Comscore Tracker

10 Fakta Game Pokemon Unite, Rilis Agustus 2021

Tersedia juga untuk hape, kok!

Bagi kalian yang mengikuti Pokemon, pasti sudah mendengar kabar baik untuk ranah video game. Dalam waktu dekat ini, Nintendo akan merilis game Pokemon dengan konsep multiplayer online battle arena (MOBA) berjudul Pokemon Unite.

Tak tanggung-tanggung, game itu bakal dihadirkan dalam versi mobile, artinya kalian bisa memainkannya lewat hape kalian. Sejauh ini Pokemon Unite versi beta sudah bisa dicoba. Hanya saja itu eksklusif untuk di Jepang sana. Berikut ini informasi yang sudah dikumpulkan dari versi beta dan perlu kalian ketahui sebelum memainkannya saat perilisan nanti

1. Permainannya kurang lebih akan seperti Dota2 atau Mobile Legends

10 Fakta Game Pokemon Unite, Rilis Agustus 2021pertarungan Pokemon (dok. Nintendo/Pokemon Unite)

Layaknya game MOBA pada umumnya, kamu bakal digabungkan dengan empat pemain lain yang nantinya akan menyerang tim lawan demi memenangkan pertandingan. Tiap pemain menjalankan satu Pokemon yang mana tiap Pokemon-nya punya kemampuan khas sendiri-sendiri.

2. Fokusnya adalah mengumpulkan poin, bukan menghancurkan markas lawan

10 Fakta Game Pokemon Unite, Rilis Agustus 2021cetak poin Pokemon (dok. Nintendo/Pokemon Unite)

Perbedaan utama game ini ketimbang MOBA pada umumnya adalah kamu berlomba mengumpulkan poin, bukan menghancurkan markas. Poin baru bisa didapatkan ketika kamu mendapat aeos—semacam pokeball—dengan cara mengalahkan Pokemon liar maupun Pokemon tim lawan dan nantinya aeos itu harus dimasukkan tempat yang disediakan.

3. Tiap Pokemon punya kelebihan dan kelemahan

10 Fakta Game Pokemon Unite, Rilis Agustus 2021status Pokemon (dok. Nintendo/Pokemon Unite)

Layaknya tiap karakter di MOBA, setiap Pokemon punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang bagus dalam menyerang, ada yang lincah, ada yang cocok untuk mengumpulkan poin. Setidaknya kamu harus bisa memilih Pokemon mana yang cocok untukmu.

4. Beberapa Pokemon punya kesempatan untuk berevolusi

10 Fakta Game Pokemon Unite, Rilis Agustus 2021evolusi Pokemon (dok. Nintendo/Pokemon Unite)

Tidak lengkap rasanya berbicara Pokemon jika tidak ada evolusi. Sistem evolusi ini hanya tersedia untuk beberapa Pokemon saja dan Pokemon tersebut bisa mengalami proses itu bila mencapai level tertentu.

5. Tidak ada unsur elemen di Pokemon Unite

10 Fakta Game Pokemon Unite, Rilis Agustus 2021pertarungan Pokemon (dok. Nintendo/Pokemon Unite)

Pemain Pokemon pasti paham pentingnya elemen. Sebagai contoh Charizard efektif melawan Venusaur lantaran Charizard punya elemen api yang mudah mengalahkan elemen daun milik Venusaur. Di Pokemon Unite, sistem tersebut tidak berlaku. Itu artinya Venusaur akan imbang melawan Charizard.

Baca Juga: 7 Game Spin Off Pokemon yang Wajib Kamu Coba, Beda dari Biasanya

6. Skill ulti Pokemon dinamakan unite move

10 Fakta Game Pokemon Unite, Rilis Agustus 2021unite move (dok. Nintendo/Pokemon Unite)

Seperti biasa, karakter Pokemon-mu akan mendapatkan skill akhir yang sangat berbahaya bagi tim lawan. Skill ini tidak bisa digunakan sering dan baiknya kamu menggunakan skill ini di keadaan-keadaan tertentu. Dalam game MOBA ini, skill tersebut dinamai unite move.

Yang menarik, kamu berkesempatan memilih satu unite move dari beberapa opsi yang berbeda untuk Pokemon yang kamu mainkan di tengah pertandingan. Itu membuat game ini menjadi lebih penuh perhitungan ketimbang game MOBA lain.

7. Ada barang yang bisa dibawa Pokemon untuk meningkatkan status

10 Fakta Game Pokemon Unite, Rilis Agustus 2021held items Pokemon (dok. Nintendo/Pokemon Unite)

Di Pokemon Unite, kamu juga harus pintar-pintar menentukan barang apakah yang bakal dibawa Pokemon-mu. Itu karena barang tersebut punya kemampuan untuk meningkatkan status dan sekiranya bisa membawa kemenangan bagi tim. Barang ini akan naik level ketika mencapai beberapa kondisi.

8. Total Pokemon untuk peluncuran pertama berkisar 19 monster

10 Fakta Game Pokemon Unite, Rilis Agustus 2021daftar Pokemon (dok. Nintendo/Pokemon Unite)

Mengingat begitu banyaknya Pokemon yang ada, jelas tidak semua monster itu bisa kamu mainkan. Sejauh ini yang telah terkonfirmasi bisa dimainkan olehmu setidaknya ada sekitar 19 Pokemon lintas generasi. Ada Garchomp, Pikachu, hingga Greninja.

9. Game ini bisa melakukan cross-play

10 Fakta Game Pokemon Unite, Rilis Agustus 2021cross-play Pokemon Unite (dok. Nintendo/Pokemon Unite)

Nintendo menyediakan fitur menarik untuk game ini. Namanya cross-play. Dengan fitur ini, kamu bisa bermain bersama temanmu atau orang lain walau menggunakan konsol berbeda, seperti kamu dari Nintendo Switch dan temanmu dari hapenya.

10. Pokemon Unite akan tersedia pada Agustus

10 Fakta Game Pokemon Unite, Rilis Agustus 2021Pokemon Unite (dok. Nintendo/Pokemon Unite)

Peluncuran Pokemon Unite lebih cepat dari yang kamu bayangkan. Untuk versi Nintendo Switch, para pemilik konsol ini bisa bermain per Juli ini walau belum diketahui tanggal pastinya. Sedangkan untuk pengguna hape, kamu baru bisa memainkan Pokemon Unite per Agustus depan.

Bersabarlah menunggu. Untuk sementara waktu ini, ada baiknya kamu melakukan riset dengan melihat-lihat video YouTube permainan Pokemon Unite versi beta-nya dahulu. Siapa tahu itu bisa beri kamu insight dan membuatmu langsung jago saat memainkannya pertama kali.  

Baca Juga: Urutan 8 Game Pokémon dari yang Terburuk sampai Terbaik, Kamu Setuju?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya