Comscore Tracker

Netflix akan Gelontorkan Banyak Uang untuk Produksi Game AAA!

Game tersebut dikabarkan merupakan shooting game!

Setelah berkutat di game untuk platform mobile mereka, Netflix kini dikabarkan hendak membuat sebuah game AAA untuk PC. Bagi yang belum tahu, game AAA merupakan klasifikasi untuk game-game yang dibuat dengan budget tinggi. Bahkan bisa mencapai 100 juta US dolar! Tentu budget tinggi tersebut harus diimbangi dengan kualitas grafis, gameplay, dan penjualan yang tinggi pula.

Beberapa contoh game AAA sendiri seperti Assassin's Creed series, GTA, hingga Red Dead Redemption 2. Game-game tersebut dibuat dengan budget tinggi dan memiliki kualitas yang tinggi pula. Meski ya memang tak jarang ada game AAA yang tak sesuai ekspektasi di saat rilis, sebut saja Fallout 76, Mass Effect: Andromeda, dan Anthem.

Kira-kira game seperti apa yang akan dibuat oleh Netflix? Yuk simak ulasan di bawah!

Dikabarkan akan membuat game shooter

Netflix akan Gelontorkan Banyak Uang untuk Produksi Game AAA!ilustrasi aplikasi Netflix (Pexels/cottonbro studio)

Melansir IGN, Netflix dikabarkan akan mencoba membuat game AAA bergenre shooter untuk platform PC. Hal tersebut terindikasi dari lowongan kerja di laman web Netflix. Dalam lowongan tersebut pihak Netflix tengah mencari seorang Game Director untuk studio game baru miliki Netflix.

Salah satu persyaratan dari Game Director tersebut adalah "Memiliki pengalaman dengan game FPS atau third person shooter". Melihat kualifikasi tersebut, tak heran jika nantinya game AAA pertama yang diproduksi oleh Netflix adalah game bergenre shooter, baik itu FPS atau Third Person Shooter!

Baca Juga: Netflix dan Ubisoft Berkolaborasi Hadirkan 3 Game di Aplikasi Netflix

Sudah berpengalaman merilis game

Netflix akan Gelontorkan Banyak Uang untuk Produksi Game AAA!ilustrasi aplikasi Netflix (Pexels/Karolina Grabowska)

Bicara mengenai game, Netflix sendiri sejatinya sudah berpengalaman merilis berbagai game. Namun game-game yang dirilis oleh Netflix memang masih sebatas game untuk aplikasi mereka sendiri. Beberapa game yang sudah dirilis Netflix antara lain:

  • IMMORTALITY
  • Country Friends
  • Stranger Things: Puzzle Tales
  • Flutter Butterflies
  • Skies of Chaos
  • Nailed It! Baking Bash
  • Mahjong Solitaire
  • dan lain sebagainya

Selain game-game di atas, Netflix juga tengah mengembangkan game Assassin's Creed, Mighty Quest, dan Valiant Hearts 2 untuk aplikasi mereka yang rencananya rilis tahun depan.

Game-game tersebut memang tak semua berasal dari IP milik Netflix. Selain itu juga semua game tersebut diproduksi oleh developer rekanan, jadi bukan produksi sendiri.

Menunjukkan keseriusan dengan mendirikan studio game

Netflix akan Gelontorkan Banyak Uang untuk Produksi Game AAA!ilustrasi Netflix (Pexels/cottonbro studio)

Demi menunjukkan keseriusannya, Netflix memang tengah mendirikan studio game sendiri. Melansir Washington Post, pihak Netflix rencananya akan membuka kantor game studio tersebut di Helsinki, Finlandia. Pemilihan Helsinki sendiri didasari oleh banyaknya game developer bertalenta yang berada di sana. Sebelumnya Netflix juga telah mengakuisisi 3 game studio demi mewujudkan ambisinya.

"Ini adalah langkah dari visi kami untuk membangun studio game kelas dunia yang akan menghadirkan berbagai game orisinil yang menyenangkan dan menarik, tanpa iklan dan tanpa pembelian dalam aplikasi kepada ratusan juta anggota pengguna di dunia," tulis Amir Rahimi selaku Vice President Game Studios di blog resmi Netflix.

Game studio internal milik Netflix tersebut nantinya akan dipimpin oleh Marko Lastikka, mantan general manager Zygna dan EA. Tentu ia merupakan orang yang tepat mengingat pengalamannya.

Saat ini, Netflix sendiri tengah membuka beberapa lowongan untuk mengisi game studio mereka. Jika kamu tertarik, silakan cek di laman resmi mereka, ya!

Baca Juga: Apa Itu Game AAA? Simak 5 Klasifikasi Game yang Wajib Kamu Tahu

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya