Comscore Tracker

10 Game Paling Susah Ditamatkan dalam Speedrun, Bisa Lama

Satu kesalahan bisa membuatmu kehilangan waktu terbaik

Di dalam dunia game, ada istilah speedrun. Istilah ini dipergunakan untuk mereka yang bermain dan menamatkan game secepat-cepatnya demi mendapatkan waktu terbaik. Melakukan ini tidaklah mudah mengingat ada beberapa trik dan strategi yang perlu dilakukan terlebih dahulu.

Dari sekian banyak game, beberapa judul punya tingkat kesulitan sangat tinggi dalam mendapatkan waktu speedrun yang baik. Sebelum bisa mendapat waktu terbaik, seorang gamer bisa saja perlu menamatkan game tersebut puluhan hingga ratusan kali terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa judul game yang terkenal sangat susah dalam melakukan speedrun.

1. The Lion King

https://www.youtube.com/embed/1O6LuJbEbSI

Game yang muncul di SEGA Genesis dan SNES ini memang terkenal susah sedari dulu. Akan tetapi, khusus untuk yang versi Genesis, level duanya terlampau susah dikarenakan elemen teka-teki dan platforming-nya. Sejauh ini, waktu speedrun terbaik untuk The Lion King adalah 12 menit dan 19 detik.

2. Cloudberry Kingdom

https://www.youtube.com/embed/q9bF9iOomHw

Dirilis untuk PlayStation 3 pada 2013 lalu, banyak gamer mengatakan Cloudberry Kingdom merupakan game tersulit untuk konsol di era tersebut. Bahkan beberapa orang merasa game platformer itu dinilai sebagai salah satu game tersulit di dunia. Rekor speedrun untuk menyelesaikan mode cerita adalah 1 jam 10 menit.

3. Bloodborne

https://www.youtube.com/embed/MXU_FlI5qFE

Seri souls tidak pernah mudah ditamatkan. Hal itu berlaku pula untuk Bloodborne.

Untuk gamer kasual, ada banyak dari mereka yang bahkan sudah menyerah untuk mengalahkan bos pertama. Menariknya, profesional speedrunner bisa menyelesaikan game ini dalam kurun waktu 1 jam 2 menit dengan kondisi mengalahkan semua bos.

4. Doom

https://www.youtube.com/embed/d0Dl8HSKMWM

Ini bukan Doom terbaru yang dirilis pada 2016. Yang dimaksud di daftar ini adalah Doom yang dirilis pada 1993 untuk MS-DOS saat itu.

Dikatakan seseorang baru bisa melakukan speedrun dengan waktu bagus setelah berlatih ratusan jam. Rekor speedrun untuk Ultimate Doom, update dari Doom 1993 yang menambahkan level dan tingkat kesulitan, adalah sekitar 20 menit.

5. Spelunky

https://www.youtube.com/embed/CLYBtpwiE_M

Sebagai game indie, Spelunky sangat populer di kalangan pencinta genre roguelike. Gameplay-nya sederhana, tapi bukan berarti gampang ditamatkan.

Spelunky sendiri terkenal populer di dalam kalangan komunitas speedrun. Rekor tercepat menamatkan Spelunky adalah 97 detik, sedangkan untuk rekor speedrun yang mengharuskanmu mengoleksi semua jurnal adalah 26 menit.

Baca Juga: 5 Game Tersulit yang Akan Menguji Tingkat Kesabaranmu, Berani Coba?

6. Outlast

https://www.youtube.com/embed/xXz8aznZL2A

Mengerikan, menegangkan, dan menyusahkan. Outlast memberikan semua itu dan bagi para speedrun, game ini menantang mereka untuk mengenali lingkungan dalam game tersebut demi menghafalkannya. Kecepatan terbaik melakukan speedrun Outlast yaitu 35 menit.

7. Cuphead

https://www.youtube.com/embed/fJCQJV5Xuaw

Sedari awal diciptakan, Cuphead sudah menyandang gelar sebagai salah satu game tersulit yang pernah ada. Dalam urusan speedrun, satu kesalahan pada game boss rush tersebut bisa fatal akibatnya terhadap waktu menamatkan. Untuk tingkat kesulitan paling tinggi, rekor terbaik speedrunner untuk menamatkannya adalah 25 menit 15 detik.

8. Seri Super Mario

https://www.youtube.com/embed/5SVLIRthpNc

Semua game Mario susah ditamatkan untuk waktu cepat. Hanya saja, dari sekian banyak judul, game Mario yang paling populer sebagai objek speedrun adalah Mario 64.

Ada banyak kategori speedrun yang dipasang untuk game ini, tetapi yang paling menantang adalah tantangan 120 bintang. Rekor tercepat menamatkan game ini adalah 1 jam 38 menit 25 detik.

9. Seri The Legend of Zelda

https://www.youtube.com/embed/tvVG0_0jzjk

Layaknya Mario, seri Zelda juga terkenal di komunitas speedrun sebagai game yang menantang untuk ditamatkan sesegera mungkin. Untuk sekarang, seri Breath of the Wild adalah judul yang paling disukai para speedrunner untuk ditamatkan. Rekor tercepat menyelesaikan game tersebut tanpa mengoleksi apa pun adalah 26 menit 24 detik.

10. Skyrim

https://www.youtube.com/embed/kZvZPLDPCno

Ada alasan mengapa Skyrim sangat lama ditamatkan. Itu karena ada begitu banyak sidequest yang bisa dilakukan.

Jika hanya mengikuti alur cerita utama, seharusnya Skyrim bisa ditamatkan hanya dalam waktu beberapa jam saja. Rekor speedrun menyelesaikan game ini adalah di bawah 30 menit, tepatnya sekitar 23 menit jika tidak menghitung layar loading.

Jika kamu menonton video-video speedrun di daftar ini, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan kesan berbagai game tersebut mudah ditamatkan. Salah besar.

Mereka bisa melakukan itu karena sudah berlatih berulang kali. Kalau tidak percaya, silakan dicoba sendiri.

Baca Juga: 7 Achievement Game Tersulit, untuk yang Suka Tantangan

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya