Comscore Tracker

Ini Ranking 15 Besar Media Game Indonesia di 2019 Berdasarkan Alexa

Kamu suka baca yang mana?

Dunia game sedang naik-naiknya. Terlepas dari fenomena esport yang memang sedang ramai dibicarakan, hal tersebut datang dari perjuangan kawan-kawan untuk menunjukkan jika game itu memang menjanjikan. Semua itu dibantu pula dengan kehadiran media yang terfokus pada bahasan mengenai dunia hiburan tersebut.

Pada Agustus 2019 lalu, Game Prime menuliskan sebuah artikel yang menyangkut tentang seberapa jauh media di Indonesia menyumbang perkembangan kemajuan video game dalam negeri. Didata dari Alexa, ada banyak media game di sini dan saling bersaing untuk menjadi yang terbaik. Berikut ini adalah informasi tentang peringkat media video game terbaik di Indonesia yang telah diurutkan oleh Game Prime.

1. Peringkat media ini dihitung berdasarkan banyak hal

Ini Ranking 15 Besar Media Game Indonesia di 2019 Berdasarkan AlexaGGWP.id

Menentukan definisi media video game atau situs berita video game tidaklah mudah. Setiap media memiliki keunikan dan komposisi tersendiri dalam mengabarkan berita-beritanya. Belum lagi ada media yang terfokus pada satu hal, seperti GGWP yang terfokus hanya pada esport.

Oleh karena itu, untuk memudahkan pemahaman media macam apa yang saja bisa masuk dibuatlah batasan. Media video game yang dapat masuk ke dalam ranking ini haruslah mengikuti definisi ini:

  • media yang hanya membahas video game
  • menaruh game dalam kategori top dan kontennya meliputi artikel, video dan gambar
  • Berada di Indonesia dan punya jangkauan nasional

2. Peringkat ini tidak bisa dikatakan akurat

Ini Ranking 15 Besar Media Game Indonesia di 2019 Berdasarkan Alexaphoenixdie.artstation.com

Ada banyak aspek untuk menentukan ranking sebuah media dan itu bisa sangat bias. Sebagai contoh sangat susah untuk mengurutkan ranking media dengan melihat kualitas artikelnya karena tiap orang memiliki pandangan berbeda. Karena itu data ranking ini diambil dari data Alexa.com. Ranking Alexa lebih berdasarkan kuantitas traffic dalam sebuah situs sehingga peringkat ini lebih berdasarkan tingkat kepopularitasan.

Baca Juga: IDN Media Luncurkan Duniaku.com, Media Geek Culture di Indonesia

3. Dari data Alexa tersebut, Game Prime membuat ranking berdasarkan hasil risetnya

Ini Ranking 15 Besar Media Game Indonesia di 2019 Berdasarkan Alexatry.alexa.com

Karena Alexa tidak memiliki peringkat khusus untuk media video game dan mengikutkannya dengan media-media lain, maka Game Prime membuatnya sendiri berdasarkan data Alexa. Game Prime melakukan riset dan mengurutkannya berdasarkan riset pribadi dengan batasan yang ada di poin pertama.

4. Game Prime membuat 15 besar media video game di Indonesia dan GGWP serta Duniaku.com masuk ke dalamnya

Ini Ranking 15 Besar Media Game Indonesia di 2019 Berdasarkan Alexagameprime.org

Berikut ini adalah hasil urutannya:

  1. Duniaku.com
  2. Kincir.com
  3. Duniagames.co.id
  4. Gamebrott.com
  5. GGWP.id
  6. Dafunda.com
  7. Jagatplay.com
  8. Gcube.id
  9. Teknosaurus.com
  10. Kotakgame.com
  11. Gamedaim.com
  12. Jurnalotaku.com
  13. Media.Skyegrid.id
  14. Indogamers.com
  15. Esports.id

5. Salah satu media yang masuk dalam ranking ini ada yang merupakan media baru

Ini Ranking 15 Besar Media Game Indonesia di 2019 Berdasarkan AlexaIDN Times

Kebanyakan media video game yang masuk dalam ranking Game Prime ini merupakan media video game yang sudah berkutat cukup lama. Namun ada satu media baru yang berhasil masuk. Bernama Gcube.id, dia menduduki peringkat kedelapan mengalahkan Kotakgame.com dan Jurnalotaku.com. Sedang untuk Duniaku.com, tim baru dari IDN Media ini merajai tangga peringkat media game di Indonesia, yang sebelumnya di peringkat ketiga. GGWP.id masih tetap berada di peringkat lima, di antara Gamebrott.com dan Dafunda.com

Itulah peringkat media video game di Indonesia. Apakah kamu sering membaca berita-berita dari situs tersebut? Situs apakah yang paling sering kamu baca? Coba cek Duniaku.com nih.

Situs ini baru saja dirilis kembali dengan tampilan baru, jadi kamu bakal merasakan pengalaman baru juga. Kamu bisa mengaksesnya dengan klik atau copy-paste link berikut ke browsermu: https://duniaku.com

Baca Juga: 7 Momen di Mana Publisher Merusak Sebuah Video Game, Memalukan Banget!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You