Comscore Tracker

Teknologi Makin Canggih, 5 Hal Ini Akan Segera 'Hilang'

Perkembangan teknologi memang gak ada habisnya!

Jakarta, IDN Times - Ngomongin soal teknologi memang gak akan ada habisnya. Setiap hari ada saja temuan baru yang bermanfaat untuk memudahkan kehidupan manusia. Namun, dengan perkembangan-perkembangan teknologi yang terjadi saat ini, tanpa disadari telah membuat beberapa hal yang sebelumnya eksis jadi ditinggalkan lho.

Walau begitu, bukan berarti kita jadi harus menghindari perkembangan teknologi ya. Toh adanya perubahan-perubahan juga membawa banyak manfaat buat umat manusia. Misalnya pekerjaan jadi lebih efisien, hemat waktu bahkan hingga hemat biaya. Wah, kira-kira apa saja ya hal-hal yang akan “hilang” karena tergantikan teknologi? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Dari transaksi uang fisik, berubah menjadi cashless, sekarang jadi cardless

Teknologi Makin Canggih, 5 Hal Ini Akan Segera 'Hilang'Shutterstock/Christian Dina

Pertama kali diperkenalkan, uang ditujukan untuk mempermudah kegiatan bertransaksi yang pada masa itu masih menggunakan sistem barter. Kemudian diciptakanlah uang dalam bentuk logam kemudian kertas sebagai nilai alat tukar resmi.

Perkembangan uang juga ternyata gak hanya berhenti di situ, setelah itu mulai dikenalkan metode transaksi non-tunai pertama yaitu kartu kredit. Terus berkembang, uang yang tadinya dalam bentuk fisik sekarang dijadikan versi digitalnya.

Dengan menggunakan kartu debit, orang-orang mulai beralih menjadi masyarakat cashless atau orang yang tidak menggunakan uang tunai. Namun, saat ini, dengan bermodalkan aplikasi yang terpasang di HP, transaksi berubah bahkan menjadi cardless, alias transaksi tanpa kartu. Wah, makin praktis kan?

Baca Juga: 7 Aplikasi Ini Memanfaatkan Artificial Intelligence dengan Maksimal!

2. Lama-lama teller bank akan hilang digantikan dengan aplikasi

Teknologi Makin Canggih, 5 Hal Ini Akan Segera 'Hilang'Shutterstock/Vichie81

Masih ingat momen pertama kali kamu membuka rekening tabungan di bank? Kamu harus mengisi berbagai macam formulir pendaftaran, lalu mengantri di teller untuk menyetorkan uang ke rekening. Nah, sekarang kamu gak perlu repot-repot datang ke bank untuk membuat rekening tabungan nih.

Banyak bank yang mulai mendigitalisasi proses pembuatan rekening tabungan lewat aplikasi yang bisa dipasang di HP. Cukup dengan mengisi formulir pembukaan rekening, wawancara singkat dengan online customer service, menunggu konfirmasi, dan voila! Kamu sudah punya rekening bahkan dalam waktu kurang dari satu jam. Cara seperti ini pas banget nih buat diterapkan saat pandemik.

3. Gak perlu datang ke tempat, bermodal media sosial kamu bisa menemukan agen travel yang kamu butuhkan

Teknologi Makin Canggih, 5 Hal Ini Akan Segera 'Hilang'Shutterstock/Rawpixel.com

Saat ini semua orang pasti menggunakan media sosial, gak hanya untuk berkomunikasi dan menjalin jejaring saja. Media sosial juga kerap dijadikan media untuk berdagang dari barang bahkan hingga jasa seperti jasa agen perjalanan.

Dulu, kita harus datang ke tempat travel agent-nya langsung, memilih paket yang tersedia lalu mengisi kelengkapan data untuk keperluan perjalanan. Saat ini, semua bisa dilakukan di media sosial, bahkan lebih lengkap lagi, kita bisa mengulik review mengenai tempat-tempat yang ingin kita datangi. Urusan dokumen pun dapat diselesaikan hanya dengan modal internet. Kalau begini siapa coba yang gak terbantu dengan keberadaan teknologi?

4. Dulu butuh hard disk sekarang hanya butuh online storage

Teknologi Makin Canggih, 5 Hal Ini Akan Segera 'Hilang'Shutterstock/warpboyz

Buat anak generasi 90-an pasti sudah familiar dengan Floppy Disk atau yang dikenal dengan “disket”. Media penyimpanan ini banyak digunakan sampai akhir tahun 90-an. Kemudian media penyimpanan terus berkembang, dan orang-orang mulai beralih ke hard drive, laser disc, compact disk, hingga flash disk yang mudah dibawa ke mana-mana.

Kalau dulu kita sudah terbiasa dengan media penyimpanan fisik, saat ini kita sudah gak perlu membawa media penyimpanan ke mana pun, karena saat ini sudah ada cloud storage. Media penyimpanan data berbasis internet atau bisa juga disebut dengan cloud. Media penyimpanan ini dapat mempermudah kamu untuk mengakses data di mana pun dan kapan pun tanpa terikat dengan media penyimpanan fisik seperti teknologi-teknologi pendahulunya. Makin praktis ‘kan?

5. HP gak lagi menggunakan SIM card fisik

Teknologi Makin Canggih, 5 Hal Ini Akan Segera 'Hilang'Shutterstock/Andrey_Popov

Sampai tahun 2019 penggunaan SIM Card sebagai alat untuk menyimpan informasi yang berkaitan dengan otentikasi jasa seluler masih menjadi andalan di banyak HP. Tapi, di tahun 2020 pengguna SIM Card harus siap-siap beralih ke teknologi terbaru nih. Saat ini teknologi eSIM sedang banyak digunakan di berbagai HP keluaran terbaru, seperti iPhone XR, XS, XS Max, iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max.

Dengan teknologi eSIM, kamu gak perlu memasukkan SIM Card ke dalam slot HP seperti di produk iPhone sebelumnya nih. Apalagi sejak dulu, iPhone memang hanya menyediakan satu slot untuk SIM Card. Nah, karena adanya eSIM ini, kita jadi bisa menggunakan dua nomor sekaligus.

Buat kamu yang ingin mencoba teknologi eSIM ini, kamu gak perlu repot-repot keluar negeri kok. Soalnya di Indonesia sudah ada Smartfren yang baru saja merilis eSIM pertama di Indonesia. Gak hanya itu, Smartfren juga sudah membuat layanan pembelian eSIM secara online yaitu melalui www.smartfren.com atau di aplikasi MySmartfren, sehingga kamu gak perlu keluar rumah untuk mendapatkan nomor eSIM Smartfren. Cocok 'kan dengan situasi sekarang yang sedang pandemik ini?

Untuk harganya pun bisa dibilang terjangkau nih, cukup dengan Rp180.000,- kamu sudah bisa mendapatkan kartu perdana eSIM dari Smartfren dengan kuota total 90 GB yang aktif selama 360 hari. Tak perlu khawatir soal kecepatan dan kestabilan, ‘kan jaringan Smartfren sudah 100 persen 4G.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, dapatkan eSIM Smartfren sekarang juga di Galeri Smartfren, iBox dan erafone terdekat. Untuk info selengkapnya langsung klik di sini ya!

Nah, itu tadi beberapa hal yang akan hilang karena adanya perkembangan teknologi. Mungkin anak-cucu kita nanti gak akan mengenalnya tapi, hal ini buat kemudahan hidup manusia juga kok, setuju? (CSC)

Baca Juga: 4 Checklist Wajib Saat Memilih Smartphone Flagship, Wajib Ada eSIM!

Topic:

  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya