Comscore Tracker

7 Efek Suara di Video Game yang Paling Memorable

Sekali dengar, tahu dari game mana!

Bagi para gamer, mengidentifikasi game kesukaan mereka amatlah mudah. Dari gambar, karakter, hingga cerita, gamer bisa langsung tahu game kesukaan mereka sekali tebak. Bukan hanya itu, efek suara (SFX) pada game juga membuat game semakin memorable.

Meski SFX tersebut sering muncul di kegunaan lain selain game, saat kita mendengarnya, justru judul game yang terbesit ke dalam pikiran. Penasaran apa saja? Menurut situs The Gamer, inilah 7 efek suara dari video game yang paling melekat dalam memori para gamer.

1. Suara menggali di Minecraft

https://www.youtube.com/embed/FSU2sYtM0EM

Diluncurkan pada 2011 lalu, Minecraft buatan Mojang Studios menjelma menjadi salah satu game terlaris di dunia. Populer di kalangan anak-anak, Minecraft terkenal mengizinkan para pemain untuk membuat dunia impian sendiri, melawan berbagai monster, dan menambang benda-benda berharga.

Sementara banyak efek suara di Minecraft, salah satu yang paling mudah dikenali adalah efek suara menggali. Meski berbeda saat aktivitas menggali sudah mencapai bebatuan, suara menggali tanah di Minecraft bisa amat satisfying dan membuat aktivitas menggali batu dan logam mulia tidak membosankan, malah seperti menggali benaran.

2. Suara Mario turun ke dalam saluran

https://www.youtube.com/embed/Q8ukcO_Oc8s

Sejak diciptakan oleh Miyamoto Shigeru (宮本 茂) pada 1987, Super Mario Bros. menjadi salah satu game legendaris yang mendefinisikan pop culture. Selain ikon tukang ledeng berkumis tebal ini, Super Mario Bros. juga terkenal karena efek suaranya.

Dari mendapat jamur, menginjak kepala bawahan Bowser, hingga mendapatkan bintang, salah satu suara yang paling melekat di ingatan para gamer adalah saat Mario turun ke pipa bawah tanah. Efek suara ini seakan-akan membuat gamer penasaran akan apa yang mereka lihat di bawah (biasanya koin atau jalan pintas rahasia).

3. Suara menangkap Pokémon

https://www.youtube.com/embed/v6L0cL1ZhJQ

Pertama kali muncul pada 1996, game Pokémon masih relevan hingga saat ini. Dari Nintendo hingga ke HP, Pokémon masih menekankan dua fitur utama: melawan dan menangkap Pokémon. Bagi penggemar Pokémon, salah satu kegembiraan terbesar adalah berhasil menangkap Pokémon kesukaan.

Siapa yang tidak ingat dengan efek suaranya yang bikin deg-degan? Saat Pokéball menangkap Pokémon, bola tersebut akan bergoyang dan diikuti suara getaran khas Pokéball. Akhirnya, jika Pokéball berhasil menangkap Pokémon, akan ada suara pesta yang riang gembira untuk menyambut Pokémon baru di koleksimu.

Baca Juga: Jangan Curang, 9 Game Brilian yang Menghukum Cheater

4. Suara saat Master Chief mengisi ulang perisainya di Halo

https://www.youtube.com/embed/_CZCGOZSzz4

Eksklusif untuk XBOX, Halo adalah game tembak-tembakan berformat first person shooter (FPS). Bermain sebagai Master Chief, dunia fiksi ilmiah Halo menawarkan aksi yang memicu adrenalin dan juga plot yang dalam. Membahas efek suaranya, suara saat Master Chief mengisi ulang perisainya adalah yang paling terkenal.

Setelah membasmi pasukan alien Covenant, perisai Master Chief mengeluarkan bunyi repetitif tanda kehabisan daya. Kemudian, muncul suara desing yang menandakan perisai telah terisi kembali. Dengan kesan futuristik, efek suara ini menjadi yang paling mudah diingat para penggemar Halo.

5. Suara cincin di Sonic the Hedgehog

https://www.youtube.com/embed/FRgfAPe5s3U

Pertama kali muncul pada 1991, Sonic the Hedgehog buatan Sega adalah salah satu ikon gaming sepanjang masa. Bukan cuma game, Sonic bahkan juga ikut tampil di layar lebar bersama Jim Carrey. Bukan cuma kecepatannya, Sonic the Hedgehog juga diingat karena efek suaranya yang melekat di ingatan.

Dari suara-suara tersebut, tidak ada yang lebih mendefinisikan Sonic selain bunyi dering cincin yang dikumpulkan oleh sang landak biru. Sementara bunyi ini membuatmu ingin terus mengumpulkan cincin, jangan sampai hilang fokus karena suara kehilangan cincin juga bisa membuatmu frustrasi.

6. Suara Link membuka peti di The Legend of Zelda

https://www.youtube.com/embed/3w-aqAtWAGA

Salah satu wajah Nintendo, The Legend of Zelda memiliki kisah dan tokoh yang ikonik, yaitu Link dan Zelda (jangan salah lagi, ya!). Saat berpetualang untuk menyelamatkan Zelda, Link umumnya menemukan berbagai benda dalam peti. Baik benda biasa hingga langka, membuka peti di The Legend of Zelda jadi hiburan sendiri. Kenapa begitu?

Efek suara yang otomatis muncul saat Link mengangkat benda yang ia temukan telah menjadi salah satu SFX yang paling ikonik dalam sejarah game. Sementara Zelda memiliki banyak efek suara dan alunan melodi yang menggugah hati, suara membuka peti ini dianggap sebagai yang paling melekat dalam memori para penggemarnya.

7. Suara peringatan di Metal Gear

https://www.youtube.com/embed/Yo1Oi2bilag

Sejak meluncur secara perdana pada 1987, Metal Gear buatan Konami dianggap sebagai salah satu game bertema stealth terbaik. Sementara elemen mekanik, karakter, dan gameplay berubah, ternyata efek suara Metal Gear tetaplah sama. Dari berbagai suara di Metal Gear, suara alert saat musuh melihat pergerakanmu adalah yang paling ikonik.

Efek suara alert ini menimbulkan perasaan tegang, terutama saat musuh mengetahui pergerakanmu dan mulai menyerang. Memang, di masa kini, suara ini lebih terkenal di video lucu dan meme. Akan tetapi, di dalam game, suara dari Metal Gear ini memicu perasaan tegang yang tak bisa dijelaskan kata-kata.

Itulah beberapa efek suara di video game yang paling ikonik dalam sejarah gaming. Bukan hanya keseruan, suara-suara ini juga sekarang bak pemicu nostalgia dari masa-masa muda. Dari suara-suara ini, manakah yang paling kamu paling ingat dan suka?

Baca Juga: Jijik dan Seram, 8 Momen Game yang Bikin Trauma

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya