Comscore Tracker

Mainkan Game Jadul Lewat 10 Emulator untuk PC Ini, Dijamin Nostalgia!

Tapi ya kalau bisa beli gamenya dong...

Kamu tahu sendiri kan, bagaimana tingginya harga konsol-konsol di zaman sekarang? Tidak semua orang mampu membeli dan memainkan game-game tersebut. Belum lagi konsolnya sendiri ada banyak, yang berarti kamu harus pintar-pintar memilih.

Bagi mereka yang keuangannya terbatas, memang susah memainkan game-game terbaru. Tapi santai saja, karena sebenarnya kalian bisa memainkan game-game lama. Lewat emulator, kalian tetap bisa memainkan game-game yang sebelumnya tidak pernah kalian mainkan. Walaupun terlambat beberapa tahun, itu lebih baik daripada tidak main sama sekali. Berikut ini adalah daftar emulator bagus yang bisa kalian gunakan di PC.

1. RetroArch

Mainkan Game Jadul Lewat 10 Emulator untuk PC Ini, Dijamin Nostalgia!psx-place.com

Ini adalah emulator yang mampu menjalankan game-game retro dari berbagai konsol. RetroArch mampu menjalankan konsol rumah macam PlayStation 1 dan generasi sebelumnya, serta konsol handheld dari Game Boy Advance dan lainnya.

2. OpenEmu

Mainkan Game Jadul Lewat 10 Emulator untuk PC Ini, Dijamin Nostalgia!github.com

Mirip dengan RetroArch tapi hanya bisa digunakan mac OS X. Lewat emulator ini, kamu bisa melihat galeri game layaknya iTunes yang dapat membantumu mengorganisir koleksimu. Selain itu, kamu juga bisa mengatur koleksi game lamamu yang kamu miliki di Mac, karena dapat membantu mengatur nama gamemu serta mendapatkan box art secara online dan otomatis.

3. Dolphin

Mainkan Game Jadul Lewat 10 Emulator untuk PC Ini, Dijamin Nostalgia!thenerdmag.com

Dolphin adalah emulator GameCube / Wii dan diperkirakan menjadi satu-satunya emulator yang bisa menjalankan game di konsol generasi ke-7 (PS3 / XBox 360 / Wii) dengan lancar. Emulator ini memiliki penilaian yang bagus sehingga jangan ragu-ragu untuk menggunakannya.

4. PCSX2

Mainkan Game Jadul Lewat 10 Emulator untuk PC Ini, Dijamin Nostalgia!reddit.com

Siapapun pasti ingin memainkan berbagai game di PlayStation 2 dan PCSX2 adalah solusi untuk memainkan konsol tersebut. Sayangnya, emulator ini membutuhkan komputer yang kuat dikarenakan memang kualitas grafis PS2 yang cukup tinggi. Selama komputermu kuat banget, seharusnya tidak ada masalah menggunakan emulator ini.

5. Playstation Portable Simulator Suitable For Playing Portably (PPSSPP)

Mainkan Game Jadul Lewat 10 Emulator untuk PC Ini, Dijamin Nostalgia!apkpure.com

Ini adalah emulator spesial untuk menjalankan berbagai game PSP. Emulator ini diciptakan oleh co-founder Dolphin dan seperti Dolphin, emulator ini mudah digunakan dan diatur serta bisa memainkan hampir semua game PSP. PPSSPP masih terus mendapatkan update.

Baca Juga: Mainkan Game Seru Sega Genesis di Android dengan 5 Emulator Ini, Yuk!

6. DeSmuMe

Mainkan Game Jadul Lewat 10 Emulator untuk PC Ini, Dijamin Nostalgia!youtube.com PokemonSoulGold13

Kamu ingin merasakan pengalaman bermain Nintendo DS dengan layar dual screen seperti aslinya? Gunakan DeSmuMe. Kedua layar akan muncul dan dapat digunakan secara bersamaan. Hingga 2018 kembali, DeSmuMe masih terus mendapatkan pengembangan fitur. Jadi sudah seharusnya DeSmuMe mampu menjalankan semua game NDS.

7. DOSBox

Mainkan Game Jadul Lewat 10 Emulator untuk PC Ini, Dijamin Nostalgia!rpgcodex.net

DOSBox diciptakan untuk spesial menangani berbagai game di era MS-Dos. Gunakan emulator ini jika kamu masih memiliki beberapa game lama itu. Pasti akan berjalan dengan lancar. Menariknya, karena emulator ini sangat bagus, beberapa perusahaan game me-repackage game DOS lamanya untuk bisa dimainkan di komputer modern.

8. ScummVM

Mainkan Game Jadul Lewat 10 Emulator untuk PC Ini, Dijamin Nostalgia!emumovies.com

Pecinta game petualangan point-and-click lama? Gunakan ScummVM. Program emulator ini didesain untuk menjalankan game yang menggunakan CUMM scripting language yang mana sering digunakan LucasArts. Emulator ini juga terkenal sampai perusahaan me­repackage berbagai gamenya tersebut.

9. ePSXe

Mainkan Game Jadul Lewat 10 Emulator untuk PC Ini, Dijamin Nostalgia!youtube.com NdPrime

Dianggap sebagai emulator terbaik untuk PlayStation 1 di PC, kamu bisa memainkan segala game PS1 dengan lancar di emulator ini, selama kamu mengatur emulator ini dengan benar. Lakukan riset dahulu terhadap komputermu untuk menemukan pengaturan terbaik emulator ini.

10. Mupen64plus

Mainkan Game Jadul Lewat 10 Emulator untuk PC Ini, Dijamin Nostalgia!youtube.com Danny Glover

Sesuai dengan namanya, ini emulator untuk Nintendo 64. Kamu perlu mengunduh dahulu berbagai gamenya, namun sang pengembang akan memberikan beberapa rekomendasi judul. Karena menggunakan sistem plug-in seperti ePSXe, kamu perlu mengatur terlebih dahulu emulator tersebut.

Mohon diingat teman-teman, menggunakan emulator berarti melakukan pembajakan game. Karena itu jika kalian memang memiliki dana untuk membeli berbagai game tersebut dan masih memiliki konsolnya, maka lebih baik membelinya. Itu untuk mendukung para developer dan pembuat gamenya.

Baca Juga: Kangen Game Boy, Mainkan Yuk dengan 10 Emulator di Android Terbaik Ini

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya