Comscore Tracker

5 Tips Membersihkan HP Bebas Virus Corona Tanpa Merusaknya 

Jangan bersihkan dengan cairan berbahaya, ya

Virus corona bisa bertahan pada benda-benda mati dalam kurun waktu tertentu. Jadi, tak heran saat ini marak dilakukan penyemprotan disinfektan untuk membersihkan dan menyingkirkan berbagai virus yang menempel pada benda mati.

Nah, HP juga menjadi salah satu benda yang bisa menyebarkan virus ini. Bagaimana cara membersihkannya sehingga terbebas dari virus? Dilansir laman CNET dan The Wire Cutter, berikut penjelasannya.

1. Membersihkan dengan tisu disinfektan  

5 Tips Membersihkan HP Bebas Virus Corona Tanpa Merusaknya thewirecutter.com

Jangan membersihkan layar HP langsung dengan alkohol murni. Ini bisa menghilangkan lapisan oleophobic dan hydrophobic sehingga dapat merusak display dan port HP.

Beberapa situs mungkin menyarankan mencampurkan alkohol dengan air. Namun, konsentrasi yang kurang tepat juga berisiko. Jadi, paling aman dengan menggunakan tisu disinfektan yang mengandung 70 persen alkohol isopropil untuk membersihkan layar HP.

2. Membersihkan noda sidik jari dengan kain microfiber

5 Tips Membersihkan HP Bebas Virus Corona Tanpa Merusaknya cnn.com

Noda sidik jari sulit untuk dicegah karena minyak pada kulit. Cara yang aman dan efektif untuk membersihkan layar HP dari noda sidik jari ini dengan menggunakan kain microfiber. Gunakan air bersih untuk membasahi kain microfiber. Hindari menyemprotkan air langsung pada layar.

Baca Juga: 10 Tips Mudah Membersihkan Kulkas, Bikin Sehat dan Bebas Bau 

3. Menghilangkan pasir dan serat yang menempel 

5 Tips Membersihkan HP Bebas Virus Corona Tanpa Merusaknya theverge.com

Pasir atau kotoran sering tersangkut di port kecil atau di celah tempat layar dan tubuh HP bertemu. Solusi untuk menghilangkan pasir dan serat tersebut dengan menggunakan selotip khusus. Selotip ini bisa diletakkan di sepanjang lipatan dan port HP. Untuk lubang port yang kecil, gunakan tusuk gigi atau coba dengan penyedot debu kecil.

4. Membersihkan ponsel antiair

5 Tips Membersihkan HP Bebas Virus Corona Tanpa Merusaknya uswitch.com

Pada jenis HP antiair yang diklaim bisa bertahan selama beberapa waktu di air dengan kedalaman tertentu, cara membersihkannya bukan dengan dicuci. Cara yang lebih baik dengan menggunakan kain basah.

Setelah itu, bersihkan dengan kain kering dan lembut pada semua bagian HP. HP antiair sebenarnya tidak difungsikan untuk digunakan di dalam air, namun lebih pada ketenangan pemiliknya bahwa HP tersebut tak mudah rusak saat jatuh ke dalam air.

5. Benda-benda yang tak boleh digunakan untuk membersihkan HP

5 Tips Membersihkan HP Bebas Virus Corona Tanpa Merusaknya forbes.com

Ada beberapa benda dan cairan pembersih yang bisa berbahaya atau kurang baik bagi HP. Benda-benda tersebut, misalnya pembersih jendela, pembersih dapur, kertas tisu, spiritus, penghapus riasan, sabun cuci piring, sabun tangan, dan cuka.

Membersihkan HP kadang diabaikan oleh sebagian orang, padahal ini menjadi benda yang sering dipegang setiap saat. Untuk itu, kamu perlu untuk memperhatikan kebersihannya dan membersihkan dengan cara yang aman, ya!

Baca Juga: Ini Cara Tepat Membersihkan Laptop, Terhindar dari Virus Penyakit!

Senja Nilasari Photo Verified Writer Senja Nilasari

freelance writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya