Comscore Tracker

Nostalgia, 6 Karakter Ini Erat dengan Citra PlayStation

Pengabdi PlayStation sejati pasti kenal mereka

Tidak perlu diragukan lagi, konsol gaming asal Jepang, PlayStation, adalah benda legendaris yang telah menemani anak-anak 90an. Bersaing dengan Nintendo saat itu, akhirnya PlayStation mengeluarkan PlayStation 2 (PS2).

Siapa yang sangka, PS2 ternyata menjadi konsol terlaris sepanjang masa! Guinness World Records mencatat bahwa setidaknya 156,78 juta orang di dunia pernah atau bahkan masih memiliki PS2. Nintendo hanya bisa mencatatkan rekor tersebut dengan Nintendo DS, itu pun di bawah PS2 dengan 154,90 juta.

Sejak saat itu, dunia sudah menganggap PlayStation sebagai "kiblat" gaming dunia. Dunia terus menantikan inovasi dan konsol baru dari perusahaan hiburan besutan Sony tersebut. Mulai dari PS1 hingga PS4, dunia cinta PlayStation.

Oleh karena itu, tidak heran jika para pencinta konsol di dunia amat lekat dengan beberapa karakter ikonik yang lekat dengan citra PlayStation. Sambil menunggu rilisnya PS5 dan merayakan ulang tahun PS2 pada 4 Maret lalu, inilah karakter-karakter yang erat dengan citra PlayStation.

1. Crash Bandicoot

Nostalgia, 6 Karakter Ini Erat dengan Citra PlayStationwww.deviantart.com

Siapa yang tidak kenal karakter gim balap yang satu ini? Ya, tidak lain dan tidak bukan, dia adalah Crash Bandicoot, seekor bandikut atau tikus babi yang suka memakan buah Wumpa dan mengenakan topeng Aku Aku.

Ingatkah pekik kesakitan Crash?

"Uwaw!"

Meskipun banyak orang mengenal Crash Bandicoot melalui gim balap Crash Team Racing (CTR) yang rilis pada 1999, sebenarnya, Crash sudah muncul untuk pertama kalinya dalam gim stand alone-nya, "Crash Bandicoot", yang rilis pada 1996 besutan Naughty Dog, pengembang gim yang saat ini terkenal karena seri "The Last of Us" dan "Uncharted".

Namun dikarenakan proyek yang menggunung, Naughty Dog untuk sementara "meninggalkan" Crash untuk berfokus pada proyek besarnya yang lain.

Tidak heran jika penggemar PlayStation pada era 90an menganggap Crash sebagai salah satu ikon legendaris PlayStation. Sampai zaman PS4 pun, Sony seolah-olah tidak ingin melupakan Crash dengan merilis remake CTR 1999, bertajuk "CTR Nitro Fueled" pada Juni 2019 lalu.

Gim Crash Bandicoot yang pertama menjadi gim terlaris PlayStation ke-7 dengan raupan 6.8 juta unit! Kalau digabungkan, seluruh 18 gim Crash Bandicoot mencatat total penjualan lebih dari 40 juta unit secara global.

Nostalgia, 6 Karakter Ini Erat dengan Citra PlayStationfunstockretro.co.uk

Fun fact: Tahukah kamu, sebenarnya Crash Bandicoot dirancang menyerupai seekor wombat? Namanya pun sebenarnya "Willy the Wombat".

2. Solid Snake

Nostalgia, 6 Karakter Ini Erat dengan Citra PlayStationmspoweruser.com

Karakter yang satu ini terkenal suka sembunyi di dalam kardus. Ya, betul, karakter paling notable berikutnya dari PlayStation adalah Solid Snake dari Metal Gear Solid.

"Snake? SNAKE!"

Oh, itu adalah catchphrase "Game Over" di Metal Gear Solid.

Umur Solid Snake bahkan lebih tua dari PS1. Karakter ini muncul pada 1987 melalui platform MSX2 dan sempat hijrah untuk sementara waktu ke Nintendo Entertainment System (NES).

Pada 1998, Solid Snake kemudian kembali ke pelukan PlayStation dalam gim "Metal Gear Solid". Justru, di sinilah awal mula kemasyhuran Solid Snake. Gim Metal Gear Solid mendulang keuntungan besar, bahkan Zhang Purnama Hideo Kojima yang saat itu masih di Konami sampai terkejut!

Solid Snake memikat begitu banyak orang, sehingga karakter tersebut tidak hanya diadaptasi dalam gim, melainkan pada media lainnya.

Dunia menganggap Metal Gear Solid sebagai video gim pertama yang mengusung tema stealth, di mana kamu harus mengendap-endap untuk menaklukkan musuh. Per September 2019, sebanyak 55 juta kopi gim dari seri Metal Gear terjual di seluruh dunia

Dari matanya lengkap hingga tinggal satu, Solid Snake semakin menua seiring dengan perkembangan gim Metal Gear Solid dan PlayStation.

Nostalgia, 6 Karakter Ini Erat dengan Citra PlayStationgifimage.net

Fun fact: Solid Snake ternyata terinspirasi dari tiga karakter:

  • Snake Plissken, karakter yang dimainkan oleh Kurt Russell,
  • Jean Claude van Damme (bodi), dan
  • Christopher Walken (wajah).

"Hideo Kojima approved!"

3. Joel & Ellie

Nostalgia, 6 Karakter Ini Erat dengan Citra PlayStationhttps://cdn.vox-cdn.com

Yang satu ini pendatang baru di dunia PlayStation, namun sudah memberikan pengaruh, secara emosional, kepada para penggemarnya. Mari kita sambut, Joel & Ellie dari "The Last of Us".

Melalui gim PS3 yang dirilis pada 2013, dunia diperkenalkan kepada dua karakter ikonik ini. Pada awalnya, Joel dan Ellie saling tidak memedulikan satu sama lain. Yang Ellie tahu, dunia telah dipenuhi oleh Cordyceps, dan hanya ialah yang kebal. Sementara, yang Joel tahu, Ellie hanyalah sebuah "misi" yang harus dilindungi.

Bersama-sama, Joel dan Ellie berjuang melewati Amerika Serikat di ambang kehancuran. Lantas, apa yang membuat Joel dan Ellie begitu memorable?

Perkembangan karakter Joel dan Ellie sepanjang jalan cerita membuat penggemar jatuh cinta pada dua karakter yang sudah bagaikan ayah dan anak tersebut. [SPOILER ALERT] Apalagi saat Joel memilih untuk membebaskan Ellie dari prosedur operasi Fireflies dan membunuh Marlene, ternyata Joel peduli pada Ellie.

Apalagi dengan ending-nya yang membuat para gamers bertanya-tanya, hubungan Ellie dan Joel akan ditelusuri semakin dalam pada sekuelnya pada Mei 2019 mendatang.

"Are you ready, baby girl?"

Nostalgia, 6 Karakter Ini Erat dengan Citra PlayStationkotaku.com

Fun fact: Meskipun sudah direvisi, penampilan Ellie pada "The Last of Us" dikatakan sangat mirip dengan aktris Amerika Serikat, Ellen Page. Kenyataannya, Ellen tidak pernah diminta untuk dijadikan model untuk Ellie.

Saking miripnya, Ellen Page menuduh Naughty Dog meniru ciri fisiknya tanpa seizinnya. Saat diwawancara oleh Reddit dalam sesi "Ask Me Anything", Ellen Page menjawab ketus soal Ellie.

"Ya, mungkin saya harus merasa tersanjung karena mereka (Naughty Dog) benar-benar menjiplak wajah saya. Padahal, saya benar-benar ada di video gim berjudul 'Beyond Two Souls'. Jadinya, gim tersebut tidak diapresiasi," ujar Ellen.

Para penggemar Ellie menuduh Ellen hanya salty bahwa gim yang ia lakoni, "Beyond Two Souls", kalah pamor dibandingkan The Last of Us.

"Boooooooo!"

Berikut kemiripan Ellen Page dalam Beyond Two Souls dengan Ellie dalam The Last of Us jika dibandingkan dari segi grafik. Bagaimana? Mirip, kan?

Nostalgia, 6 Karakter Ini Erat dengan Citra PlayStationgameranx.com

Baca Juga: 9 Game PlayStation Classic Ini Pasti Gak Pernah Kamu Mainkan Dulunya!

4. Kratos

Nostalgia, 6 Karakter Ini Erat dengan Citra PlayStationwww.gamepur.com

Dari Yunani hingga Norwegia, karakter demigod satu ini adalah salah satu wajah PlayStation di dekade ini. Tidak lain dan tidak bukan, ia adalah Kratos, sang "Ghost of Sparta", dari seri God of War.

Mengapa Kratos bisa menaklukkan hati para penggemarnya? Karena kisahnya yang memilukan dan perkembangan karakternya yang menyentuh hati.

Seperti namanya, pria kelahiran Sparta ini menjadi Dewa Perang (God of War I) setelah menaklukkan Ares (Dewa Perang Yunani asli) pada God of War 1. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh Ares yang memperdaya Kratos untuk membantai istri dan putrinya.

Kratos pun dijuluki "Ghost of Sparta" karena kutukan warna putih kulitnya yang merupakan abu dari istri dan putrinya.

Setelah ditipu oleh ayahnya sekaligus Raja Dewa Olimpus, Zeus, Kratos bersumpah untuk menaklukkan Olimpus di bawah kakinya.

Para gamers disuguhkan pada berbagai adegan kekerasan yang menantang moral saat Kratos mengayunkan "Blade of Athena" untuk menghabisi apapun yang menghalanginya dan menghancurkan Olimpus.

"BOY!"

Kemudian, kita disuguhkan perjalanan Kratos, yang sudah kenyang makan asam garam dunia dan dihantui oleh rasa bersalahnya pada dewa-dewi Yunani, bersama putranya dari seorang raksasa Jotun, Atreus, pada God of War yang rilis pada 2018. Saat itu, Kratos menjadi lebih bijaksana dalam membimbing Atreus agar tidak sepertinya.

Butuh lima tahun untuk membangkitkan God of War tersebut dari Ascension, dan God of War kemudian mendapatkan penghargaan Game of the Year untuk 2018 - 2019. Per Mei 2019, seri God of War telah menjual sebanyak 32 juta keping di seluruh dunia.

https://www.youtube.com/embed/wbwALe_qBaY

Fun fact: Saking terkenalnya, Kratos sempat muncul di beberapa gim fighting, tepatnya pada "Mortal Kombat 9" (2011) dan "Soulcalibur: Broken Destiny" (2009). Pada Mortal Kombat 9, Kratos menjadi karakter tamu pertama dari gim lain.

Setelahnya, Mortal Kombat mulai memasukkan beragam karakter tamu.

5. Cloud Strife

Nostalgia, 6 Karakter Ini Erat dengan Citra PlayStationsoranews24.com

Karakter gim satu ini akan segera muncul kembali agar para penggemarnya bisa bernostalgia. Ya, betul, karakter berikutnya adalah Cloud Strife dari "Final Fantasy 7" yang rilis pada 1997.

Lalu mengapa para gamers, khususnya kaum Hawa, terpesona oleh Cloud? Selain pembawaannya yang dingin ala-ala bad boy, karakter besutan Tetsuya Nomura ini juga menyimpan masa lalu kelam di balik pertempurannya dengan musuh bebuyutannya, Sephiroth.

Sebagai salah satu pegawai di Shinra, Cloud Strife ingin membalaskan dendamnya pada Sephiroth yang membantai seluruh warga Nibelheim, kampung kelahiran Cloud. Akan tetapi, dikarenakan keracunan Mako, ingatan Cloud tertukar sehingga menganggap dirinya sebagai bekas tentara Shinra.

Cloud yang semula adalah pribadi yang dingin dan bak tanpa emosi, lalu "dimanusiakan" melalui interaksi dengan anggota kelompoknya seperti Barret, Tifa, Yuffie, dll.

Namun, salah satu faktor penggerak utama Cloud Strife adalah saat ia harus kehilangan Aerith Gainsborough setelah dibunuh oleh, ya, Sephiroth.

Tidak heran jika Cloud Strife menjadi salah satu duta PlayStation. Sebagai gim Final Fantasy pertama di PlayStation, angka penjualan Final Fantasy 7 begitu fantastis, 12,3 juta kopi (per 2019)! Siap untuk memainkan versi remake dari FF7?

"Not interested."

Nostalgia, 6 Karakter Ini Erat dengan Citra PlayStationresetera.com

Fun fact: Selain muncul di film "Advent Children", Cloud ternyata juga menjadi bintang tamu di gim konsol lain, yaitu "Super Smash Bros" (2014) dan "Super Smash Bros Ultimate" (2018).

6. Nathan Drake

Nostalgia, 6 Karakter Ini Erat dengan Citra PlayStationgamingtrend.com

Karakter ikonik terakhir yang menggambarkan citra PlayStation masa kini adalah Nathan Drake, sang pemburu harta karun dari seri "Uncharted" pada 2007.

Tidak familiar? Jelas, sama seperti Joel dan Ellie, Nathan Drake hadir pada platform PS3. Sebagai catatan, Drake bukan tipe pahlawan super seperti karakter lain di daftar ini. Namun, mengapa ia termasuk dalam jajaran karakter paling memorable?

Karena Nathan Drake benar-benar bertingkah seperti "manusia" pada umumnya. Saat menyusuri lingkungan sekitar, Drake dapat berinteraksi dengan sekelilingnya. Interaksi tersebut terlihat natural. Selain itu, karakter gim besutan Naughty Dog ini juga tidak melebih-lebihkan interaksinya dengan karakter lainnya.

Naughty Dog memaparkan bahwa ada perbedaan tipis antara "brengs*k" dan "tengil". Nathan Drake ada di ranah tengil.

"Dengan menjadikan Drake pribadi yang tengil, orang akan memaklumi sisi mengesalkannya karena relatable."

- E. Daniel Arey, mantan creative director Naughty Dog -

Naughty Dog juga banyak berterima kasih kepada Nolan North, pengisi suara Nathan Drake, karena telah memerankan dan memberi karakter yang cocok dengan sang pemburu harta karun.

Selain tingkah lakunya yang "manusiawi", banyak ulasan gim pun menyatakan bahwa Nathan Drake adalah salah satu tipe karakter langka yang memikat penggemarnya tanpa harus memamerkan tipe badan yang hipermaskulin.

Malahan, ia hanyalah orang biasa yang juga canggung di saat genting dan bukan ahli beladiri dengan kekuatan di atas rata-rata.

"Wah, relatable banget!"

Sayangnya, kisah Nathan Drake harus berakhir pada 2016 di PS4 dalam gim "Uncharted 4: A Thief's End".

Saat ditanya apakah akan ada kelanjutan kisah Nathan Drake, Ricky Cambier, lead designer untuk Uncharted 4, menyarankan untuk menyudahi kisahnya sampai di situ. Uncharted 4 menjadi gim terlaku di PS4 sekaligus di sepanjang seri Uncharted dengan penjualan sebanyak 15 juta kopi!

Nostalgia, 6 Karakter Ini Erat dengan Citra PlayStationtenor.com

Fun fact: Karakter Nathan "Nate" Drake terinspirasi dari pemburu harta karun juga seperti Lara Croft dan Indiana Jones. Untuk desain karakter dan karismanya, Naughty Dog mengambil referensi dari sejumlah aktor terkenal seperti Johnny Knoxville, Harrison Ford, dan Bruce Willis.

Aktor muda asal Inggris, Tom Holland, didapuk untuk memainkan versi muda Nathan Drake pada adaptasi film Uncharted!

Nostalgia, 6 Karakter Ini Erat dengan Citra PlayStationgiphy.com

Itulah karakter-karakter yang menurut kami paling memorable dari perjalanan PlayStation selama 20 tahun. Tentu saja, daftar ini hanya segelintir dari lautan figur-figur yang telah menemani masa kecil kita bersama PlayStation.

"Apakah kamu setuju dengan daftar kami?"

Baca Juga: Ketahui Bersama 7 Lini Masa Sejarah PlayStation, Konsol Game Andalan

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya