Comscore Tracker

Terapkan Gameplay MOBA, Ini 8 Fakta Unik Game Pokemon Unite

Bukan seperti MOBA tradisional yang biasa kamu kenal

Game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) kembali menjadi tren di industri video game. Setelah dahulu bangkit karena kehadiran League of Legend dan Dota, sekarang mereka kembali lagi lewat gelombang kedua. Tidak lagi lewat komputer, tetapi genre video game kompetitif itu berganti ke ranah mobile.

Setelah kemarin tokoh-tokoh superhero dari dunia Marvel dengan judul Marvel Super War, sekarang giliran Pokemon yang masuk ke dunia game MOBA. Bernama Pokemon Unite, seri terbaru Pokemon ini diumumkan pada event Pokemon Presents. Banyak orang penasaran akan game ini. Berikut ini sejumlah informasi yang berhasil didapatkan.

1. Pokemon Unite adalah sepenuhnya game MOBA

Terapkan Gameplay MOBA, Ini 8 Fakta Unik Game Pokemon UniteYouTube.com/IGN

Pokemon Unite terbilang merupakan game dengan gaya baru untuk seri Pokemon sendiri. Video game milik Pokemon Company itu umumnya punya gaya menangkap monster dan mengoleksinya. Namun di judul ini, pemain hanya memainkan satu karakter saja yang dipilih seperti game MOBA tradisional di smartphone. Pemain akan bertarung dalam satu tim berisikan lima orang untuk mengalahkan tim lawan.

2. Dirancang oleh perusahaan game yang terkenal di ranah game mobile, Tencent

Terapkan Gameplay MOBA, Ini 8 Fakta Unik Game Pokemon UniteYouTube.com/IGN

Judul terbaru Pokemon ini sepertinya bisa dipercaya mengingat ada nama perusahaan ternama di balik pengembangannya. Ya, di Pokemon Unite, Pokemon Company menyerahkan pengembangan gameplay-nya pada perusahaan elektronik Tiongkok bernama Tencent.

Tencent sendiri punya track record yang baik untuk masalah game mobile. Cek saja Cross Fire, Call of Duty: Mobile, dan MOBA andalannya Arena of Valor. Maka dari itu, tampilan UI-nya akan sedikit banyak mirip dengan game mereka. Untuk Pokemon Unite sendiri, game ini akan ditangani oleh studio bernama TiMi.

3. Dibuat untuk mengenalkan game MOBA kepada penggemar Pokemon

Terapkan Gameplay MOBA, Ini 8 Fakta Unik Game Pokemon UniteYouTube.com/IGN

Penggemar Pokemon terbilang adalah salah satu kelompok penggemar yang fanatik. Mereka rela untuk membeli dan memainkan banyak produk yang bertemakan Pocket Monster itu. Mulai dari card game hingga fighting game (Pokken).

Dalam artikel CBR, terdapat pernyataan dari Steven Ma selaku Senior Vice President Tencent. Dituliskan jika Pokemon Unite akan dibuat dengan gameplay yang sederhana. Tujuannya tidak lain untuk mengenalkan game MOBA kepada penggemar Pokemon yang asing terhadap genre game tersebut.

4. Dapat berevolusi

Terapkan Gameplay MOBA, Ini 8 Fakta Unik Game Pokemon UniteYouTube.com/IGN

Satu hal yang khas tentang game Pokemon adalah monster yang tercipta dalam game tersebut rata-rata dapat berubah wujud setelah melalui beberapa tahapan. Proses menjadi daya tarik tersendiri dalam franchise tersebut.

Di dalam Pokemon Unite, monster-monster yang dipilih juga bisa mengalami hal tersebut. Sebagai contoh ketika memilih monster Charizard, kamu akan memulainya sebagai Charmander terlebih dahulu dan setelah beberapa level, barulah karaktermu mengalami evolusi.

Kenaikan level akan kamu dapatkan dengan cara mengalahkan dan menangkap Pokemon liar. Nantinya akan ada bonus experience jika kamu membawa tangkapan Pokemon liarmu ke suatu area.

Baca Juga: Tak Hanya Pokemon Go, Ini 7 Game Android Bertema Pokemon Paling Seru

5. Memilih skill seranganmu sendiri

Terapkan Gameplay MOBA, Ini 8 Fakta Unik Game Pokemon UniteYouTube.com/IGN

Berbeda dengan game MOBA tradisional yang pada umumnya tiap karakter memiliki skill tertentu yang pasti akan kamu miliki. Di Pokemon Unite, setiap naik level setelah mengalahkan sejumlah Pokemon liar, kamu akan memilih skill serangan sendiri. Kamu hanya bisa memilih salah satu skill dari tiap opsi yang ditawarkan.   

Ini menjadikanmu harus menentukan sendiri apakah Pokemonmu akan kamu jadikan penyerang jarak jauh atau jarak dekat. Itu berarti kamu harus berpikir dua kali untuk menentukan kemampuan mana yang cocok untuk situasimu saat itu.

Yang menarik adalah ketika pemilihan Pokemon yang akan kamu mainkan, dalam tampilan skill-nya, terdapat opsi yang bertuliskan route 1 dan custom. Tidak ada penjelasan mengenai hal ini, tapi sepertinya kamu dapat mengatur kemampuan monster yang kamu inginkan terlebih dahulu sebelum memulai permainan.

6. Kondisi kemenangan adalah poin yang lebih banyak

Terapkan Gameplay MOBA, Ini 8 Fakta Unik Game Pokemon UniteYouTube.com/IGN

Di MOBA tradisional, terdapat data angka tentang jumlah mengalahkan hero lawan. Namun ini tak menjadi tolak ukur kemenangan. Kemenangan tim dilihat dari apakah mereka mampu menghancurkan markas tim lawan atau tidak. Di Pokemon Unite, syarat kemenangan itu diubah.

Ketimbang menghancurkan markas, kamu malahan harus menangkap area suatu area. Area yang berhasil ditangkap akan memberikan sejumlah poin. Tim yang berhasil mendapatkan poin lebih banyak dari lawannya dari waktu yang ditentukan adalah pemenangnya. Istilah gameplay ini adalah capture the flag.

Tentu saja menangkap area itu tidak akan mudah mengingat membutuhkan waktu dan lawan akan berusaha menghentikanmu. Poin juga bisa didapatkan dari mengalahkan monster lawan.

Sebaliknya, jika monster di timmu dikalahkan, kamu mendapatkan pengurangan poin. Dikatakan pada dua menit  terakhir, skor yang bisa didapatkan akan menjadi dua kali lipat yang berarti timmu ataupun lawan punya kesempatan membalikkan kedudukan.

7. Sementara ini jumlah Pokemon yang bisa dimainkan hanya berjumlah 10 ekor

Terapkan Gameplay MOBA, Ini 8 Fakta Unik Game Pokemon UniteYouTube.com/IGN

Kamu yang penggemar Pokemon pasti mengetahui betapa banyak monster di Pokemon. Untuk generasi pertama saja, sudah terdapat 151 monster yang punya desain berbeda.

Namun untuk sejauh ini dalam teaser Pokemon Unite, hanya ada 10 Pokemon saja yang bisa dipilih, belum termasuk perubahannya. Itu adalah Pikachu, Machamp, Snorlax, Charizard, Lucario, Gengar, Talonflame, Venusaur, Blastoise dan Clefable.

Jenis Pokemon itu pun tidak termasuk yang menjadi Pokemon liar. Pastinya jumlah monster itu yang akan hadir dalam dalam Pokemon Unite bakal ditambahkan seiring berjalannya waktu. Namun untuk sekarang belum diketahui apakah nantinya kamu harus membeli monster baru tersebut atau tidak untuk bisa memainkannya mengingat game-nya saja bisa dimainkan secara gratis.

8. Akan hadir untuk smartphone serta Nintendo Switch

Terapkan Gameplay MOBA, Ini 8 Fakta Unik Game Pokemon UniteYouTube.com/IGN

Pokemon Unite diumumkan akan hadir untuk platform Android, iOS serta Nintendo Swith. Dijelaskan pula terdapat fitur cross-play. Itu memungkinkanmu untuk bermain dengan pengguna konsol yang berbeda.

Untuk masalah tanggal perilisan tanggal game tersebut, masih belum ada konfirmasi lebih lanjut. Sepertinya masih akan lama mengingat masih banyak fitur yang belum dijelaskan.

https://www.youtube.com/embed/CBSDLz5g1O4

Pokemon Unite menarik banyak perhatian karena bakal menggabungkan penggemar MOBA dengan penggemar Pokemon. Sudah banyak komentar yang muncul dari para netizen. Menurutmu sendiri bagaimana kehadiran game ini?

Baca Juga: Urutan 8 Game Pokémon dari yang Terburuk sampai Terbaik, Kamu Setuju?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya