Comscore Tracker

Cegah Sebelum Terlambat! Ini 5 Tips Menghindari HP Meledak

Jangan sampai teledor saat menggunakan HP, ya

Sebagai barang elektronik, risiko ledakan atau terbakar pada HP menjadi salah satu yang patut kamu waspadai. Saat ini, tak peduli HP dengan harga miring, HP dengan harga eksklusif pun memiliki risiko yang sama untuk dapat meledak maupun terbakar. Berikut lima tips untuk menghindari kemungkinannya.

1. Hindari menyimpan HP di tempat panas

Cegah Sebelum Terlambat! Ini 5 Tips Menghindari HP Meledakunsplash.com/Alexandre Boucher

Untuk kamu yang menggunakan mobil pada saat bepergian, jangan sampai meninggalkan HP dalam keadaan menyala di dalam mobil, ya. Selain itu, hindari menyimpan HP pada tempat yang panas maupun di bawah paparan sinar matahari langsung. Hal ini karena sangat berisiko membuat HP menjadi overheating dan dapat meledak.

2. Perhatikan colokan yang akan digunakan untuk mengisi daya HP

Cegah Sebelum Terlambat! Ini 5 Tips Menghindari HP Meledakunsplash.com/Tamarcus Brown

Apabila kamu sering kehabisan baterai dan mengharuskanmu untuk melakukan pengisian daya di tempat umum, akan lebih baik apabila kamu dapat memperhatikannya terlebih dahulu. Jangan asal colok HP. Itu karena colokan yang sudah rusak atau berkualitas tidak baik sangat berisiko membuat HP meledak dan mudah panas.

Baca Juga: Biar Makin Produktivitas, 5 Tips Mengatasi Kecanduan Bermain HP

3. Gunakan pengisi daya orisinal

Cegah Sebelum Terlambat! Ini 5 Tips Menghindari HP Meledakpixabay.com/Ready Elemnts

Tahukah kamu bahwa menggunakan pengisi daya nonresmi atau tidak orisinal sangat berisiko menyebabkan HP mudah panas dan meledak. Hal ini karena kualitas yang di dalamnya belum tentu semaksimal dan aman seperti produk resmi dari HP yang kamu gunakan.

4. Memainkan HP sembari mengisi daya

Cegah Sebelum Terlambat! Ini 5 Tips Menghindari HP Meledakpixabay.com/StockSnap

Bagi kamu yang sering memainkan HP saat mengisi daya, sebaiknya kamu harus menghentikan kebiasaanmu tersebut. Itu karena berpotensi membuat HP panas.

Penggunaan pada saat diisi daya akan membuat HP bekerja lebih keras, apalagi bila kamu menggunakannya untuk bermain game. Hal tersebut sangat berisiko membuat suhu HP menjadi lebih panas.

5. Gunakan baterai asli pada HP

Cegah Sebelum Terlambat! Ini 5 Tips Menghindari HP Meledakunsplash.com/Frankie Valentine

Meskipun saat ini hampir sebagian besar HP menggunakan baterai tanam, ada juga beberapa HP yang masih setia menggunakan baterai yang dapat dipasang dan dicabut.

Untuk menghindari kemungkinan HP meledak, kamu harus pastikan bahwa HP yang digunakan aman dan asli. Hindari penggunaan baterai palsu atau KW karena sangat berisiko membuat HP panas dan meledak.

Nah, lima tips di atas dapat menjadi informasi untukmu agar lebih hati-hati lagi dalam menggunakan barang elektronik. Jangan disepelekan, ya!

Baca Juga: Biar Makin Produktivitas, 5 Tips Mengatasi Kecanduan Bermain HP

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You