Comscore Tracker

Dor! 8 Senapan Terkuat di Jagat Video Game

Tumpas musuh sekali tembak

Sejak Wolfenstein 3D dirilis pada 1992, video game tembak-tembakan berbasis first person shooter (FPS) mulai diminati kalangan gamer. Hingga saat ini, sudah banyak judul game FPS yang dirilis di berbagai platform. Berbekal senapan sebagai senjata utama, kamu bisa membantai musuh layaknya angkatan bersenjata!

Dengan perkembangan game FPS, selain cerita dan latar yang beragam, senapan pun dibuat beragam pula. Perhatikan deh, seiring waktu, senjata yang digunakan karakter utama pun dibuat dengan daya hancur yang semakin besar juga! Kalau kamu penasaran, inilah 8 senapan yang dikenal karena daya serangnya di jagat video game!

8. Golden Gun (Goldeneye 007 - 1997)

Dor! 8 Senapan Terkuat di Jagat Video Gamegolden gun di Goldeneye 007 (screenrant.com)

Diadaptasi film GoldenEye (1995), Goldeyneye 007 di Nintendo 64 terkenal bukan hanya sebagai game James Bond, melainkan juga karena pistolnya, Golden Gun. Sesuai namanya, pistol ini dilapisi emas. Jangan anggap remeh! Meskipun tidak sebesar senapan lain di daftar ini, Golden Gun tidak kalah mematikan.

Pertama kali muncul secara naratif di novel The Man with the Golden Gun (1965) karya Ian Fleming, Golden Gun digambarkan sebagai revolver 45 kaliber yang dimiliki oleh Fracisco Scaramanga. Peluru Golden Gun dilumuri bisa ular sehingga bisa membunuh sekali tembak! Karena populer, Golden Gun kerap muncul di game James Bond.

7. Spread Gun (Contra - 1987)

Dor! 8 Senapan Terkuat di Jagat Video Gamespread gun di Contra (destructoid.com)

Dirilis oleh Konami, Contra bukan game FPS, melainkan run-and-gun terkenal di platform NES dan arcade. Terkenal sulit, Contra menawarkan berbagai senjata untuk membantumu menyelamatkan umat manusia. Salah satu senjata favorit yang dapat kamu gunakan adalah Spread Gun.

Sesuai namanya, Spread Gun adalah senapan yang memiliki jangkauan tak terbatas. Jadi, kamu tak perlu membidik atau mendekati musuh. Tinggal tembak, dan musuh-musuh di depanmu akan musnah! Spread Gun dapat ditemukan hampir di seluruh seri Contra.

6. 'Merica (Saints Row IV - 2013)

Dor! 8 Senapan Terkuat di Jagat Video Game'Merica di Saints Row IV (criticalhit.net)

Satu senjata berisi lebih dari satu senapan dan satu pisau besar? Bisa! Dengan pre-order dan memainkan downloadable content (DLC) Commander-in-Chief di game Saints Row IV, kamu bisa mendapatkan 'Merica. Dengan 'Merica, jangan takut untuk kehabisan senjata. 'Merica digambarkan terdiri dari gabungan:

  • Senapan mesin ringan (LMG)
  • Pistol mitraliur (SMG)
  • Senapan gentel/shotgun
  • Heavy pistol
  • Minigun
  • Rocket launcher
  • Pelontar api/flamethrower
  • Pisau tempur besar

Sekali tebak, senjata 1-6 langsung meluncurkan serangan bersamaan. Musuh apa pun langsung rata dengan tanah!

5. BFG (Doom - 1993)

Dor! 8 Senapan Terkuat di Jagat Video GameBFG-9000 di Doom (youtube.com/RandomlyCylent)

Saat id Software merilis Doom pada 1993, para gamer pun disuguhkan dengan sebuah senapan pemungkas bernama BFG-9000. Saking populernya, BFG sampai muncul di seluruh seri Doom dan beberapa seri video game Quake. Seberapa kuat BFG?

Sesuai namanya, BFG (Big F**king Gun) adalah senapan futuristik yang besar. Dikatakan sebagai senjata terkuat di jagat Doom, BFG dapat diisi dan dengan sekali menekan pelatuk, musuh di sekelilingmu hanya tinggal nama! Tetapi, jangan diisi terlalu lama, atau BFG akan meledak dan malah membunuhmu.

Baca Juga: Awas Iri, 7 Pasangan Paling Mesra dalam Sejarah Video Game

4. Fat Man (Fallout 3 - 2008)

Dor! 8 Senapan Terkuat di Jagat Video GameFatman di Fallout 3 (fallout.fandom.com)

Mengingat latar game ini adalah dunia pasca perang nuklir, melihat senapan penembak nuklir di Fallout bukanlah hal yang aneh. Salah satunya adalah rocket launcher M-42 yang bertajuk Fat Man. Betul, nama Fat Man merujuk pada salah satu bom nuklir yang dijatuhkan AS ke Nagasaki pada 9 Agustus 1945!

Roket yang diluncurkan Fat Man mengandung sedikit uranium yang cukup meratakan satu kota kecil! Bahkan, setelah meledak, orang-orang di radius tertentu akan merasakan radiasi dan panasnya.

Tidak cukup? Fat Man memiliki versi lain di game yang sama, yaitu MIRV. Bukan satu, MIRV menembakkan delapan roket nuklir sekali tembak! Kira-kira berapa musuh yang bisa kamu basmi sekali tembak dengan M-42 atau MIRV? Ya, di masa Fallout, sah-sah saja! Baik M-42 dan MIRV dapat kamu tembakkan di Fallout 76 (2018).

3. Portal Gun (Portal - 2007)

Dor! 8 Senapan Terkuat di Jagat Video GamePortal Gun di Portal (half-life.fandom.com)

Senapan satu ini bukan digunakan untuk membasmi musuh atau nyawa. Di game Portal produksi Valve, kamu akan dibekali dengan senjata bernama Aperture Science Handheld Portal Device atau Portal Gun. Sesuai namanya, dengan senjata ini kamu bisa membuat "portal" untuk berpindah tempat atau mengalahkan musuh.

Dengan menembakkan portal masuk di satu titik dan portal keluar di titik lain, kamu bisa bergerak menuju tempat-tempat yang susah ditempuh tanpa susah payah. Menghabisi musuh? Bisa saja, yang penting kamu mengerti cara pakai Portal Gun dan strateginya. Bukan cuma Portal, senjata ini juga muncul di Half-Life 2 (2004) hingga Lego: Dimensions (2015)!

2. Gravity Gun (Half-Life 2 - 2004)

Dor! 8 Senapan Terkuat di Jagat Video GameAlyx Vance memperkenalkan Gravity Gun pada Gordon Freeman. (half-life.fandom.com)

Portal Gun tidak terlalu memuaskan untukmu? Baik, coba gunakan Gravity Gun dari Half-Life 2 karya Valve. Senjata ini menjadi salah satu ciri khas Gordon Freeman. Dengan nama lengkap Zero Point Energy Field ManipulatorGravity Gun membuatmu bisa menggerakkan benda mati tanpa menyentuhnya.

Awalnya, benda hidup dan kebanyakan benda berbahan organik tidak dapat diangkat dengan Gravity Gun. Tetapi, menjelang misi akhir Half-Life 2, toh tetap diangkat saja oleh senapan ajaib satu ini! Dengan kemampuan tersebut, tidak perlu diragukan kalau Gravity Gun adalah salah satu senjata paling mematikan di daftar ini!

1. Cerebral Bore (Turok 2: Seeds of Evil - 1998)

Dor! 8 Senapan Terkuat di Jagat Video GameCerebral Bore di Turok: Rage Wars (turok.fandom.com)

Titel senjata paling mematikan di jagat video game jatuh pada Cerebral Bore dari game FPS Turok 2: Seeds of Evil. Senjata ini mendeteksi gelombang otak musuh, dan setelah mengunci target, kamu dapat menembakkan peluru yang berupa alat bor yang akan mengejar kepala musuh, melubanginya hingga mencapai otak, lalu meledak!

Kurang spektakuler apa!? Hanya saja, Cerebral Bore terkesan lamban dan sulit digunakan terhadap musuh-musuh tertentu, seperti yang tidak memiliki gelombang otak, berukuran kecil, atau yang bergerak terlalu cepat hingga susah dikunci. Namun, jika sudah terkunci, dijamin, Cerebral Bore bukan main sadisnya!

Itulah beberapa senapan dalam video game dijamin ampuh dan daya hancurnya benar-benar memuaskan para gamer di masanya. Dari 8 senjata yang disebutkan ini, mana yang pernah kamu gunakan saat bermain?

Baca Juga: Tak Cuma Imajinasi, 8 Game Ini Terinspirasi Kisah Nyata

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya