Comscore Tracker

6 Cara Merawat Macbook Pro, Bikin Awet!

Mencegah lebih baik, kan?

Macbook Pro adalah laptop berharga mahal. Harga di pasaran mulai dari kisaran Rp10 - 50 jutaan. Banyak orang membelinya untuk investasi jangka panjang. Atas dasar itu, mereka sudah pasti ingin Macbook Pro yang sudah dibeli bisa berumur panjang. Tentu, mereka tidak mau laptop yang dibeli dengan harga fantastis itu rusak begitu saja karena salah pemakaian. 

Nah demi meminimalisir kerusakan akibat kesalahan pakai, yuk simak uraian cara merawat Macbook Pro di bawah ini agar laptopmu awet!

1. Jangan sampai baterai habis

6 Cara Merawat Macbook Pro, Bikin Awet!ilustrasi Macbook (pexels.com/Junior Teixeira)

Macbook Pro memiliki baterai yang sangat berkualitas. Apple mengklaim baterainya dapat bertahan hingga lebih dari lima tahun. Namun, dengan catatan, kamu menggunakannya dengan baik dan benar.

Melansir Agirepair, usahakan Macbook Pro yang kamu pakai baterainya selalu di atas 20 persen. Menurut produsen, baterai Macbook Pro berjenis litiumsehingga harus berada di kisaran 20-80 persen. Jika persentase baterai sampai nol persen, maka dikhawatirkan usia baterai akan berkurang. Dampaknya akan mengakibatkan kerusakan pada komponen lainnya. Namun, bukan berarti kamu harus selalu men-charge baterai selama 24 jam, ya. Justru hal tersebut dikhawatirkan juga akan merusak Macbook Pro kamu.

Jadi, ketika Macbook Pro kamu sudah 20 persen, segera di-charge. Lalu, jangan lupa ketika mencapai 100 persen atau penuh langsung cabut charger dari colokan, ya!

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Perlu Membeli MacBook Baru

2. Lakukan pembaruan software

6 Cara Merawat Macbook Pro, Bikin Awet!ilustrasi pemrograman (pexels.com/luis gomes)

Apple kerap merilis pembaruan berkala untuk macOS untuk memperbarui aplikasi dan keamanan laptop. Kamu harus memastikan notifikasi udpate selalu menyala. Tujuannya agar tidak melupakan pembaruan untuk mencegah gangguan fungsional. 

Jangan lupa ketika berniat update software pastikan baterai Macbook Pro kamu berada di posisi maksimum karena proses ini memakan waktu cukup lama.

3. Atur pencahayaan layar

6 Cara Merawat Macbook Pro, Bikin Awet!MacBook Pro (13-inch, 2020) (appleinsider.com)

Jangan sampai brightness atau pencahayaan Macbook Pro kamu berada di posisi maksimal terus-menerus. Jika hal ini terjadi dapat dipastikan umur baterai perlahan akan berkurang. Biasakan, atur cahaya layar sesuai dengan kenyamanan kalian. Jangan selalu berada di posisi maksimal.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga MacBook Pro 2021 Terbaru

4. Optimalkan ruang penyimpanan

6 Cara Merawat Macbook Pro, Bikin Awet!ilustrasi MacBook Pro (pexels.com/hitesh choudhary)

Mengutip Macmyths, pengguna Macbook Pro terkadang suka mengeluhkan perihal cakupan ruang penyimpanan atau memori yang terbatas. Padahal, keluhan itu dapat diatasi dengan mudah. Kamu harus pintar dalam mengoptimalkan memori. 

Triknya adalah dengan menghapus aplikasi yang jarang kamu pakai dan memakan banyak ruang penyimpanan. Kemudian, hapus juga file dan email yang tidak berguna. Jika memiliki data yang sangat penting, bisa memindahkannya ke penyimpanan eksternal, seperti iCloud atau aplikasi penyimpanan eksternal lain yang terhubung ke Macbook Pro kamu.

Lebih dari itu, pengoptimalan ini membuat performa Macbook Pro kamu menjadi lebih cepat.

5. Selalu dibersihkan, jangan sampai berdebu!

6 Cara Merawat Macbook Pro, Bikin Awet!Apple MacBook Pro 13 2020. (techradar.com)

Ketika kita memiliki barang elektronik, termasuk Macbook Pro, terkadang sering lupa untuk membersihkan debu atau kotoran lain. Kealpaan ini kemudian bisa menjadi hal fatal, lho!

Noda yang menumpuk pada Macbook Pro dapat menimbulkan noda permanen dan goresan jika kamu tidak rutin membersihkannya. Jadi, sebelum terlambat, bagian luar Macbook Pro kamu harus sering-sering dibersihkan, ya!

Mengutip situs resmi Apple, saat membersihkan bagian luar MacBook Pro kamu harus mematikannya terlebih dahulu. Kemudian gunakan kain lembut untuk membersihkan bagian luarnya. Jangan memakai cairan pembersih yang mengandung zat kimia berbahaya. 

Lakukan cara ini sesering mungkin, ya! 

6. Simpan dan bawa di tempat aman

6 Cara Merawat Macbook Pro, Bikin Awet!ilustrasi MacBook Pro M1 (unsplash.com/Anthony Choren)

Mencegah tentu lebih baik. Simpanlah Macbook Pro kamu di tempat yang aman. Jauhkan dari jangkauan anak kecil, hewan, benda yang berpotensi jatuh, dan berbagai macam cairan.

Kalau kamu membawa Macbook Pro saat bepergian, jangan lupa menggunakan tas pelindung atau masukkan ke dalam tas jinjing. Pilihlah tas pelindung yang kuat dan tahan akan benturan.

Nah, itu dia cara merawat Macbook Pro kamu agar lebih awet. Dengan menerapkan lima cara di atas, kamu tentu akan lebih senang jika Macbook Pro kamu bertahan hingga bertahun-tahun.

Selamat mencoba!

 

Penulis: Muhammad Fakhriansyah

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya