Comscore Tracker

Gak Cukup Sehari, 7 Game PS2 dengan Gameplay Paling Lama

Menguji dedikasi para pemainnya!

Saat kita kecil dulu, kita mungkin masih ingat dengan rental PlayStation yang menjamur, terutama PlayStation 2 (PS2). Sebagai konsol terlaris sepanjang sejarah, PS2 merilis judul-judul game yang telah mengisi masa lalu kita.

Dibandingkan dengan PS keluaran 1990an, hardware pada PS2 sudah diperbarui. Oleh karena itu, para pengembang game tidak segan-segan mengeluarkan game yang membutuhkan dedikasi dan waktu untuk ditamatkan. Melansir Gamerant, inilah 7 game yang membutuhkan waktu lebih dari sehari untuk ditamatkan!

7. Final Fantasy XII (61 jam)

Gak Cukup Sehari, 7 Game PS2 dengan Gameplay Paling LamaFinal Fantasy XII (wallpapers.fansshare.com)

Berbicara game dengan cerita rumit dan gameplay lama, Final Fantasy adalah salah satu yang muncul dalam benak. Game role playing (RPG) keluaran Square Enix ini membuat para gamer tenggelam dalam alur ceritanya. Nah, di PS2, kita mengenal Final Fantasy XII yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik.

Dirilis pada 2006, seri ke-12 Final Fantasy ini memasukkan beberapa fitur baru seperti sistem tarung yang mulus dan format open world. Memainkan 6 karakter, Final Fantasy XII berlatar di Ivalice, dan kamu ditugaskan untuk meruntuhkan tirani Kekaisaran Archadia.

6. Fate/stay night (61,5 jam)

Gak Cukup Sehari, 7 Game PS2 dengan Gameplay Paling LamaFate/stay night: Unlimited Blade Works (vignette.wikia.nocookie.net)

Awalnya dirilis di PC oleh Type-Moon pada 2004, Fate/stay night akhirnya tersedia untuk PS2 pada 2007. Game dengan format visual novel ini menyuguhkan tiga jalan cerita utama, yaitu Fate, Unlimited Blade Works, dan Heaven's Feel.

Fate/stay night kemudian menjadi awal popularitas seri ini di kalangan pencinta Jepang.  Selain diadaptasi ke manga dan animeFate/stay night juga dirilis ke dalam bentuk video game lintas platform, seperti Fate/Grand Order yang dirilis untuk smartphone.

5. Dragon Quest VIII: Journey of the Cursed King (62,5 jam)

Gak Cukup Sehari, 7 Game PS2 dengan Gameplay Paling LamaDragon Quest VIII: Journey of the Cursed King (wallpaperaccess.com)

Dragon Quest VIII: Journey of the Cursed King produksi Level-5 dirilis untuk PS2 pada 2004. Dipublikasikan oleh Square Enix, Dragon Quest VIII adalah game Dragon Quest pertama dengan desain karakter dan lingkungan dalam game full 3D dengan grafik cel-shaded yang revolusioner di masanya.

Game RPG ini menceritakan perjuangan empat petarung yang berjuang untuk mengalahkan penyihir jahat Dhoulmagus yang mengutuk kerajaan Trodain dan rakyatnya! Dragon Quest VIII dianggap sukses dan menjadi salah satu game PS2 yang paling cepat laris saat perilisannya.

Baca Juga: Ini 7 Game PS2 Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favoritmu?

4. Suikoden III (62,5 Hours)

Gak Cukup Sehari, 7 Game PS2 dengan Gameplay Paling LamaSuikoden III (polygon.com)

Game ke-3 dari seri SuikodenSuikoden III dirilis oleh Konami untuk PS2 pada 2002. Dari segi kronologi waktu, Suikoden III adalah seri terakhir dari Suikoden, karena seri setelahnya, Suikoden IV dan Suikoden V mengambil latar waktu sebelum yang ke-3.

Dipandang oleh hampir sebagian besar fans-nya sebagai salah satu seri Suikoden terbaik, Suikoden III adalah yang pertama dari seri tersebut yang dirilis secara 3D. Tentu saja, seperti Suikoden lain, game ini berdasarkan Trinity Sight System, sehingga cerita dilihat dari tiga perspektif utama yang berbeda-beda.

3. Shin Megami Tensei: Persona 4 (72,5 jam)

Gak Cukup Sehari, 7 Game PS2 dengan Gameplay Paling LamaPersona 4 (wallpaperaccess.com)

Shin Megami Tensei: Persona 4 adalah game RPG yang dirilis oleh Atlus untuk PS2 pada 2008. Bermain sebagai seorang pelajar yang baru pindah dari kota ke desa, kamu terlibat dalam menyelidiki pembunuhan misterius dan mampu memanfaatkan kekuatan memanggil Persona.

Dianggap sebagai salah satu game terbaik dari berbagai aspek di masanya, tidak aneh bagi seri Persona untuk dimainkan dalam waktu yang relatif lama. Bahkan, Persona 5 yang dirilis untuk PS3 dan PS4 pada 2016 saja memiliki panjang cerita hingga hampir 100 jam!

2. Gran Turismo 4 (76,5 jam)

Gak Cukup Sehari, 7 Game PS2 dengan Gameplay Paling LamaGran Turismo 4 (youtube.com)

Dirilis pada 2004 oleh Sony, Gran Turismo 4 adalah satu-satunya game non-RPG atau visual novel di daftar ini. Nah, berbeda dari game di daftar ini yang menawarkan plot, Gran Turismo 4 menawarkan 700 variasi mobil yang berlisensi resmi dan 51 lintasan untuk kamu jajal!

Gran Turismo 4 dipuji karena menunjukkan grafik game racing revolusioner di masanya dan menetapkan standar yang amat tinggi bagi game racing di kelasnya. Seri terlaris ke-3 dari Gran TurismoGran Turismo 4 tetaplah menjadi pujaan hati beberapa gamer racing old-school.

1. Shin Megami Tensei: Persona 3 (81,5 jam)

Gak Cukup Sehari, 7 Game PS2 dengan Gameplay Paling LamaSUWalls

Game PS2 dengan panjang cerita yang paling lama di daftar ini adalah Shin Megami Tensei: Persona 3. Dirilis pada 2006 oleh Atlus, kamu bermain sebagai murid dengan kekuatan memanggil Persona yang tergabung dalam Specialized Extracurricular Execution Squad (SEES) untuk menghadapi makhluk bernama Shadows saat Dark Hour.

Selain Persona, interaksi dan ikatan sosial antara kamu dan para karakter di sekolah membentuk Social Link yang amat penting saat bertarung selama Dark Hour. Menekankan aspek simulasi sosial, Persona 3 justru dikritik karena sistem tarung dan lingkungan dalam game-nya dinilai terlalu repetitif.

Itulah 7 game di PS2 yang membutuhkan waktu lama untuk ditamatkan. Butuh waktu lebih dari sehari untuk menamatkan game-game ini. Eits, tetapi jangan dipaksakan begadang hanya untuk menamatkan game, ya! Dari judul-judul ini, mana yang pernah kamu tamatkan?

Baca Juga: Berusia 20 Tahun, 5 Alasan Utama Kenapa PS2 Begitu Jaya di Masanya

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya