Comscore Tracker

Mantap! 7 Trik Bikin Foto Kamera Ponselmu Mirip Mirrorless #BaruTahuKan

Sudah tahu belum?

Biasanya untuk hasilkan foto keren buat diunggah Instagram anak muda bakal beli kamera seperti mirrorless. Meski mahal, kebanyakan dari kita rela menabung demi membeli barang premium tersebut. Tapi sebenarnya nih buat jepret foto dengan hasil kece maksimal, kamu hanya perlu terapkan 7 ini saja dari smartphone kamu #BaruTahuKan

1. Pilih kamera dengan megapiksel tinggi

Mantap! 7 Trik Bikin Foto Kamera Ponselmu Mirip Mirrorless #BaruTahuKandigitaltrends.com

Meski bukan jadi syarat utama tapi kamera smartphone dengan resolusi tinggi membantu menghasilkan foto keren setara mirrorless. Karena rata-rata resolusi kamera mirrorless di atas 16 MP, maka usahakan pilih kamera dengan megapiksel sama atau di atasnya. Sekarang ini cukup banyak kok smartphone yang dibekali kamera beresolusi tinggi.

 2. Ingat, gunakan rule of third!

Mantap! 7 Trik Bikin Foto Kamera Ponselmu Mirip Mirrorless #BaruTahuKandronesden.com

Agar komposisi foto yang dihasilkan bisa pas, pakai rule of third. Rule of third adalah teknik memecah frame menjadi tiga bagian, baik secara horizontal dan vertikal. Dengan pembagian ini, pemotret bisa menempatkan gambar tepat di tengah sehingga foto yang dihasilkan menjadi natural. Untuk menerapkan rule of third di kamera ponsel, kamu hanya perlu mengaktifkan fitur grid. Nantinya di layar ponsel akan ada garis-garis yang membuatmu bisa menjepret gambar memakai rule of third dengan mudah. 

 3. Aktifkan fitur HDR 

Mantap! 7 Trik Bikin Foto Kamera Ponselmu Mirip Mirrorless #BaruTahuKangamefaqs.com

Pada kamera profesional seperti DSLR dan mirrorless ada fitur yang membuat hasil gambar senatural mungkin yaitu HDR. Fungsi dari fitur ini untuk mempertajam warna foto sehingga warna yang dihasilkan mendekati aslinya. Jadi ketika memotret langit, warna biru yang ada betul-betul sama dengan objek foto.
 
Nah kabar gembiranya, fitur HDR tersebut sekarang sudah ada di smartphone. Baik untuk smartphone dengan OS android dan iPhone rata-rata telah membenamkan fitur HDR di dalamnya. Kamu hanya perlu masuk ke menu pengaturan di kamera ponselmu dan aktifkan HDR dan voila foto-foto keren ala mirrorless pun bisa kamu dapatkan.
 
Kalau sudah bisa menghasilkan foto dengan kualitas tinggi dari smartphone, jangan ragu pamerkan di akun sosial mediamu dong. Upload foto ke Instagram, Facebook, atau Pinterest agar orang lain bisa lihat. Biar proses upload-nya gak susah, pakai saja layanan internet dari Smartfren 4G yang kuat dan stabil. Gak cuma kuat dan stabil Smartfren 4G jaringannya kini juga makin luas lho, mencakup berbagai kota di Indonesia. Kabar gembiranya lagi layanan Smartfren 4G bisa dinikmati oleh pemakai smartphone 4G non Andromax #BaruTahuKan. Penasaran smartphone 4G non Andromax yang sudah kompatibel dengan  Smartfren 4G? Cek daftarnya di sini (www.smartfren.com)

 4. Sudah download aplikasi penunjang?

Mantap! 7 Trik Bikin Foto Kamera Ponselmu Mirip Mirrorless #BaruTahuKanproducthunt.com

Sekarang ini cukup banyak aplikasi fotografi yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan foto keren. Misalnya seperti aplikasi AfterFocus untuk membuat efek blur dan bokeh. Lalu ada lagi aplikasi camera FV-5 untuk mengatur exposure, white balance, ISO, sampai shutter speed, dan ProCapture buat yang mau coba foto dengan mode panorama atau wide angle. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut, kamu tetap bisa hasilkan gambar berkualitas tinggi meski tanpa kamera mirrorless.

5. Pengguna iPhone bisa pakai mode burst

Mantap! 7 Trik Bikin Foto Kamera Ponselmu Mirip Mirrorless #BaruTahuKanlynda.com Untuk mendapatkan gambar terbaik, biasanya fotografer akan mengambil beberapa foto untuk satu pose. Kalau di kamera mirrorless ada mode untuk mengambil beberapa gambar sekaligus. Maka di smartphone fitur serupa pun juga ada. Di iPhone, fitur seperti ini dinamakan burst.  Dengan fitur burst, pemotret bisa mengambil 10 foto per detik. 
 
Kalau sudah coba jepret momen memakai fitur ini, upload hasil karyamu di akun Instagram, Path, atau mungkin Pinterest. Kalau hasil fotomu makin bagus dan orang banyak yang suka, lama-lama bisa jadi influencer lho. Biar gak ada masalah saat upload foto gunakan provider internet yang jaringannya kuat dan stabil seperti Smartfren 4G. Sekarang ini Smartfren 4G gak cuma bisa dipakai pada Andromax tapi juga iPhone. Bahkan Apple di tahun 2017 resmi menggandeng Smartfren sebagai official telco partner untuk meluncurkan iPhone 7 dan iPhone 7 plus. Jadi gak cuma bisa menikmati fitur canggih iPhone 7 dan iPhone 7 plus tapi juga mencoba jaringan internet luas, kuat, dan stabil dari Smartfren 4G

6. Manfaatkan sumber cahaya alami

Mantap! 7 Trik Bikin Foto Kamera Ponselmu Mirip Mirrorless #BaruTahuKanmobilegeeks.com Cahaya adalah hal esensial yang harus diperhatikan sebelum mengambil foto. Idealnya, kamu disarankan untuk memanfaatkan sumber cahaya alami agar hasil foto terlihat bagus. Perhatikan arah datangnya cahaya agar tidak terjadi backlight. Kalau foto di luar ruangan pada siang hari, jangan gunakan flash supaya cahaya pada foto tidak over.

7. Gunakan aplikasi photo editor

Mantap! 7 Trik Bikin Foto Kamera Ponselmu Mirip Mirrorless #BaruTahuKanjoyofandroid.com Terakhir, untuk menyempurnakan hasil foto kamu bisa menggunakan aplikasi photo editor. Misalnya kalau ingin membuat foto lebih terang, membuat hasil foto halus, atau mungkin mempertajam warna. Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa mengedit foto sehingga hasilnya mendekati ekspetasimu.
 
Sekarang sudah bisa jepret foto keren yang kualitasnya menyamai kamera mirrorless hanya dengan smartphone saja. 
 
 

Topic:

Berita Terkini Lainnya