Comscore Tracker

Luar Biasa, 7 Franchise Game Ini Masih Berlanjut Lebih dari 30 Tahun!

Sampai sekarang lho...

Pong, game ping-pong yang begitu sederhana dengan bermodalkan dua balok, satu garis, satu titik serta angka, menjadi game yang mempopulerkan keberadaan video game di dunia. Semenjak itu tak terhitung berapa banyak video game yang tercipta.

Ada yang masih diingat hingga sekarang, ada pula yang sudah dilupakan. Inilah beberapa game yang menjadi franchise yang telah bertahan begitu lama dan bahkan masih diproduksi hingga sekarang.

1. Donkey Kong (1981) – 30 game

Luar Biasa, 7 Franchise Game Ini Masih Berlanjut Lebih dari 30 Tahun!youtube.com Game Archive

Game original yang dibuat oleh Shigeru Miyamoto ini juga menjadi awal dari Super Mario. Donkey Kong sudah mendapat 30 judul game original dan itu belum mengikutkan karakter Donkey Kong sebagai bintang tamu di game lain. Salah satu game terpopulernya adalah Donkey Kong Country yang dirilis pada 1994.

2. Mario Bros (1981) – 450+ game

Luar Biasa, 7 Franchise Game Ini Masih Berlanjut Lebih dari 30 Tahun!gamerant.com

Sudah jelas franchise game Nintendo ini akan masuk ke dalam daftar ini. Game pertama Mario adalah Donkey Kong, namun dirinya baru benar-benar dikenal ketika namanya digunakan sebagai judul game pada 1983. Semenjak itu, tak terhitung berapa banyak game yang diproduksi atas nama Mario bersaudara itu.

3. Pac Man (1980) – 41 game

Luar Biasa, 7 Franchise Game Ini Masih Berlanjut Lebih dari 30 Tahun!turbosquid.com

Secara konsep, Pac Man sangat sederhana. Tugasmu hanyalah memakan titik kuning untuk menambah poin tanpa tertangkap oleh monster yang ada.

Entah kenapa hanya dengan konsep seperti itu yang tak pernah berubah, Pac Man masih digemari hingga sekarang masih terus dibuat game originalnya. Bukan hanya dalam bentuk game labirin arcade lagi, Pac Man bisa kamu temui dalam gaya permainan side-scrolling, balapan dan 3D.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Game Android Offline Bergenre Racing Terbaik

4. Tetris (1984) – 150+ game

Luar Biasa, 7 Franchise Game Ini Masih Berlanjut Lebih dari 30 Tahun!nintendo.co.uk

Tetris hingga sekarang dimainkan dan bahkan sering diadakan lomba tingkat dunianya. Judul game terakhir Tetris yang keluar di 2019 memasukkan konsep battle royale di dalamnya. Dalam game Tetris 99, kamu harus bisa membuktikan kamu adalah pemain tetris terhebat yang ada untuk bisa menang dari 98 orang lainnya.

5. Bomberman (1983) – 68 game

Luar Biasa, 7 Franchise Game Ini Masih Berlanjut Lebih dari 30 Tahun!youtube.com Top100IGN

Konsep Bomberman yang mengharuskan kamu menghancurkan lawanmu dengan bom sering ditiru oleh game lain. Karena itulah, Bomberman tak pernah terlupakan. Di konsol Nintendo Switch, game ini diluncurkan dengan judul game baru dan itu sudah terjual lebih dari satu juta kopi. Mainkan multiplayer bersama temanmu untuk bisa merasakan keseruan franchise game ini.

6. Space Invaders (1978) – 100+ game

Luar Biasa, 7 Franchise Game Ini Masih Berlanjut Lebih dari 30 Tahun!windowsreport.com

Game super klasik yang belum tentu diketahui banyak orang dan mungkin kehadiran Space Invader hanya disadari oleh para maniak game. Saat diluncurkan di arcade cabinet pertama kali di 1978, game ini berhasil menyedot banyak koin dari tangan gamer. Lebih jauh dari yang kamu bayangkan, judul Space Invaders masih ada hingga sekarang dan bahkan bisa dimainkan secara gratis lewat browser.

7. Final Fantasy (1987) – 100+ game

Luar Biasa, 7 Franchise Game Ini Masih Berlanjut Lebih dari 30 Tahun!usgamer.net

Dari tahun ke tahun, setiap orang menunggu kehadiran judul baru dari seri Final Fantasy. Padahal Final Fantasy sendiri dulunya merupakan game harapan terakhir perusahaan Squaresoft yang akan bangkrut yang beruntungnya berakhir sukses dan berlanjut hingga sekarang. Dari serinya sendiri, sudah ada 15 judul yang dirilis dengan judul berupa angka, tetapi untuk yang terbarunya bernama World of Final Fantasy.

Inilah berbagai game dengan franchise paling lama yang pernah tercatat di sejarah. Sepertinya dalam beberapa waktu ke depan juga franchise ini masih akan berlanjut. Apa kalian masih mengikuti franchise game ini?

Baca Juga: Rekomendasi 6 Game Android Bertema Lego Terbaik, Mana Lego Favoritmu?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya