan bisa dijadikan gimbal untuk merekam dan menghasilkan video yang lebih halus.

Baca Juga: Khusus YouTuber, 5 Kamera Mirrorless Terbaik untuk Ngevlog

4. Stabilisator Gimbal

Mau Jadi Travel Vlogger? 7 Perangkat Ini Wajib Kamu Milikitomantosfilms.com

Ingin menyajikan vlog yang lebih halus? Wajib menggunakan stabilisator gimbal. Memang, penggunaan Gorillapod juga bisa membuat rekaman lebih halus, tetapi Gorillapod nggak bisa menghasilkan kualitas yang apik jika dibanding dengan stabilisator gimbal.

Dengan menggunakan alat ini, gambar yang dihasilkan bisa terlihat lebih sinematik dan profesional. Dengan begitu bisa merekam video yang lebih dinamis, tanpa sedikitpun guncangan. Jenis stabilisator gimbal yang banyak tersebar, yaitu analog dan elektrik.

5. Mikrofon

Mau Jadi Travel Vlogger? 7 Perangkat Ini Wajib Kamu Milikilearningrebels.com

Bukan travel vlogger jika nggak menceritakan kisah perjalanan melalui audio-visual. Beberapa kamera dilengkapi dengan mikrofon, tetapi sayangnya suara yang ditangkap nggak bisa sejelas mikrofon eksternal.

Karena itu, penting bagimu untuk memilih kamera yang memiliki jack mikrofon supaya lebih menghasilkan suara yang jernih.

6. Media penyimpanan eksternal

Mau Jadi Travel Vlogger? 7 Perangkat Ini Wajib Kamu Milikiimore.com

Jangan pernah meremehkan urgensi media penyimpanan eksternal. Entah itu berupa harddisk atau SSD. Dalam hal foto dan video digital, maka kamu akan berurusan dengan berkas besar yang cepat atau lambat akan memenuhi penyimpanan laptop atau komputer.

Terlebih lagi jika mengambil ribuan foto dan video selama perjalanan. Dengan menggunakan media penyimpanan eksternal, kamu bisa bernafas lega, karena memiliki media penyimpanan tambahan. Untuk itu, kamu wajib memilih kapasitas yang besar.

Jadi, minimum yang harus dipilih adalah satu terabyte. Lebih baik lagi jika media penyimpanan eksternal memiliki tingkat transfer yang tinggi. Jadi nggak perlu menunggu lama untuk memindahkan berkas dari komputer.

7. Laptop

Mau Jadi Travel Vlogger? 7 Perangkat Ini Wajib Kamu Milikithetechchap.com

Untuk menjadi travel vlogger, berarti harus mengedit dan mengemas vlog menjadi semenarik mungkin. Untuk itu, perlu menggunakan komputer atau laptop yang memiliki spesifikasi mumpuni. Semakin tinggi resolusi video, harus semakin canggih komputernya.

Spesifikasi minimum yang harus dimiliki adalah prosesor Intel i5 generasi ke 6, RAM 8GB, layar kualitas FHD dan kapasitas penyimpanan hingga 1 terabyte. Lebih baik lagi jika media penyimpanan menggunakan SSD daripada harddisk biasa, karena dengan itu, komputer bisa beroperasi lebih cepat.

Dan jika kamu seorang travel vlogger yang terus berpindah-pindah tempat, alangkah baiknya menggunakan laptop, sehingga lebih fleksibel daripada PC. Karena selama istirahat kamu bisa menyicil mengedit gambar atau video.

Nah, semua perlengkapan sudah siap, sekarang saatnya untuk mulai perjalanan!

Baca Juga: 7 Food Vlogger Indonesia yang Kontennya Siap Bikin Ngiler!

Riyan Sumarno Photo Verified Writer Riyan Sumarno

♐ Bermimpi, Bergegas, Berusaha, Berdoa dan Sukses!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya