Comscore Tracker

Sehat dan Seru, 7 Game Olahraga Terbaik untuk Android

Sehat dengan bermain game? Bisa!

Salah satu komponen dari pola hidup sehat adalah kebiasaan rutin berolahraga. Kebanyakan dari kita menggebu-gebu saat beberapa hari pertama berolahraga. Namun, lama kelamaan, kita sadar kalau olahraga ternyata cukup membosankan. Kalau menyerah, motivasinya sudah dikembalikan, deh!

Nah, salah satu cara mengakalinya adalah dengan menggabungkannya dengan game. Akhir-akhir ini, banyak game yang tersedia di platform Android yang memacumu untuk berolahraga sambil nge-game. Apa saja? Inilah 7 aplikasi game olahraga seru dan menyehatkan di Android. Cocok untuk segala usia!

1. Burn Your Fat with Me

https://www.youtube.com/embed/LdOZ8vXvxjA

Menggabungkan dating simulator dengan aspek olahraga? Tentu saja, bisa! Kombinasi unik ini dapat kamu temukan di game Burn Your Fat with Me, produksi perusahaan game indie Jepang, Creative Freaks. Ditemani cewek-cewek moe, dijamin makin semangat berolahraga!

Di game ini, kamu akan membakar lemak sambil menjalin cerita cinta. Kamu diharuskan melakukan teknik-teknik seperti sit-up untuk melanjutkan cerita. Tenang saja, cewek-cewek ini akan membantumu menghitung dan menyemangatimu! Untuk kaum Hawa, Burn Your Fat with Me juga ada versi cowoknya, Burn Your Fat with Me FG

Burn Your Fat with Me memiliki 20 episode untuk kamu ikuti. Namun, kamu hanya akan menerima 8 episode dan terbatas pada sit-up saja. Ingin tahu kelanjutan dan gerakan olahraga lain seperti squat dan push-up? Kamu diharuskan menggelontorkan sedikit dana.

2. Fitness RPG

https://www.youtube.com/embed/D2ijWvcKn2Q

Seperti namanya, Fitness RPG dari Shikudo adalah game gacha RPG seperti pada umumnya. Kamu akan mendapatkan gameplay berbasis giliran atau turn-based, berbagai pahlawan untuk dimainkan, online PvP, dan cerita yang menarik.

Game ini memiliki sistem energi untuk membatasimu bermain. Nah, batasan tersebut dapat kamu dobrak dengan joging! Game akan "menghadiahkan" energi gratis untukmu bermain. Selain itu, kamu juga bisa menghubungkan aplikasi kesehatan seperti Google Fit atau Fitbit untuk menghitung langkah.

3. Pokemon GO

https://www.youtube.com/embed/jM7tqHHJoeY

Dirilis pada 2016 oleh Niantic yang berkolaborasi dengan Nintendo, Pokemon GO adalah game yang dapat "mengubahmu" jadi Ash Ketchum/Satoshi. Saking populernya, game ini telah di-download lebih dari 1 miliar kali di awal 2019 dan menerima banyak penghargaan.

Berbasis realitas tertambah (AR), Pokemon GO membawamu berjalan keluar rumah, mencari Poke Stop, menangkap Pokemon, dan bertarung dengan player lain di Gym Battle. Dengan Pokemon GO, kamu tidak mungkin diam saja di rumah karena beberapa Pokemon (bahkan yang langka) harus kamu dapatkan di tempat-tempat tertentu!

Baca Juga: 7 Escape Game Gratis Terbaik di Android, Mengobati Bosan

4. Walkr: Fitness Space Adventure

https://www.youtube.com/embed/OkfvUPQcvfw

Menggabungkan aspek adventure dan olahraga, game Walkr produksi Fourdesire asal Taiwan ini mewajibkan para pemainnya untuk joging, sementara game akan melacak jumlah langkahmu sebagai "bahan bakar" untuk perjalanan roket ke planet-planet virtual!

Bertemakan science fictionWalkr menawarkan 50 planet untuk dijelajahi, berbagai misi untuk dituntaskan bersama makhluk-makhluk menggemaskan, dan goal agar kamu bisa berjalan 10.000 langkah/hari! Selain langkah, Walkr juga mencatatkan kalori yang telah kamu bakar.

5. Wokamon

https://www.youtube.com/embed/EEABMTUL6q4

Selain Fitness RPG, Shikudo juga menawarkan game sehat lain. Wokamon adalah game olahraga yang juga menggabungkan aspek Tamagotchi. Game ini juga dapat dikoneksikan dengan aplikasi kesehatan seperti Google Fit dan FitBit.

Tentu, selain gameplay yang bikin ketagihan, Wokamon juga menawarkan olahraga sebagai salah satu fitur utama. Bayangkan, dengan berjalan, kamu dapat menyelamatkan Planet Laya!

Setiap langkah yang kamu tempuh adalah energi bagi Wokamon. Energi tersebut digunakan untuk menyelamatkan Planet Laya. Jika kamu adalah seorang introver, Wokamon menawarkan interaksi pemain yang minim, dan berorientasi single player.

6. Zombies, Run!

https://www.youtube.com/embed/xlRgBvYFxTo

Ingin tahu rasanya lari dikejar zombi? Mainkan game Zombies, Run! dari Six to Start. Tentu saja, kamu tak bisa membunuh zombi-zombi tersebut. Satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan adalah mengambil langkah lebih dari 1.000! Zombies, Run! menawarkan lebih dari 300 misi cerita untuk kamu selesaikan.

Dari lari di komplek perumahan hingga di treadmill, rutinitas joging dan maraton jadi tidak membosankan. Jika kamu berhasil memenuhi target, kamu juga bisa membangun "komunitas" sendiri agar tetap bertahan dari serangan zombi. Zombie, Run! dapat kamu sambungkan dengan smartwatch dengan Wear OS.

7. Zwift

https://www.youtube.com/embed/I26q-qvobRg

Kamu punya sepeda statis di rumah? Atau, kamu suka memakai sepeda statis di tempat gym? Agar tidak membosankan, cobalah masuk ke Zwift dan balapan dengan pemain-pemain lainnya! Tahu-tahu, kamu sudah merasa seperti Lance Armstrong di Tour de France.

Selain itu, Zwift menawarkan lebih dari 1.000 latihan dan program bersepeda terstruktur, mini-game, dan lebih dari 200 event per hari. Game ini juga menawarkan pengalaman bersepeda dengan pemandangan pedesaan atau gunung yang asri.

Perlu diingat, untuk menggunakan Zwift, selain sepeda statis, kamu juga harus memiliki alat tambahan seperti sensor kecepatan dan cadence yang disambungkan ke smartphone agar perhitungan akurat. Pastikan sensor yang kamu beli sesuai dengan Zwift.

Itulah beberapa game menyenangkan yang menggabungkan aspek kesehatan dan cocok untuk segala usia. Dengan begitu, olahraga jadi tidak membosankan. Namun, berhati-hati saat menggunakan aplikasi ini di luar rumah agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Selamat bermain dan salam olahraga!

Baca Juga: 7 Game Android Terbaik yang Bisa Dimainkan dengan Gamepad

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya