Comscore Tracker

7 Taktik di Football Manager 2020 Ini Bisa Bawa Klub Kamu Auto Juara!

Gak bosen emang kalah mulu?

Untuk memenangkan sebuah pertandingan dalam sepak bola, dibutuhkan taktik atau strategi ciamik yang perlu kamu rancang. Tidak hanya di dunia nyata, dalam game pun kamu harus pintar saat meramu taktik apabila ingin membawa klub bola favorit kamu menang. Oleh karena itu, punya pemain bagus saja tidak cukup untuk membuat kamu menang.

Salah satunya adalah game Football Manager yang kini sudah mencapai edisi Football Manager 2020. Dulu, ketika kamu punya pemain kelas dunia seperti Messi, Hazard, Ronaldo, hingga Buffon, kamu bakal dengan mudahnya memenangkan pertandingan tanpa perlu ribet-ribet mengotak-atik taktik. Namun, kini game tersebut semakin realistis sehingga membutuhkan kecerdasan kamu dalam menyusun strategi.

Mau tahu apa saja taktik terbaik yang bisa kamu aplikasikan di Football Manager 2020? Pelajari 7 taktik versi Games Radar ini biar klub kamu bisa menang melulu.

1. Bermain mengandalkan sayap (4-4-2 atau 4-2-4 Wide)

7 Taktik di Football Manager 2020 Ini Bisa Bawa Klub Kamu Auto Juara!gamesradar.com

Ini adalah formasi paling umum yang digunakan kebanyakan orang karena relatif aman untuk digunakan. Lebih-lebih, kamu tidak harus punya pemain bagus di setiap posisi, cukup di striker dan pemain sayap saja. Apabila kamu punya striker dan winger hebat, maka taktik permainan sayap ini dapat bekerja dengan baik.

Bagaimana tidak, para pemain sayap yang hebat akan dengan mudah melepas umpan silang ke kotak penalty. Kemudian, striker yang bisa menempatkan dirinya dengan baik akan mudah untuk menyambut bola dan menceploskannya ke dalam gawang. Dengan demikian, winger kamu harus punya angka yang tinggi di aspek akselerasi, crossing, dribbling, stamina, serta teknik. Terlebih, kamu juga harus punya striker tinggi agar dia mudah menyambut bola.

2. Tiki-Taka (4-1-4-1 DM Wide, 4-2-3-1 Wide, 5-2-2-1 WB)

7 Taktik di Football Manager 2020 Ini Bisa Bawa Klub Kamu Auto Juara!gamesradar.com

Kamu pasti sering mendengar taktik Tiki-Taka yang identik dengan raksasa asal Spanyol Barcelona. Ya, mereka memang mengandalkan taktik yang satu ini dan sangat efektif sehingga patut kamu coba di Football Manager 2020. Supaya bisa menggunakan taktik ini, kamu harus membuat pemain kamu selalu memainkan umpan pendek yang cepat.

Meskipun begitu, kamu harus punya pemain-pemain yang lincah, punya decision yang baik, stamina, teknik, hingga atribut off-the-ball yang baik pula. Perlu diingat, taktik Tiki-Taka ini lebih baik digunakan apabila kamu tidak memiliki pemain berpostur tinggi di klub kamu.

3. Gegenpress (4-1-4-1 DM Wide atau 4-2-3-1 Wide)

7 Taktik di Football Manager 2020 Ini Bisa Bawa Klub Kamu Auto Juara!gamesradar.com

Formasi ini bisa jadi sangat menyakitkan bagi pemain kamu, namun sekaligus bisa menjanjikan kemenangan untuk klub kamu. Bukan tanpa sebab, apabila kamu berencana untuk menggunakan taktik yang satu ini di Football Manager 2020, maka pemain kamu akan terus mengganggu lawan dan berjuang mendapatkan bola tanpa istirahat sedikit pun.

Maka dari itu, kamu perlu pemain-pemain yang punya atribut tinggi di aspek fitness, stamina, dan work rate. Buktinya adalah ketika musim lalu Liverpool menggunakan taktik Gegenpress, mereka bisa menang namun sekaligus bisa kehilangan konsentrasi karena kecapekan. Tidak hanya itu, pemain kamu juga akan jadi lebih rentan cedera dengan taktik ini, meskipun hasilnya menjanjikan.

Baca Juga: 7 Game Internet Browser Terbaik untuk Mengobati Bosan Kerja, Coba deh!

4. Ball possession (4-2-3-1 Wide, 4-2-3-1 DM Wide, 5-2-2-1 WB)

7 Taktik di Football Manager 2020 Ini Bisa Bawa Klub Kamu Auto Juara!gamesradar.com

Taktik ball possession ini hanya diperuntukkan bagi kamu yang sabar. Pasalnya, taktik ini akan membuat klub kamu bermain lebih mendominasi dan bersabar untuk menciptakan peluang. Yang pasti, kalau kamu adalah tipe manajer yang selalu ingin segera mencetak gol, maka jangan gunakan taktik ball possesison.

Supaya menyukseskan taktik ini, kamu perlu punya pemain beratribut tinggi di stamina, passing, creativity, dan work rate.

5. Counter attack (4-1-4-1 DM, 4-4-1-1, 5-3-2 WB)

7 Taktik di Football Manager 2020 Ini Bisa Bawa Klub Kamu Auto Juara!gamesradar.com

Counter attack atau serangan balik jadi kebalikan dari taktik ball possession. Jika kamu membangun peluang dengan bersabar memainkan bola, di taktik counter attack ini kamu akan jarang bermain bola karena kamu hanya mengandalkan kelengahan lawan.

Praktis, ketika mereka sedang membangun serangan, kamu bisa langsung memotongnya dan melancarkan serangan balik. Dengan demikian, dibutuhkan pemain-pemain yang punya atribut tinggi di akselerasi, kecepatan, decision, dan composure supaya taktik ini berjalan dengan lancar.

6. Route One (4-4-2, 4-1-4-1 DM Wide, 4-4-1-1)

7 Taktik di Football Manager 2020 Ini Bisa Bawa Klub Kamu Auto Juara!gamesradar.com

Kalau kamu menukangi klub kecil di Football Manager, pakailah taktik Route One ini untuk mencetak gol. Dalam taktik tersebut, kamu harus punya striker yang hebat memainkan peran sebagai Target Man, karena dia akan lama menahan bola. Praktis, ketika striker kamu menahan bola, tim kamu yang lain akan maju untuk memberikan dukungan sehingga mencetak gol.

7. Vertical Tiki-Taka (4-4-2 Diamond Narrow, 4-1-4-1 DM Wide, 5-2-1-2 WB)

7 Taktik di Football Manager 2020 Ini Bisa Bawa Klub Kamu Auto Juara!gamesradar.com

Sebenarnya taktik ini tidak berbeda jauh dengan Tiki-Taka, hanya saja Vertical Tiki-Taka membuat pemain kamu bermain bola dari sisi yang berbeda. Pokoknya, kalau kamu mau bisa mencetak gol, kamu harus punya pemain yang bisa berlari kencang serta memiliki akselerasi tinggi.

Itulah beberapa taktik Football Manager 2020 yang bisa kamu terapkan untuk membawa klub bola kamu menang. Coba komen di bawah, taktik favorit kalian di FM 20 itu yang seperti apa sih?

Baca Juga: Baru Dirilis, Intip 7 Hal Penting seputar Football Manager 2020

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya