Comscore Tracker

Konsep Lama Berwajah Baru, Ini 7 Rekomendasi Game Remake Terbaik!

Game lama ini seolah-olah terlahir kembali...

Berbagai game seru memang sudah hadir sejak dulu. Saking tuanya usia game tersebut, kamu sampai kesusahan untuk mencari game yang kamu incar di konsol masa kini. Dibutuhkan usaha keras untuk memainkan berbagai game lama, mulai dari membeli konsol lama yang mungkin sudah bekas hingga meminta file game dari seseorang yang memilikinya.

Sama halnya seperti film, banyak pula versi remake yang dibuat pada game. Tujuan dari diciptakannya game remake sudah jelas, kamu jadi bisa merasakan sensasi bermain game jadul, tetapi dengan versi yang diperbarui. Misalnya seperti grafis yang ditingkatkan dan menyesuaikan mekanisme gameplay dengan konsep permainan masa kini.

Dengan menghadirkan game berkonsep lama namun dalam kemasan baru, seringkali game remake dipuji para gamers. Berikut beberapa rekomendasi game remake terbaik yang bisa kamu mainkan, mulai dari yang baru-baru ini rilis hingga yang terlama.

1. Final Fantasy VII Remake (10 April 2020)

Konsep Lama Berwajah Baru, Ini 7 Rekomendasi Game Remake Terbaik!pushsquare.com

Melansir Windows Central, Final Fantasy VII Remake dibuat ulang dengan sangat cermat sehingga menciptakan latar belakang pixelated tetap dari urutan Midgar 90-an dalam 4K 3D. Setiap detail game originalnya dikemas dengan cermat, mulai dari setiap karakternya hingga monsternya.

Konsep pertarungan dalam game ini ditata ulang agar menjadi lebih aktif, dan pastinya lebih spektakuler. Kamu akan merasa seperti sedang membuat film action secara real-time ketika memainkan Final Fantasy VII Remake. Dulu game ini dirilis pada 31 Januari 1997 dan hanya bisa dimainkan di PlayStation 1. Kini kamu bisa memainkannya kembali di PS4.

2. Resident Evil 3 (3 April 2020)

Konsep Lama Berwajah Baru, Ini 7 Rekomendasi Game Remake Terbaik!vg247.com

Resident Evil 3 mengambil kisah anggota S.T.A.R.S. bernama Jill Valentine melarikan diri dari Raccoon City sambil dikejar oleh Nemesis. Secara khusus, Resident Evil 3 Remake terhubung baik dengan Resident Evil 2 Remake, yang memungkinkan kedua game bersama-sama menceritakan kisah yang terhubung dan menjadi lebih baik.

Dikombinasikan dengan variasi musuh yang luar biasa dan permainan tembakan yang menegangkan, kamu selalu harus siaga dan sangat jarang diizinkan untuk beristirahat. Resident Evil 3 adalah remake cerdas yang memungkinkan pemain yang tidak pernah bermain Resident Evil 3 original untuk memahami mengapa Nemesis harus ditakuti. Versi original dari game ini dirilis pada tahun 1999, kini kamu bisa memainkan versi terbarunya.

3. Black Mesa (6 Maret 2020)

Konsep Lama Berwajah Baru, Ini 7 Rekomendasi Game Remake Terbaik!forbes.com

Black Mesa telah dikembangkan oleh Crowbar Collective selama 15 tahun yang menakjubkan. Black Mesa adalah remake penuh dari Half-Life original yang menampilkan grafis yang ditingkatkan secara signifikan, model karakter dan animasi yang lebih baik, dan level yang dirancang ulang yang menempatkan cerita dan adegan terlebih dahulu.

Black Mesa mengambil pengisahan cerita Half-Life dan memperbaikinya dengan cara-cara gamblang yang membuat alam semesta terasa lebih hidup daripada sebelumnya. Awalnya Half-Life dirilis pada 19 November 1998 untuk dimainkan di PC. 

Baca Juga: 8 Game Rilis April 2020, Banyak Remake dari Judul Legendaris!

4. Legend of Zelda: Link's Awakening (20 September 2019)

Konsep Lama Berwajah Baru, Ini 7 Rekomendasi Game Remake Terbaik!godisageek.com

Nintendo punya kemampuan untuk mengemas game lama menjadi game baru, untuk disajikan kepada gamers generasi zaman kini. Link's Awakening adalah permainan klasik dari Game Boy yang membawa Hyrulian keluar dari zona nyamannya dan pergi ke pulau misterius untuk memulai petualangan baru. Meskipun pengaturannya mungkin berbeda, game ini tetap berpegang pada orisinalitas yang membuat Zelda masih dicintai.

Dengan grafis seperti mainan yang memesona dan soundtrack remaster, pembuatan ulang Zelda terlihat lebih baik dari sebelumnya. Dulu game original ini diluncurkan pada tahun 1993, kini kamu bisa memainkannya di Nintendo Switch.

5. Resident Evil 2 (25 Januari 2019)

Konsep Lama Berwajah Baru, Ini 7 Rekomendasi Game Remake Terbaik!gamedaim.com

Di dalam Resident Evil 2 Remake, kamu masih bermain sebagai Leon Kennedy dan Claire Redfield ketika mereka berusaha keluar dari Raccoon City selama wabah zombie, hanya saja dengan versi lebih ramping. Banyak peningkatan yang dilakukan di dalam game ini, terutama grafis dari para karakternya yang mengesankan.

Namun, perubahan paling krusial adalah penyertaan Mr. X. Ia berada dalam game asli, tetapi Capcom memutuskan untuk menjadikan kehadirannya lebih lama dan selalu mengintai. Begitu dia muncul untuk pertama kalinya, kamu menghabiskan sisa permainan dengan berharap dia tidak mengawasimu. Resident Evil 2 pertama kali muncul pada tahun 1998 di PS, PC, dan lain-lain.

6. Spyro Reignited Trilogy (13 November 2018)

Konsep Lama Berwajah Baru, Ini 7 Rekomendasi Game Remake Terbaik!pemmzchannel.com

Spyro the Dragon adalah platformer yang dibutuhkan Playstation. Di dalamnya terdapat protagonis lucu yang sedikit suka merendahkan, konsep sederhana dengan beberapa teka-teki rumit, dan naga.

Seri Spyro adalah campuran permainan yang menyenangkan dan membuat kamu frustrasi dengan begitu banyak hal yang harus dilakukan pemain. Game ini merupakan game klasik dengan karakter yang menarik dan level yang lebih luas.

Seri Spyro Reignited tidak hanya memoles grafis dan mekanik, tetapi juga berhasil menghadirkan remake dari tiga seri game. Seri game Spyro awalnya dirilis dalam rentang waktu 1998-2000 di PS.

7. Shadow of the Colossus (6 Februari 2018)

Konsep Lama Berwajah Baru, Ini 7 Rekomendasi Game Remake Terbaik!engadget.com

Shadow of the Colossus sering dianggap sebagai salah satu game terhebat yang pernah dibuat disertai dengan alasan yang bagus. Game originalnya dirilis pada 2005 dengan menyajikan para penggemar sebuah game yang belum pernah mereka lihat sebelumnya, memperkenalkan mereka ke dunia raksasa, yang penuh dengan cerita yang jauh lebih kompleks dari sekadar menjatuhkan monster.

Remake ini membutuhkan 13 tahun untuk dirilis, tetapi sangat layak untuk ditunggu. Perubahan terbesar terlihat sejak awal, dan begitulah permainannya, dengan dunia yang terlihat lebih besar dan Colossi tampak lebih besar saat kamu ingin menjatuhkannya, membuat momen yang benar-benar luar biasa.

Itulah beberapa game remake terbaik yang pernah dibuat ulang. Favorit kamu yang nomor berapa?

Baca Juga: 6 Game Remake atau Remastered Ini Lebih Baik dari Versi Originalnya!

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya