Comscore Tracker

10 Game Adaptasi Anime Terbaik, Tak Kalah Seru dari Serinya

Jalan ceritanya pun seru dan gak bikin bingung

Berbicara soal Jepang, tidak lengkap rasanya jika tak dihubungkan dengan anime atau manga. Bagaimana pun juga, anime dan manga adalah dua hal yang kerap dikaitkan dengan Jepang. Dari kecil hingga dewasa, kedua media hiburan dari Jepang tersebut terus menemani kita.

Tidak jarang, anime diadaptasi menjadi game. Namun, layaknya masalah adaptasi game dari film, sering kali, game tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi! Untungnya, beberapa game adaptasi anime tidak mengecewakan. Inilah 10 game hasil adaptasi anime terbaik menurut situs IGN!

10. Attack on Titan 2 (PS4, XBOX One, Nintendo Switch, PC, Stadia, dan PSVita), 2018—2019

https://www.youtube.com/embed/Yqe6wochMQs

Suka dengan Samurai Warriors atau Dynasty Warriors? Bayangkan lawan yang akan kamu hadapi adalah Titan dari jagat Shingeki no Kyojin atau Attack on Titan produksi Hajime Isayama. Itulah dasar dari Shingeki no Kyojin 2game hack-and-slash buatan Omega Force dan Koei Tecmo. Plotnya pun dapat dibagi menjadi dua:

  • Plot 1: diadaptasi dari chapter 1—50 (dua musim dari anime-nya)
  • Plot dari downloadable content (DLC) atau "The Final Battle": diadaptasi dari chapter 51—90 (musim ke-3 dari anime-nya)

Dibandingkan seri pertama, seri ke-2 game ini menjanjikan tingkat kesulitan yang menantang. Selain mode cerita yang bisa dimainkan bersama teman, salah satu fitur baru di Shingeki no Kyojin 2 ini adalah kamu dapat membuat karaktermu sendiri. Kamu bisa jadi protagonis baru yang membasmi para Titan, lo!

9. Bleach: Dark Souls (Nintendo DS), 2007—2009

https://www.youtube.com/embed/H9CjvM2g7sA

Siap untuk jadi shinigami lagi? Bleach: Dark Souls adalah game fighting ke-2 di Nintendo DS, adaptasi Bleach karya Tite Kubo. Plotnya diambil setelah pengkhianatan Aizen dari Soul Society, di mana Mod Soul malah berubah jadi Hollow dan tugasmu adalah menghentikan mereka!

Seperti Blade of Fate yang rilis pada 2006, kamu juga bisa bermain secara daring dengan mengandalkan koneksi Wi-Fi Nintendo DS. Senjata para karakter Bleach juga tetap mengacu pada seri dan mode bankai-nya pun tidak kalah spektakuler. Bahkan di layar DS yang kecil pun, Dark Souls tetaplah apik untuk dimainkan.

8. Jojo's Bizarre Adventure (Arcade dan Dreamcast), 1998

https://www.youtube.com/embed/TqKwmfHq4iw

Seperti anime-nya, Jojo's Bizarre Adventure adalah game fighting keluaran Capcom yang diadaptasi dari manga buatan Hirohiko Araki. Fakta menarik, tim yang mengerjakan game ini adalah tim yang juga mengerjakan Street Fighter IIIGame ini kemudian di-upgrade ke resolusi lebih tinggi di PS3 dan XBOX 360 pada 2012 

Plot yang diambil untuk game ini adalah dari Stardust Crusaders. Jadi, sebagai Jotaro Kujo dan Joseph Joestar, kamu akan menghadapi sang vampir Dio Brando dengan kekuatan Stand. Tentu saja, daya tarik dari game ini adalah kemampuan 22 karakter untuk mengaktifkan Stand-nya masing-masing!

7. Mobile Suit Gundam: Extreme Vs. Maxi Boost ON (PS4), 2020

https://www.youtube.com/embed/qqef_MICAvc

Sejak 2008, game Mobile Suit Gundam: Gundam vs. Gundam yang dirilis di PlayStation Portable (PSP) mengembalikan nostalgia dan antusiasme para pencinta mecha karya Yoshiyuki Tomino tersebut.

Dirilis pada 2020 untuk PS4, Mobile Suit Gundam: Extreme Vs. Maxi Boost ON buatan Namco Bandai Games juga tidak kalah seru! Seperti versi Gundam Versus terdahulu, game ini menampilkan pertarungan yang cepat dan menegangkan dengan format 2 lawan 2.

Berbeda dengan versi Arcade-nya yang dirilis 4 tahun sebelumnya, versi PS4 Maxi Boost ON menyediakan 183 variasi mobile suit dan dua mobile suit tambahan dari jagat Gundam untuk kamu kendalikan! Selain itu, berbagai mobile suit juga memiliki jurus pemungkas yang menakjubkan.

6. One Piece Pirate Warriors 4 (PS4, XBOX One, Nintendo Switch, dan PC), 2020

https://www.youtube.com/embed/y093U5Obaok

Bekerja sama dengan Bandai Namco Entertainment, Omega Force membawakan sentuhan hack-and-slash untuk anime One Piece karya Eiichiro Oda dengan One Piece Pirate Warriors 4. Dari segi plot, One Piece Pirate Warriors 4 mengambil latar di arc Wano melawan Kaido, tetapi dengan cerita yang sedikit dibelokkan.

Game ini menyediakan 43 karakter yang dapat dimainkan (jadi 52 dengan 9 karakter DLC) dengan jurus musou-nya yang super kuat! Meski sedikit berbeda dari alur cerita aslinya, setidaknya One Piece Pirate Warriors 4 menayangkan kembali momen istimewa petualangan kru "Topi Jerami" dari anime ke dalam game.

Baca Juga: 10 Game Terlaris Sepanjang Masa, Pernah Main?

5. Initial D Arcade Stage 8 Infinity (Arcade), 2014

https://www.youtube.com/embed/apuFeDJDm9k

Sesuai namanya, Initial D Stage 8 Infinity adalah seri ke-8 game balap produksi Sega yang diadaptasi dari seri Initial D karya Shuichi Shigeno. Diiringi dengan lagu genre Eurobeat, adrenalinmu pun terpacu saat melintasi sirkuit di game dengan mobil-mobil sport asli Jepang!

Di game ini, kamu dapat meningkatkan performa mobilmu dengan fitur Initial D Factory. Selain itu, fitur terbaru dari game ini adalah mode "1 Day, 1 Continue", yaitu dalam sehari kamu bisa melanjutkan satu kali main lagi tanpa harus memasukkan koin tambahan! Jadi, dengan 1 koin, kamu bisa main hingga 2 kali.

4. Astro Boy: Omega Factor (Game Boy Advance), 2003—2005

https://www.youtube.com/embed/eoPhbrNSd70

Siapa yang tidak kenal dengan robot menggemaskan dan kuat satu ini? Astro Boy: Omega Factor adalah game bertema beat 'em up buatan Treasure dan Hitmaker yang dipublikasikan oleh Sega dan diadaptasi dari seri android legendaris Astro Boy karya Osamu Tezuka.

Seluruh jalan cerita dan karakter dalam Omega Factor ini didasarkan pada jalan cerita asli Astro Boy dan beberapa karya menakjubkan lain dari Osamu Tezuka. Game ini menerima banyak pujian dan bahkan dinobatkan sebagai salah satu dari "1.001 Game yang Harus Dimainkan Sebelum Wafat"!

3. Jump Ultimate Stars (Nintendo DS), 2006

https://www.youtube.com/embed/enoYzJYzF8I

Sejak perilisan Jump Super Stars pada 2005, crossover karakter dari jagat Shonen Jump kerap ditunggu oleh para fans. Sebelum adanya Jump Force pada 2018, 12 tahun lalu, Ganbarion menjajal tema tersebut dengan merilis Jump Ultimate StarsGame fighting ini mengandung total 305 karakter dari 41 seri Shonen Jump!

Di game ini kamu dapat menyusun strip manga (koma) dan membuka mode super para karakter tarung dan meningkatkan kekuatan mereka setelah menghabisi lawan dan mengumpulkan gem. Selain itu, mode cerita di Jump Super Stars juga terus melengkapi koleksi karaktermu dan mode tarungnya membuat karakter lebih apik!

2. Naruto Ultimate Ninja Storm 4 (PS4, XBOX One, Nintendo Switch, dan PC), 2016

https://www.youtube.com/embed/SeBnDAD7mHE

Naruto Ultimate Ninja Storm 4 adalah game fighting ke-7 produksi CyberConnect2 dan Bandai Namco Entertainment, dan seri game terakhir yang diadaptasi dari seri Naruto oleh Masashi Kishimoto.

Plot game ini mencakup Perang Dunia Shinobi Ke-4 melawan Madara Uchiha dan Kaguya Otsutsuki, pertarungan terakhir Naruto Uzumaki kontra Sasuke Uchiha, hingga tambahan seri Boruto (DLC). Dari segi jumlah karakter, game ini memiliki 106 karakter, termasuk dari film Naruto dan Boruto.

Saat bertarung, kamu juga dapat membawa dua karakter lain untuk membantumu. Jika sesuai, maka jurus pamungkas yang ditunjukkan juga sesuai dengan adegan di seri aslinya. Dengan grafik dan pembawaan yang fantastis, game ini berhasil menutup perjalanan game sang Hokage ke-7 dengan manis.

1. Dragon Ball FighterZ (PS4, XBOX One, Nintendo Switch, dan PC)

https://www.youtube.com/embed/oBI0MU73nlc

Menempati tempat teratas di daftar ini, Dragon Ball FighterZ adalah game fighting 2.5D besutan Arc System Works dan Bandai Namco Entertainment. Diadaptasi dari seri buatan Akira Toriyama, game ini mengusung tampilan yang benar-benar identik dengan serinya, sehingga meningkatkan antusiasme para fans sejati Dragon Ball!

Secara total, Dragon Ball Fighter Z memiliki 43 karakter (termasuk DLC) yang bisa dimainkan. Di mode cerita, plot game ini menceritakan usaha Goku dan kawan-kawan mengalahkan Android 21. Selain sistem tarung kilat khas Dragon Ball berbekal Unreal Engine 4, kamu juga dapat merekrut dua karakter lain untuk bertarung 3 lawan 3!

Isi tingkat Ki, kamu pun bisa menggunakan Vanish Attack, teleportasi ke belakang lawan dan membuatnya kewalahan dengan segala kombinasi gerakan atau mengaktifkan Super Move. Bahkan, kamu dapat mengumpulkan 7 dragon ball saat bertarung untuk memanggil naga Shenron dan memberikanmu keuntungan saat bertarung!

Baca Juga: 7 Game Android Bertema Anime Terbaik untuk Kamu Para Wibu

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya