Comscore Tracker

5 Fitur Nintendo Switch yang Terlupakan, Padahal Berguna!

Tahukah kamu soal fitur-fitur Switch ini?

Para pemain PlayStation 5 (PS5), tahukah kamu kalau PS5 memiliki fitur Accolades? Ya, dengan fitur ini, pemain bisa saling memberi penghargaan untuk membentuk persahabatan di dunia gaming. Akan tetapi, Sony memutuskan untuk mematikan fitur ini. Kenapa? Tentu saja, karena tidak ada yang pakai.

Nah, kasus yang sama sebenarnya patut dianalisis dari Nintendo Switch. Konsol keluaran 2017 ini sebenarnya memiliki banyak fitur. Masalahnya, kebanyakan dari pemain Switch bahkan tidak tahu tentangnya. Tes pengetahuan Nintendo Switch, inilah 5 fitur Nintendo Switch yang tak diketahui banyak orang!

1. Find Controller

5 Fitur Nintendo Switch yang Terlupakan, Padahal Berguna!ilustrasi joy-con Switch OLED (mynintendonews.com)

Nintendo Switch memiliki dua Joy-Con yang bisa dilepas dan digunakan secara terpisah atau sebagai 1 controller. Lalu, bagaimana jika salah satu Joy-Con hilang? Nintendo menyematkan fitur "Find Controller", lo. Ini cara menemukan fitur tersebut:

  • Buka Nintendo Switch, dan pilih opsi Controllers (ikon Joy-Con)
  • Dari empat pilihan, pilih Find Controllers

Switch akan memintamu menekan L/R (tergantung dari Joy-Con yang hilang), dan Joy-Con akan bergetar. Sayangnya, getaran yang dihasilkan bahkan sulit didengar. Setidaknya, fitur ini membantumu mencari Joy-Con agar tak perlu menghabiskan uang membeli Joy-Con lagi.

2. News

5 Fitur Nintendo Switch yang Terlupakan, Padahal Berguna!fitur News di Nintendo Switch (nintendolife.com)

Saat pemain membuat Nintendo Switch, ada 7 ikon menu yang sebenarnya amat berguna. Namun, dari 7 opsi tersebut, ada 1 opsi yang jarang sekali diakses oleh para pengguna: "News". Layaknya fitur akses berita gaming di konsol lain, News memuat berita dari Nintendo dan para developer game.

Permasalahannya, apakah kamu terpikir untuk mengecek berita tentang Nintendo Switch dan game-nya dari konsol tersebut? Tentu tidak. Selain tulisannya kecil, Switch memang hanya digunakan untuk bermain. Berita soal gaming? Lebih baik baca di sumber lain saja, kan?

Baca Juga: 9 Alasan Kenapa Nintendo Switch Sukses di Pasar Handheld

3. Voice Chat

5 Fitur Nintendo Switch yang Terlupakan, Padahal Berguna!Nintendo Switch Online (play.google.com)

Terkejut, kan? Bukan hanya Xbox atau PS, ternyata Nintendo Switch juga memiliki fitur Voice Chat, lo. Kok banyak yang gak tahu? Salah satu penyebabnya adalah karena Voice Chat di Nintendo Switch amat ribet.

Sementara kamu hanya tinggal menyambungkan headset ke controller PS atau Xbox, Nintendo Switch mengharuskanmu berusaha ekstra. Nintendo menjabarkan langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Dari HP, download dan install aplikasi Nintendo Switch Online (tersedia di Play Store dan App Store).
  • Nyalakan aplikasi Nintendo Switch Online dan masuk dengan akun Nintendo.
  • Dari Nintendo Switch, nyalakan software yang kompatibel dengan akun Nintendo yang juga digunakan di aplikasi Nintendo Switch Online.
  • Di Nintendo Switch, gunakan mode game multiplayer yang mendukung voice chat.
  • Di HP, pilih "Start" setelah mendapatkan perintah "Start voice chat?"
  • Saat bermain online, pemain lain yang menggunakan aplikasi Nintendo Switch Online juga akan bergabung ke lobi voice chat.

Sementara penting untuk bermain game online, voice chat bisa menjadi "Accolades" versi Switch. Bahkan, jika Nintendo menghilangkan fitur tersebut, besar kemungkinan tak ada pemain Switch yang sadar atau peduli juga.

4. Dukungan keyboard

5 Fitur Nintendo Switch yang Terlupakan, Padahal Berguna!ilustrasi keyboard mekanik (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Mengetik di layar sentuh Nintendo Switch bisa jadi hal yang menyebalkan untuk para pemain Switch. Nah, tahukah kamu kalau Nintendo mengizinkan dukungan keyboard di Nintendo Switch? Tidak tahu? Wajar, sih.

Pemain bisa menyambungkan keyboard USB ke colokan USB Switch sehingga bisa mengetik melalui keyboard. Tentu saja, ini membutuhkan usaha ekstra dan akhirnya, pemain lebih memilih layar sentuh Switch saja, deh. Seperti Voice Chat, jika fitur ini dihilangkan, rasanya tak ada pemain Switch yang peduli juga.

5. Screen Lock

5 Fitur Nintendo Switch yang Terlupakan, Padahal Berguna!fitur Screen Lock di Nintendo Switch (howtogeek.com)

Terakhir di daftar ini, Nintendo Switch ternyata memiliki fitur screen lock layaknya gadget lainnya. Fitur ini bisa kamu nyalakan dengan membuka System Settings, memilih Screen Lock, dan menyalakannya. Dengan begitu, saat dinyalakan, Switch memintamu untuk menekan tombol yang sama 3 kali agar bisa masuk ke menu utama.

Terdengar merepotkan? Bayangkan jika kamu menaruh Switch-mu di tas dan tak sengaja tertekan dan menyala tanpa kamu sadari. Bisa habis baterainya. Oleh karena itu, fitur ini sebenarnya amat berguna dan para pengguna Switch harus lebih sadar akan fitur yang satu ini!

Itulah beberapa fitur Nintendo Switch yang jarang disadari oleh banyak orang. Sementara beberapa tidak berguna dan mungkin lebih baik dihilangkan, ada berbagai fitur yang sebenarnya bisa membantu, lo!

Baca Juga: Miris, Ini 7 Alasan Kenapa Wii U Jadi Produk Gagal Nintendo

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya