Comscore Tracker

8 Fakta Unik Squall Leonhart, Ahli Tembak dari FFVIII

Ahli tembak yang suka menyendiri

Tidak lengkap rasanya membicarakan seri buatan Square Enix, Final Fantasy, tanpa membicarakan seri ke-8. Rilis pada 1999, Final Fantasy VIII (FFVIII) sempat menjadi seri FF yang laku paling cepat. FFVIII menceritakan kisah Squall Leonhart (スコール・レオンハート) dalam mengalahkan penyihir Ultimecia dan romansa dengan Rinoa Heartilly.

Berangkat dari kesuksesan FFVII (1997), Squall juga memiliki sifat dingin dan penyendiri identik dengan protagonis pendahulunya. Namun, Squall punya tempat sendiri di hati para gamer. Seberapa kenal kamu dengan sang karakter? Yuk, uji pengetahuanmu dengan fakta-fakta terselubung Squall Leonhart berikut ini!

1. Rambut Squall harusnya lebih panjang

8 Fakta Unik Squall Leonhart, Ahli Tembak dari FFVIIISquall Leonhart dari FFVIII (finalfantasy.fandom.com)

Karakter Squall diciptakan oleh Nojima Kazushige (野島 一成) dan didesain oleh Nomura Tetsuya (野村 哲也). Faktanya, Squall adalah karakter pertama yang didesain untuk game ini. Awalnya, Nomura ingin Squall berambut panjang dengan penampilan yang lebih feminin.

Akan tetapi, pengarah game FFVIII saat itu, Kitase Yoshinori (北瀬 佳範) tidak setuju. Oleh karena itu, desainnya dirombak dan jadilah Squall Leonhart yang kita lihat saat ini. Ingin lihat Squall versi rambut panjang seperti desain Nomura? Lihatlah tampilan Squall (yang juga disebut Leon) saat jadi bintang tamu di Kingdom Hearts (2002).

2. Hubungan River Phoenix dan Squall

8 Fakta Unik Squall Leonhart, Ahli Tembak dari FFVIIIRiver Phoenix (biography.com)

Saat mendesain Squall Leonhart, sulit untuk mengira kalau desainnya akan terinspirasi dari orang Amerika. Setahun setelah rilisnya FFVIII, Nomura blak-blakan kalau ia terinspirasi oleh aktor legendaris Amerika, River Phoenix (1970-1993) dan kakak dari aktor kawakan Amerika Joaquin Phoenix.

Nomura mengatakan bahwa sejak awal pengembangan FFVIII, ia diberitahu bahwa setting dan desain karakternya akan kebarat-baratan. Oleh karena itu, ia mendesain Squall dengan melihat pada River. Bahkan, ulang tahunnya pun sama, 23 Agustus. Meski begitu, Nomura mengatakan tak ada satu pun yang sadar akan hal ini.

3. Bekas luka di wajah yang membuat Squall menonjol

https://www.youtube.com/embed/MoyEBlNafnQ

Desain Squall juga terkenal karena ada codet pada dahinya. Tahukah kamu, codet pada wajah Squall sebenarnya diberikan secara dadakan?! Hal ini dikarenakan Nomura ingin Squall berbeda dari karakter FF yang lain. Nah, bagaimana codet ini bisa terjadi? Terserah Nojima!

Hasilnya, jadilah adegan pertarungan antara Squall dan rivalnya, Seifer Almasy, sebagai pembuka FFVIII. Saking intensnya, baik Squall dan Seifer sama-sama mendapatkan codet di dahi. Kamu kira mereka betul-betul bertarung? Nyatanya, Nomura bermaksud menjadikan pertarungan antara Seifer dan Squall hanya sebagai latihan pagi.

4. Sempat dianggap mati oleh fans

8 Fakta Unik Squall Leonhart, Ahli Tembak dari FFVIIISquall tertusuk tombak es Edea. (youtube.com/Jon2ne1 Gaming)

Saat berada di Deling City, Squall harus berhadapan dengan Edea Kramer dan Seifer. Edea kemudian berhasil menusuk bahu kanan Squall dengan sebuah tombak es dan Squall pun jatuh dan tak sadarkan diri. Hal ini membuat para gamer berteori kalau sebenarnya sang prajurit upahan elit SeeDs sudah mati dan seluruh jalan cerita selanjutnya adalah "mimpi".

Mendengar teori tersebut, Kitase berkelakar dan membantah bahwa Squall sudah mati. Akan tetapi, teori tersebut memberikan Kitase inspirasi dan jika FFVIII mendapatkan kesempatan remake seperti FFVII, siapa yang tahu nasib Squall nantinya?

Baca Juga: 7 Fakta Unik Cloud Strife, Sang Protagonis Cool FFVII

5. Benarkah Laguna adalah ayah Squall?

8 Fakta Unik Squall Leonhart, Ahli Tembak dari FFVIIILaguna Loire dan Squall Leonhart (finalfantasy.fandom.com)

Salah satu misteri yang belum terkuak di FFVIII adalah orang tua Squall. Ia memang dilahirkan dari rahim Raine Loire, istri dari Laguna Loire, seorang tentara Galbadia. Akan tetapi, saat itu Laguna tidak tahu kalau Raine tengah hamil. Setelah kematian Raine, Squall pun dititipkan ke panti asuhan Edea.

Berbagai petunjuk dalam game menunjukkan kalau Laguna memang orang tua dari Squall, seperti pikiran Squall yang tersambung dengan Laguna, dan janji Laguna untuk bercerita kepada Squall setelah Ultimecia dikalahkan. Namun, Square Enix tidak pernah mengonfirmasi hubungan darah antara Squall dan Laguna.

6. Nama Squall dan elemen singa di dalam FFVIII

8 Fakta Unik Squall Leonhart, Ahli Tembak dari FFVIIISquall Leonhart di Final Fantasy Dissidia NT (finalfantasy.fandom.com)

Nama "Squall" adalah kata lain dalam Bahasa Inggris yang berarti "badai besar", sebuah gambaran dari emosi dan gejolak batin Squall yang terus ia kekang. Selain itu, tema badai ini juga terlihat saat Squall menyetir mobil bernama Tempest di Deling City saat mengejar Edea.

Nama keluarga "Leonhart" adalah bentuk variasi dari "Lionheart", yang mengacu pada kepribadian yang kuat dan berani. Kekuatan dan keberanian adalah hal yang dijunjung tinggi oleh Squall. Ini juga karena ia mengidolakan makhluk singa bersayap, Griever, seperti yang terlihat pada kalung dan tanda pada gunblade-nya.

7. Kata mutiara Squall yang beda dalam Bahasa Inggris dan Jepang

8 Fakta Unik Squall Leonhart, Ahli Tembak dari FFVIIIkata "Whatever" andalan Squall (legendsoflocalization.com)

Jika kamu memainkan Squall, kamu tahu ia adalah pribadi yang cuek. Hal ini terlihat dari kata mutiaranya, "Whatever" atau "Terserah". Namun, sebenarnya, di versi Bahasa Jepangnya, Squall tidak ngomong begitu!

Sebenarnya, dalam Bahasa Jepang, Squall mengatakan "悪かったな" yang berarti "Ya, maaf". Kemungkinan besar, perbedaan slogan ini disebabkan oleh perbedaan budaya dan dengan terjemahan Bahasa Inggrisnya, karakter cuek Squall menjadi lebih terlihat.

8. Jadi bintang tamu di game balap

8 Fakta Unik Squall Leonhart, Ahli Tembak dari FFVIIItantangan tersembunyi melawan Squall di Chocobo Racing (finalfantasy.fandom.com)

Sebagai salah satu karakter terkenal di FF, Squall muncul di beberapa game di luar FFVIII, seperti Kingdom Hearts hingga Final Fantasy Brave Exvius (2015). Nah, yang banyak orang tidak tahu, Squall sebenarnya adalah karakter tersembunyi di game balap khas FFChocobo Racing (1999).

Kamu perlu menamatkan game dua kali dan kemudian balapan melawan Squall yang mengendarai Tempest di lintasan bertema FFVIII. Setelah menang, barulah kamu mendapatkan Squall untuk dimainkan. Saat menembakkan elemen di lintasan, bunyi yang akan kamu dengar adalah suara gunblade milik Squall.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai Squall Leonhart, seorang ahli tembak yang berani dari seri FFVIII. Berapa banyak yang kamu tahu, nih?

Baca Juga: 10 Fakta Terselubung tentang Tidus, Tokoh Utama FFX

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya