Comscore Tracker

7 Aplikasi untuk Membantu Cepat Tidur, Segar saat Bangun

Ada yang ingin mencoba menggunakannya?

Pandemik ini membuat kita bekerja di rumah, hal itu terkadang membuat kita burnout atau terlalu lelah. Apakah kamu mengalami kesulitan tidur? Namun, jangan sampai tidak tidur dan membiarkan insomnia itu terjadi. 

Kita tetap harus menjaga kesehatan di era pandemik ini. Namun jangan khawatir lagi, ada beberapa aplikasi yang dapat membantu kita menenangkan pikiran. Berikut ini beberapa di antaranya!

1. Sleep Cycle

7 Aplikasi untuk Membantu Cepat Tidur, Segar saat Bangunilustrasi Sleep Cycle (twitter.com/sleepcycle)

Pertama, ada aplikasi Sleep Cycle yang dianjurkan oleh Healthline. Aplikasi ini memiliki enam suara alam yang dapat menenangkan pikiran kita. Suara alam yang ada di aplikasi Sleep Cycle ini adalah suara air mengalir ataupun suara kicauan burung di alam, yang diharapkan dapat membantu kita tenang dan tidur. 

2. Headspace

7 Aplikasi untuk Membantu Cepat Tidur, Segar saat Bangunaplikasi Headspace (twitter.com/headspace)

Good House Keeping menyarankan orang-orang untuk memiliki aplikasi Headspace. Untuk aplikasi yang satu ini, mereka menyediakan podcast sepanjang 45-55 menit. Dalam narasi podcast yang disediakan, kita dipandu untuk memikirkan perjalanan dengan kereta atau mendaki gunung yang indah. 

3. Sleepa

7 Aplikasi untuk Membantu Cepat Tidur, Segar saat Bangunaplikasi Sleepa (play.google.com/Sleepa

Masih ada banyak aplikasi yang dapat untuk menenangkan pikiran. Salah satunya adalah Sleepa.  Aplikasi Sleepa ini juga memiliki fitur yang beragam, seperti yang dikutip dari Healthline

Pilih dari 32 suara dalam empat grup — hujan, alam, kota, dan meditasi — ditambah tiga jenis white noise, serta frekuensi pink dan brown noise, yang kurang dikenal. Mulailah bersantai hingga tertidur hari ini. 

Baca Juga: Dengarkan Lagu Legal dan Gratis Lewat 7 Aplikasi Ini

4. Slumber

7 Aplikasi untuk Membantu Cepat Tidur, Segar saat Bangunaplikasi Slumber (twitter.com/slumberapp)

Nah, untuk aplikasi yang satu ini mereka memiliki dongeng juga. Tak hanya dongeng, namun mereka juga memiliki fitur suara-suara alam, seperti: suara ombak dan aliran sungai.

Aplikasi Slumber juga menambahkan cerita-cerita baru dan fitur-fitur suara yang menenangkan untuk setiap minggunya. Hanya saja, untuk mengakses cerita-cerita yang baru, kita harus memiliki akses premium.

5. Calm

7 Aplikasi untuk Membantu Cepat Tidur, Segar saat Bangunaplikasi Calm (twitter.com/calm)

Kamu yang suka dengan suara aktor atau penyanyi? Nah, ada nih aplikasi yang namanya Calm. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dengan memiliki cerita pengantar tidur untuk anak-anak dan dewasa. 

Seperti dijelaskan dalam artikel IDN Times sebelumnya yang berjudul "Anak-Anak Juga Bisa Stres, yuk Cari Tahu Cara Menghadapinya!", bahwa anak-anak juga bisa stres atau tertekan. Di aplikasi Calm ini, banyak aktor dan penyanyi yang berpartisipasi dalam membacakan cerita. Salah satunya, Matthew McConaughey.

6. 10% Happier

7 Aplikasi untuk Membantu Cepat Tidur, Segar saat Bangunaplikasi 10% Happier (twitter.com/10percent)

Jika kamu masih belum menemukan aplikasi tidur yang cocok untuk kamu, 10% Happier patut dicoba. Aplikasi ini menawarkan berbagai macam meditasi—termasuk untuk tidur—yang berkisar dari tiga menit hingga 45 menit untuk membantu kamu rileks dan tertidur. Ada juga kursus meditasi, yang mencakup berbagai genre dan opsi untuk mengirim pesan kepada para trainer untuk dukungan ekstra.

7. Moshi

7 Aplikasi untuk Membantu Cepat Tidur, Segar saat Bangunaplikasi Moshi (twitter.com/moshisleep)

Ada juga lho, aplikasi untuk anak-anak, namanya Moshi. Di Moshi ini, kita dapat melihat berbagai buku cerita bergambar untuk anak-anak. Sebagian besar cerita berlangsung antara 15 dan 20 menit, untuk melibatkan anak-anak, saat mereka bersiap-siap untuk tidur.

Itulah beberapa aplikasi pengantar tidur yang bisa kita gunakan. Jadi yang lagi bosan, dan kesulitan tidur, bisa mencoba mengunduh aplikasi yang di daftar ini.

Baca Juga: 7 Aplikasi Podcast Terbaik Android dan iOS, Install yuk!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya