Comscore Tracker

Kerennya 14 Pedang Paling Populer di Jagat Video Game

Sampai lintas game!

Saat bermain video game bertemakan action atau RPG, apa yang kamu lihat selain ceritanya? Tentu saja desainnya. Selain desain karakter, desain persenjataan, terutama pedang, yang apik membuat semangat bermainmu membara bukan? Seperti ada rasa bangga memiliki pedang yang bukan hanya kuat di daya serang, tetapi di penampilan juga!

Seiring perjalanan video game, banyak judul-judul yang terkenal karena bentuk pedangnya yang unik dan memorable, sehingga cukup dilihat saja, orang pun tahu dari game mana senjata tersebut berasal. Nah, menurut situs Gamespot, inilah 14 pedang dari dunia video game yang paling memorable.

1. Keyblade (Kingdom Hearts)

Kerennya 14 Pedang Paling Populer di Jagat Video GameSora menggunakan Keyblade. fandomspot.com

Dirilis secara perdana pada 2002, Kingdom Hearts menceritakan petualangan Sora dan kawan-kawan menjelajahi dunia Disney, dan Pixar untuk melawan pengaruh Xehanort dan antagonis Disney serta Pixar lainnya!

Untuk membantu Sora, maka ia pun dianugerahkan sebuah keyblade, sebuah pedang berbentuk kunci. Selain melawan musuh secara fisik dan magis, sesuai fungsi utamanya, keyblade dapat membuka pintu ke dunia dan dimensi lain! Sora juga dapat menggabungkan keyblade-nya dengan gear lain untuk meningkatkan kekuatannya.

Selain Kingdom Heartskeyblade pun muncul di beberapa game lain, seperti Disney Infinity 3.0.  Dengan membuka seluruh karakter dalam game, maka kamu akan mendapatkan keyblade Sora, senjata terkuat di game tersebut!

2. Lightsaber (Star Wars)

Kerennya 14 Pedang Paling Populer di Jagat Video Gamewww.denofgeek.com

Di game Star Wars mana pun, dari Knights of the Old Republic sampai Fallen Order, perhatian pemain tertuju pada satu senjata utama pada Jedi dan Sith, yaitu lightsaber. Baik di film atau game, pertarungan Force dan lightsaber tetap mengundang decak kagum para pemain!

Ditenagai oleh kristal Kyber, lightsaber dapat memotong apa pun yang menghalanginya (kecuali Beskar)! Warna dari lightsaber konon menunjukkan "jalan" yang ditempuh oleh penggunanya. Eksklusif untuk ksatria Sith, merah adalah warna lightsaber-nya. Meskipun jahat, tak bisa dimungkiri, lightsaber merah amat memukau!

3. Soul Edge (Soulcalibur)

Kerennya 14 Pedang Paling Populer di Jagat Video GameNightmare/Graf Dumas (Soulcalibur V) memegang Soul Edge. soulcalibur.fandom.com

Selain senjata terkuat, Soul Edge juga adalah senjata antagonis utama di seri Soul Edge sampai Soulcalibur. Disebut sebagai "Evil Sword", Soul Edge memang memperkuat penggunanya.

Namun, dengan bayaran, pedang terkutuk bermata satu tersebut "menggerogoti" jiwa pemakainya! Di game, tenaga pengguna Soul Edge terus berkurang, seiring daya serang yang bertambah.

Tidak hanya satu orang, dari Inferno sampai Nightmare dan Algol, Soul Edge digunakan oleh berbagai karakter. Beberapa karakter non-monster seperti Siegfried, Cervantes, dan Zasalamel juga pernah menggunakan dan terpengaruhi Soul Edge. Di sisi lain, beberapa karakter seperti Mitsurugi dan Rock juga ikut menyimpan pecahan Soul Edge.

4. Blades of Chaos (God of War)

Kerennya 14 Pedang Paling Populer di Jagat Video GameBlades of Chaos dari God of War (2018). youtube.com

Muncul dari God of War pertama hingga God of War di PS4, Blades of Chaos adalah senjata utama dari Kratos. Ditempa oleh Ares sendiri, senjata ini dililitkan dengan rantai ke tangan Kratos, ksatria Sparta yang telah "menjual" jiwanya untuk melayani Ares dengan upah kekuatan untuk mengalahkan kaum Barbar.

Mengandung api, setiap serangan Blades of Chaos memercikkan api. Namun, karena Ares membunuh keluarganya, Kratos pun bersumpah untuk balas dendam terhadap Ares. Setelah Kratos membunuh Ares di GoW 1, pedang ini tak terlihat lagi dan digantikan oleh Blades of Athena.

Setelah mengalahkan Zeus dan kejatuhan Olimpus, Kratos menemukan Blades of Chaos dan membawanya ke dunia Nordik untuk disembunyikan. Sempat menggunakan Leviathan Axe, Kratos akhirnya kembali menggunakan Blades of Chaos untuk berpetualang di dunia Nordik bersama anaknya, Atreus.

5. Energy Sword (Halo)

Kerennya 14 Pedang Paling Populer di Jagat Video GameMaster Chief dengan Energy Sword. reddit.com

Muncul di setiap seri Halo, dari Combat Evolved sampai Halo 4Energy Sword adalah salah satu senjata terkuat di dunia Halo. Digunakan oleh ras Sangheili dari Kekaisaran Covenant, Energy Sword hampir sama memukaunya dengan lightsaber dari Star Wars.

Dapat digunakan dengan satu tangan, Energy Sword memiliki dua bilah pedang plasma yang sanggup menebas apa pun yang menghalanginya. Biasanya, sekali tebas dengan Energy Sword, energi langsung terkuras atau langsung mati. Ampuh untuk pertarungan jarak dekat, Energy Sword ditenagai oleh baterai.

6. Rebellion (Devil May Cry)

Kerennya 14 Pedang Paling Populer di Jagat Video GameDante menggunakan Rebellion di Devil May Cry V. blog.playstation.com

Ditempa oleh iblis sekaligus ayah Dante, Sparda, pedang Rebellion memiliki sepertiga kekuatan Sparda. Betul, Rebellion adalah satu dari tiga pedang buatan Sparda di jagat Devil May Cry, yaitu pedang Sparda/Force Edge dan Yamato.

Rebellion digunakan oleh Dante untuk melawan makhluk-makhluk jahat. Berbeda dengan Yamato milik Virgil yang dapat memisahkan kekuatan iblis dari manusia, Rebellion dapat mempersatukannya. Karena Virgil menusuk Dante di Devil May Cry 3 dengannya, darah Dante membangunkan Devil Trigger pada Rebellion!

7. Buster Sword (Final Fantasy VII)

Kerennya 14 Pedang Paling Populer di Jagat Video Gameresetera.com

Dengan penjualan 12,8 juta unit per Agustus 2020, Final Fantasy VII menjadi salah satu seri Final Fantasy kebanggaan Square Enix, sampai di-remake pada April 2020. Selain tingkah laku Cloud Strife yang dingin, salah satu aspek memorable dari Final Fantasy VII adalah Buster Sword yang selalu menemani sang protagonis!

Diceritakan dalam Final Fantasy VII: Crisis CoreBuster Sword pertama kali dimiliki oleh Angeal Hewley, salah satu dari tiga SOLDIER kelas satu Shinra. Kemudian, pedang tersebut diturunkan ke Zack Fair, murid dari Angeal. Setelah kematian Zack, Buster Sword "diwariskan" kepada Cloud.

Selain menebas, Buster Sword juga memiliki dua lubang, tempat untuk menempatkan materia agar bisa menggunakan kekuatan magis! Bukan hanya Final FantasyBuster Sword juga muncul di game dan media lain, seperti Kingdom Hearts, Super Smash Bros, hingga kartun Adventure Time.

Baca Juga: 8 Senjata Ikonik dalam Sejarah Video Game, Pernah Gunakan?

8. HF Blade (Metal Gear Solid)

Kerennya 14 Pedang Paling Populer di Jagat Video GameHF Blade dari Metal Gear Solid. comicvine.gamespot.com

Selain karakter Solid Snake, Metal Gear Solid juga memperkenalkan karakter ahli pedang bernama Raiden. Selain senjata tembak, Raiden paling sering terlihat menggunakan sebuah pedang seperti katana, yaitu high-frequency blade/HF blade. Fakta menarik, HF blade pertama kali muncul pada Metal Gear Solid pertama dan digunakan oleh Gray Fox.

Digunakan oleh Raiden sejak Metal Gear Solid 2 hingga Revengeance, bilah HF blade dialiri dengan arus listrik kuat dan frekuensi getaran tinggi. Oleh karena itu, HF blade dikatakan dapat menebas musuh dan materi apa pun dengan mudah. Selain itu, HF blade juga dapat "memberi makan" Raiden.

9. Dagger of Time (Prince of Persia)

Kerennya 14 Pedang Paling Populer di Jagat Video GamePrince of Persia memegang Dagger of Time di tangan kanannya. gameplaymechanix.com

Senjata utama sang Pangeran di seri Prince of PersiaDagger of Time tidak hanya berperan dalam menebas musuh. Dipenuhi oleh "Pasir Waktu", Dagger of Time dapat menghentikan, mempercepat, atau memutar ulang waktu! Fakta menarik, Dagger of Time adalah salah satu dari empat artefak dari Pulau Waktu, Medali, Tongkat, dan Jam Pasir.

Pengguna Dagger of Time dapat memanipulasi waktu di sekitarnya, tetapi ia sendiri tak terpengaruh olehnya. Sang Prince of Persia menggunakan Dagger of Time untuk melawan ambisi sang penyihir jahat, Vizier. Fakta menarik, Dagger of Time juga muncul di Assassin's Creed Odyssey lewat downloadable content (DLC) "The Legacy of the First Blade".

10. Dragon Sword (Ninja Gaiden)

Kerennya 14 Pedang Paling Populer di Jagat Video GameRyu Hayabusa menyandang Dragon Sword. ninjagaiden.fandom.com

Senjata utama sang shinobi dari seri Ninja Gaiden dan Dead or Alive, Ryu Hayabusa, Dragon Sword (龍剣/Ryuken) konon tercipta dari taring naga yang berisi roh, inti sari, dan kekuatan mereka. Oleh karena itu, Dragon Sword bisa dikatakan salah satu senjata terkuat di dunia Ninja Gaiden atau Dead or Alive.

Sebagai penerus keturunan naga, Ryu Hayabusa menerima Dragon Sword dari ayahnya, Joe Hayabusa. Jika kamu berhasil mendapatkan Eye of Dragon dan menempatkannya di Dragon Sword, maka pedang tersebut menjadi True Dragon Sword (真龍剣/Shinryuken) yang memberi Ryu kekuatan maha dahsyat!

11. Masamune (Chrono Trigger dan Chrono Cross)

Kerennya 14 Pedang Paling Populer di Jagat Video GameFrog dari Chrono Trigger memegang Masamune. fantasyanime.com

Selain di dunia nyata, pedang Masamune juga terkenal di dunia game. Bukan hanya Final Fantasygame seperti Chrono Trigger dan Chrono Cross juga memiliki Masamune-nya sendiri. Tetapi, dibandingkan Final Fantasy yang lebih fokus pada senjata magis para protagonis, Chrono Trigger dan Chrono Cross berhasil memaksimalkan Masamune!

Di Chrono Trigger, Masamune adalah senjata Frog yang baru bisa didapatkan bila sang ksatria katak mau ikut dengan party. Sementara, di Chrono Cross, Masamune dikatakan sebagai pedang terkutuk yang membuat penggunanya gila! 

12. Excalibur II (Final Fantasy IX)

Kerennya 14 Pedang Paling Populer di Jagat Video GameExcalibur II di Final Fantasy IX. jegged.com

Kerap muncul di judul Final Fantasy, Excalibur II di Final Fantasy IX memiliki pesonanya sendiri. Kenapa? Di jagat Final Fantasy IX, Excalibur II terkenal sebagai pedang terkuat! Untuk Final Fantasy IX versi PS4, XBOX One, dan PC, mendapatkan Excalibur II akan membuka trofi "The Ultimate Sword".

Digunakan oleh Steiner, Excalibur II tidak dapat dibeli atau didapatkan dari monster lain. Satu-satunya cara adalah dengan mencapai Memoria, melawan Lich di Gate to Space tanpa melebihi waktu bermain 12 jam! Setelah mengalahkan Lich, kamu harus mencari pilar di sebelah kanan ruangan untuk mendapatkan Excalibur II.

13. Frostmourne (World of Warcraft)

Kerennya 14 Pedang Paling Populer di Jagat Video GameFrostmourne di World of Warcraft. wowwiki-archive.fandom.com

Terkenal sebagai senjata terkuat di game World of Warcraft, Frostmourne adalah pedang milik Lich King Ner'zhul. Konon, inspirasi Frostmourne adalah pedang Excalibur milik Raja Arthur.

Setelah Ner'zhul mencurahkan kekuatannya ke Frostmourne, siapa pun yang menggunakannya akan menjadi "tangan kanan" sang Lich King. Orang tersebut ialah sang Paladin dan Putra Mahkota dari Lordaeron, Arthas Menethil.

Arthas menjadi pemegang Frostmourne hingga World of Warcraft II: The Wrath of the Lich King. Saat Tirion Fordring menghancurkan Frostmourne dengan Ashbringer, seluruh jiwa yang diperbudak Lich King pun bebas. Lich King pun terbunuh dan Arthas kembali seperti semula sebelum akhirnya meregang nyawa.

14. Master Sword (The Legend of Zelda)

Kerennya 14 Pedang Paling Populer di Jagat Video GameMaster Sword di Legend of Zelda: Breath of the Wild. mic.com

Dikenal sebagai Blade of Evil's BaneMaster Sword adalah pedang legendaris yang terus muncul di jagat The Legend of Zelda. Diciptakan oleh Dewi Pedang Hylia dan ditempa oleh Fi, pedang legendaris ini digambarkan sebagai satu-satunya senjata yang dapat membunuh sang Pangeran Kegelapan, Ganon.

Pertama kali muncul di seri A Link to the PastMaster Sword dikatakan memilih penggunanya, seorang pahlawan yang menunjukkan tekad, keberanian, dan kebijaksanaan, yaitu Link. Diperkuat oleh Sage of Earth dan Sage of Wind, kekuatan Master Sword sanggup menghancurkan kekuatan jahat.

Selain The Legend of Zelda, ternyata Master Sword juga hadir di beberapa judul game lain. Kamu dapat menemukan Master Sword di Super Smash BrosSoulcalibur IIMario Kart 8, hingga Elder Scroll V: Skyrim (eksklusif versi Nintendo Switch).

Kerennya 14 Pedang Paling Populer di Jagat Video GameGambar pembuka Final Fantasy 7. finalfantasy.fandom.com

Itulah 14 pedang yang dianggap paling memorable di jagat video game. Selain desainnya, ternyata pedang ini tak lekang oleh waktu karena terus muncul di judul game yang bahkan tidak berhubungan dengan serinya.

Dari 14 pedang ini, mana yang sudah pernah kamu gunakan? Mana yang kamu bilang paling mengena di hati? Atau, kamu ada opsi pedang lain yang tidak kalah populernya? Yuk, berbagi di kolom komentar!

Baca Juga: 6 Senjata Game yang Jangan Sampai Ada di Dunia Nyata, Sangat Berbahaya

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya