Comscore Tracker

7 Barang Paling Aneh dari Jagat The Legend of Zelda

Pemain The Legend of Zelda pasti pernah dapat!

Sejak pertama kali keluar pada 1986, game bertema action-adventure, The Legend of Zelda jadi salah satu citra paling terkemuka Nintendo. Dari seri ini, kita tentu mengingat Link dengan Master Sword beserta Hylian Shield-nya berusaha menyelamatkan Putri Zelda dan Hyrule dari ancaman Ganon.

Selama perjalanan cerita, Link bisa menemukan atau membeli beberapa item dalam game The Legend of Zelda. Sementara beberapa item memang penting, tidak jarang item yang ditemukan tak penting sama sekali dan lebih baik dibuang atau dijual. Ada-ada saja, inilah berbagai item tak lucu dan tak penting dari jagat The Legend of Zelda.

1. Zora's Flippers

7 Barang Paling Aneh dari Jagat The Legend of Zeldalokasi King Zora di Waterfall of Wishing (almarsguides.com)

Pertama kali hadir di A Link to the Past (1992), Zora's Flippers ada sebagai sepatu renang agar Link bisa berenang dan menyelam. Sementara bisa didapatkan secara cuma-cuma, Zora's Flippers harus dibeli seharga 500 rupees dari King Zora di A Link to the Past and Four Swords versi Game Boy Advance (2002).

Pertanyaannya, mengapa item ini disebut Zora's Flippers? Apakah ini adalah kaki penduduk Zora yang diamputasi?! Lalu, mengapa kemampuan renang Link ditentukan dari item ini? Pertanyaan-pertanyaan tersebut membuat item ini serasa tidak masuk akal (dan menyeramkan malah)!

2. Stepladder

7 Barang Paling Aneh dari Jagat The Legend of ZeldaLink menggunakan Stepladder (youtube.com/Waifu Simulator)

Seperti namanya, Stepladder adalah item berbentuk tangga yang pertama kali muncul secara perdana di The Legend of Zelda (1986). Item ini bisa didapatkan di Level 4 First Quest dan Level 6 Second Quest.

Membayangkan Link memboyong tangga di tasnya saja sudah cukup aneh. Apa fungsinya? Dengan Stepladder, Link bisa menyeberangi daerah yang ia tak bisa lalui, seperti lahar panas atau perairan yang terlalu dalam.

3. Golden Bee

7 Barang Paling Aneh dari Jagat The Legend of ZeldaGolden Bee (zelda.fandom.com)

Dari peri hingga serigala, Link punya berbagai makhluk yang membantunya menjalani misi. Nah, di A Link to the Past dan A Link between Worlds (1991), Link punya asisten khusus untuk membantunya bertarung. Apa itu? Seekor lebah emas atau Golden Bee.

Hanya bisa ditemukan di Ice Cave, Golden Bee bisa didapatkan dengan penangkap serangga dan memasukkannya ke dalam botol. Jika dilepaskan, Golden Bee akan membantu Link mengalahkan musuh. Bukan main, damage yang dihasilkan Golden Bee cukup besar, lo!

Golden Bee kemudian bisa ditangkap dan dimasukkan lagi ke dalam botol agar bisa digunakan lagi. Namun, jika Golden Bee kabur, Link harus kembali ke Ice Cave untuk menangkapnya lagi.

Di A Link between WorldsGolden Bee bisa dibeli seharga 888 rupees di hutan sekitar Lost Woods. Lalu, jika Golden Bee ini diberikan ke Bee Guy, Link akan mendapatkan Bee Budge sebagai hadiah. Memberikan Golden Bee lagi ke Bee Guy? Link bisa mendapatkan imbalan 300 rupees untuk tiap Golden Bee.

Baca Juga: 7 Karakter Terkenal Nintendo Ini Alami Perombakan Desain

4. Eyeball Frog

7 Barang Paling Aneh dari Jagat The Legend of ZeldaEyeball Frog (youtube.com/EyeballFrog)

Di Ocarina of Time (1998), Link sempat menjalani misi mengantarkan barang. Jadi, Link mendapatkan resep dari Biggoron, dan membawanya ke King Zora. Lalu, setelahnya, King Zora akan memberikan Eyeball Frogitem berupa katak yang konon kedaluwarsa dalam 3 menit.

Katak ini kemudian diserahkan kepada Lake Scientist yang kemudian membuat World's Finest Eye Drops. Bagaimana sang ilmuwan membuat item tersebut dari sang katak? Mungkin lebih baik tetap jadi rahasia. Setidaknya, World's Finest Eye Drops ini bisa digunakan untuk membuat Biggoron's Sword.

5. Hestu's Gift

7 Barang Paling Aneh dari Jagat The Legend of ZeldaHestu's Gift (ign.com)

Di Breath of the Wild (2017), pertemuan dengan Hestu akan memicu misi (tak wajib) mengumpulkan Korok Seed untuk memperluas penyimpanan Link. Di seluruh peta game, terdapat 900 Korok Seeds yang tersembunyi. Lalu, bagaimana jika Link mengumpulkan 900 Korok Seeds?

Link akan mendapatkan Hestu's Gift. Dari keterangannya dan setelah akrab dengan Korok Seed, kamu mungkin akan langsung tahu kalau "hadiah" ini adalah tinja berwarna emas dan berbau tak sedap dari Hestu. Pasti ada gunanya? Tidak juga. Jika kamu membawa "hadiah" ini ke Hestu, ia akan menari. Itu saja. Benar-benar menyebalkan!

6. Tingle Tuner

7 Barang Paling Aneh dari Jagat The Legend of ZeldaTingle Tuner (zelda.fandom.com)

Bukan rahasia kalau Nintendo menyematkan kameo konsolnya di berbagai judul game. Nah, salah satu kameo tersebut terlihat di The Wind Waker (2002), di mana Link terlihat bisa memainkan Tingle Tuner, sebuah alat yang mirip dengan Game Boy Advance. Untuk mengendalikannya, cukup sambungkan Game Boy Advance ke konsol GameCube.

Selain jadi kameo, Tingle Tuner memberikan berbagai keuntungan untuk Link. Selain bisa membeli item dengan harga lebih murah, Tingle Tuner bisa membuat Link terbang hingga melemparkan bom. Lucunya, di dunia purba khas The Legend of Zelda, agak aneh kalau ada Game Boy Advance.

7. Ooccoo

7 Barang Paling Aneh dari Jagat The Legend of ZeldaOoccoo dan Ooccoo Jr. (kindpng.com)

Siap mimpi buruk? Di Twilight Princess (2006), Link bisa bertemu dengan seekor burung berkepala manusia bernama Ooccoo. Bisa ditemukan bersembunyi di guci-guci penjara bawah tanah, Ooccoo cukup berguna untuk membawa Link keluar dari penjara bawah tanah yang rumit.

Nah, cek persediaanmu, akan ada Ooccoo Jr., anak Ooccoo. Lebih mengerikan lagi dari induknya, Ooccoo Jr. hanya berbentuk kepala yang mengambang di udara dengan sayap sebagai ganti telinga. Sulit membayangkan bagaimana Ooccoo Jr. tumbuh jadi Ooccoo. Tugas Ooccoo Jr. adalah membawa Link kembali ke penjara bawah tanah.

Itulah berbagai item aneh yang bisa ditemukan di jagat The Legend of Zelda. Dari item-item ini, mana yang menurutmu paling aneh?

Baca Juga: 7 Karakter Game Terkenal yang Tak Bisa Berenang, Yah!

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya