Comscore Tracker

7 Karakter Terkuat di Jagat Mortal Kombat, Fatality!

Scorpion dan Sub-Zero? Lewat!

Sejak dikembangkan oleh Midway Games pada 1992 hingga diadaptasi menjadi film pada 2021, Mortal Kombat atau MK sudah menjadi bagian dari masa kecil banyak orang. Selain ceritanya yang menarik dan berdarah-darah, para karakter MK dikaruniai kekuatan luar biasa untuk mengalahkan musuh.

Dari turnamen MK untuk mempertahankan Bumi dari invasi Outworld, bahkan cerita MK sudah dikembangkan hingga ke time travel! Oleh karena itu, bermunculan juga karakter-karakter yang bukan main kuatnya. Jika dibandingkan, inilah 7 karakter terkuat di jagat Mortal Kombat.

7. Shujinko

7 Karakter Terkuat di Jagat Mortal Kombat, Fatality!Shujinko mengalahkan Onaga di akhir cerita MK: Deception (polygon.com)

Muncul pertama kali di MK: Deception (2004), Shujinko adalah tokoh utama dalam mode Konquest. Setelah ditipu oleh Damashi, Shujinko telah melakukan berbagai hal jahat yang membangkitkan Onaga, penguasa Outworld sebelum Shao Kahn. Di usia senjanya, Shujinko bertekad untuk membunuh Onaga.

Dalam menjalankan "misinya" mengumpulkan enam Kamidogu, Shujinko mendapatkan kekuatan dari Damashi/Onaga untuk meniru gaya tarung musuh. Di akhir cerita, Shujinko berhasil mengalahkan Onaga dengan menghancurkan Kamidogu.

Sayangnya, jika kamu sudah melihat ending Raiden, sang Dewa Petir akan membunuh Shujinko sebagai hukuman atas perbuatan jahatnya. Kalau di MK X (2015), Cassie Cage lah yang akan membunuh Shujinko atas perintah Raiden.

6. Blaze

7 Karakter Terkuat di Jagat Mortal Kombat, Fatality!Blaze (pinterest.com)

Sebagai bos terakhir di MK: Armageddon (2006), Blaze sempat muncul sebagai karakter figuran di MK II (1993) dan karakter rahasia di MK: Deadly Alliance (2002). Fakta bahwa karakter-karakter MK harus mengalahkan satu sama lain hanya untuk berhadapan dengan Blaze sudah merupakan "penekanan" seberapa kuat Blaze!

Barang siapa dapat mengalahkan Blaze, ia akan dikaruniai kekuatan dahsyat! Sayangnya, yang mengalahkannya bukanlah Taven, melainkan Shao Kahn. Cukup licik, Taven melemahkan Blaze, dan Shao Kahn yang "nyampah" dan membunuh Blaze. Hasilnya? Timeline Mortal Kombat (2011) yang di-retcon.

5. Shao Kahn

7 Karakter Terkuat di Jagat Mortal Kombat, Fatality!Shao Kahn (wallpaperaccess.com)

Muncul pertama kali di MK II sebagai bos terakhir, Shao Kahn bukanlah antagonis asing di dunia Mortal Kombat. Sebagai penguasa Outworld, Shao Kahn memiliki kekuatan dahsyat dan diketahui telah membunuh berbagai petarung tangguh. Sayangnya, Kahn sempat tumbang oleh Liu Kang, Raiden, bahkan Kitana serta Shang Tsung.

Jika ingin melihat kekuatan Shao Kahn, maka kita harus melihat MK: Armageddon. Setelah mengalahkan petarung MK lain dan sampai di piramida Blaze, Kahn malah dibawa pergi oleh Onaga. Akhir dari sang Kahn? Ternyata, di akhir cerita, Blaze malah dikalahkan oleh Shao Kahn (meskipun curang).

Dengan kekuatan Blaze, ambisi Shao Kahn menguasai seluruh realm semakin dekat. Semuanya runyam saat Raiden berhasil menggunakan kekuatannya untuk menjelajahi waktu dan memperingatkan dirinya di masa lalu! Di MK 11, Shang Tsung-lah yang akhirnya membunuh Shao Kahn dan istrinya, Sindel, setelah mengambil mahkota Kronika.

Baca Juga: Diadaptasi Lagi Jadi Film, 10 Fakta Unik Seri Game Mortal Kombat

4. Kronika

7 Karakter Terkuat di Jagat Mortal Kombat, Fatality!Kronika (mortalkombatwarehouse.com)

Di jagat Mortal Kombat, kita selama ini tahu kalau Elder Gods adalah makhluk kasta tertinggi. Namun, di MK 11, ternyata ada makhluk bernama Titan yang lebih berkuasa! Sebagai bos terakhir, Kronika adalah salah satu Titan yang juga sebagai Penguasa Waktu atau Keeper of Time.

Bisa mengendalikan waktu sesuka hati, Kronika seharusnya bukanlah lawan yang mudah. Sayangnya, Raiden adalah kelemahan utama Kronika. Tak ada timeline yang Kronika ciptakan tanpa sang Dewa Petir. Jadi, Liu Kang menggabungkan kekuatan dengan Raiden sebagai Fire God, dan Kronika pun dimusnahkan!

3. Liu Kang

7 Karakter Terkuat di Jagat Mortal Kombat, Fatality!Fire God Liu Kang (looper.com)

Sebagai karakter utama Mortal Kombat, bukan kejutan melihat Liu Kang memiliki kekuatan dan ketangkasan lebih dari karakter lain. Bahkan, selama 4 seri pertama MK, Liu Kang menjadi jawara Earthrealm dengan menghabisi Shang Tsung, Shao Kahn, hingga Shinnok.

Untuk menghabisi Liu Kang, Shang Tsung butuh bekerja sama dengan Quan Chi. Lalu, Liu Kang juga wafat di tangan Raiden. Malah, setelah memainkan MK 11, kita baru tahu kalau di timeline mana pun, Liu Kang dibuat harus saling bertarung dengan Raiden, sebuah siklus yang akhirnya dihancurkan pada game tersebut.

Dua Liu Kang dari dua timeline berbeda kemudian bergabung menjadi satu, dan Raiden memberikan kekuatannya. Hasilnya, Liu Kang menjadi Fire God dengan elemen api dan listrik. Dengan titelnya yang baru, Liu Kang menghabisi Kronika dan menjadi Keeper of Time yang baru!

2. Shang Tsung

7 Karakter Terkuat di Jagat Mortal Kombat, Fatality!Shang Tsung (microsoft.com)

Muncul sebagai bos terakhir di Mortal Kombat pertama, Shang Tsung berhasil menjadi salah satu antagonis paling memorable di jagat Mortal Kombat. Shang Tsung juga muncul di MK 11, tepatnya di DLC-nya, Aftermath.

Singkat cerita, Liu Kang ternyata tidak sanggup mengenakan mahkota Kronika terlalu lama dan seluruh timeline terancam hancur! Shang Tsung muncul dan mengaku sebagai pencipta mahkota Kronika, sehingga hanya ialah yang bisa memakainya tanpa lelah. Liu Kang pun terpaksa percaya dan mengikuti permainan Shang Tsung.

Namun, ternyata Shang Tsung tetaplah Shang Tsung. Setelah menyerap jiwa Kronika, Shao Kahn, dan Sindel, ia menggunakan mahkota Kronika sebagai Keeper of Time untuk menciptakan timeline-nya sendiri. Tentu saja, Liu Kang datang menghadang dengan kekuatan Fire God-nya!

7 Karakter Terkuat di Jagat Mortal Kombat, Fatality!Fire God Liu Kang dan Shang Tsung di MK 11: Aftermath. (youtube.com)

Jika dibandingkan, sebenarnya Liu Kang dan Shang Tsung hampir setara. Kenapa? Sebelum bertarung, kamu bebas memilih Liu Kang atau Shang Tsung. Pilihanmu menentukan ending!

Jika kamu memilih Shang Tsung, sudah pasti kamu akan menang. Sang Penyihir kemudian menyerap jiwa Liu Kang. Dengan kekuatan dahsyatnya, Shang Tsung meraih asanya menciptakan timeline idealnya sendiri dan memperbudak Raiden serta Fujin untuk menaklukkan seluruh realm.

Kalau kamu memilih Liu Kang, kamu juga akan mengalahkan Shang Tsung. Dengan kekuatan Hourglass, Shang Tsung pun berubah jadi debu dan Liu Kang melanjutkan proses pembentukan timeline baru. Di timeline baru, Liu Kang lah yang mengutus Kung Lao Agung (leluhur Kung Lao masa kini) sebagai jawara Earthrealm.

Jadi, untuk saat ini, pertarungan antara Liu Kang dan Shang Tsung masih... IMBANG.

1. One Being

7 Karakter Terkuat di Jagat Mortal Kombat, Fatality!Shinnok membangkitkan One Being di MK X. (mortalkombat.fandom.com)

Tidak ditunjukkan sebagai karakter spesifik, One Being adalah dewa tertinggi di jagat Mortal KombatOne Being adalah pencipta dari segala realm. Menyantap inti sari para Elder GodsOne Being amat mahakuasa sebelum dikalahkan oleh Elder Gods dan dipecah menjadi enam Kamidogu.

Konon, Shao Kahn dan Onaga adalah perwujudan dari One Being dalam menyatukan seluruh realm untuk membangkitkannya. Shao Kahn sempat hampir berhasil di MK 3 (1995) sebelum digagalkan oleh intervensi Elder Gods.

Bahkan, One Being juga konon memengaruhi Shinnok agar mau menjalankan kehendaknya setelah Shao Kahn dan Onaga gagal. Saat sang bekas Elder God berhasil, maka One Being pun terbangkitkan di ending Shinnok lalu menghancurkan seluruh alam semesta dan membunuh seluruh Elder Gods.

Itulah beberapa karakter dalam jagat Mortal Kombat yang bisa dianggap paling kuat di antara semuanya. Dari karakter-karakter yang disebutkan, mana yang kamu harapkan akan muncul di film Mortal Kombat selanjutnya?

Baca Juga: Terlupakan, 10 Karakter Terburuk dan Terlemah di Mortal Kombat

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya