Comscore Tracker

Uji Keberuntungan, 7 Game Gacha Terbaik untuk Android

Tanganmu hoki atau bau?

Dalam beberapa tahun terakhir, game berbasis gacha amat populer. Kebanyakan game gacha memiliki gaya bak Japanese role playing game (JRPG) dengan berbagai event musiman, alur cerita yang menarik, dan online multiplayer. Sesuai namanya, daya tarik game gacha ada di sistem gacha-nya.

Bak gachapon (ガシャポン), kamu menguji keberuntungan untuk mendapatkan item yang kamu mau. Tidak jarang kamu mengeluarkan duit tetapi tidak mendapatkan barang yang kamu mau. Tetapi, di situlah keseruannya! Selain itu, itulah "ladang duit" untuk para developer game gacha tersebut.

Nah, kamu ingin coba main game gacha? Inilah 7 judul game gacha terbaik versi Android. Jangan sampai lupa diri dan lupa waktu, ya!

1. Arknights

https://www.youtube.com/embed/zclYeBTcN7c

Arknights (明日方舟/Míngrì Fāngzhōu) adalah game gacha berbasis strategi dan tower defense yang dikembangkan oleh Hypergryph/Studio Montagne di bawah Yostar. Arknights dirilis di Tiongkok pada Mei 2019, dan global pada Januari 2020.

Di sini, kamu berperan jadi seorang "Dokter" sebuah tim Rhodes Island untuk memerangi wabah Oripathy dan Reunion Movement yang mengancam nyawa penduduk planet Terra. Bersama sang pemimpin, Amiya, kamu akan merekrut berbagai "Operator" dari berbagai kelas dan kemampuan yang unik!

Di game ini kamu dimanjakan dengan desain karakter cute bertelinga hewan (kemonomimi). Selain itu, soundtrack dan pengisi suara (seiyuu) Jepang yang apik terkadang membuatmu lupa kalau Arknights adalah game buatan Tiongkok! Kamu juga bisa mengaktifkan sistem auto deploy, sehingga kamu tinggal menyaksikan pertempuran.

2. Azur Lane

https://www.youtube.com/embed/SyUsY4AU748

Dari Yostar lagi, Azur Lane (碧蓝航线/Bìlán Hángxiàn) adalah game side-scrolling 2D yang dikembangkan oleh Shanghai Manjuu dan Xiamen Yongshi, serta dirilis pada 2017 di Tiongkok dan 2019 secara global. Melihat gameplay-nya, mungkin kamu akan teringat game Kantai Collection.

Azur Lane mengambil latar sejarah alternatif Perang Dunia II (PD2). Di sini, kamu bisa membuat armada berisikan cewek-cewek cantik dengan seiyuu gemay yang sebenarnya adalah kapal tua! Kamu pasti tidak akan bosan karena Azur Lane punya lebih dari 300 karakter kapal PD2 yang moe. Oh iya, kamu bahkan bisa menikahi waifu kapalmu!

3. Fate/Grand Order

https://www.youtube.com/embed/rUNxqTsdmsE

Diadaptasi dari seri Fate/stay night oleh Type-Moon, Fate/Grand Order (フェイト・グランドオーダー) adalah game RPG berbasis giliran (turn-based) yang dikembangkan oleh Delightworks dan diluncurkan oleh Aniplex pada 2015 (Jepang) dan 2017 (Inggris). Tanpa nonton anime-nya pun, kamu dijamin suka dengan Fate/Grand Order!

Dalam game Fate/Grand Order, kamu berperan sebagai Ritsuka Fujimaru yang memiliki kekuatan Holy Grail untuk menentukan nasib umat manusia. Karena disadur dari Fate/stay night maka, kamu dapat memanggil bantuan "Heroic Spirit" (英霊/eirei) yang adalah tokoh-tokoh seri tersebut sebagai Servant.

Nah, untuk mendapatkan Heroic Spirit kelas SSR, kamu harus memutar gacha. Tentu saja, untuk mendapatkan gacha lebih, kamu harus membayar lebih demi mendapatkan Saint Quartz (mata uang game) untuk menarik gacha. Tenang, di awal game, kamu akan dibekali beberapa kali kesempatan gacha untuk menguji keberuntunganmu!

Baca Juga: Suka Genshin Impact? Ini 7 Game Alternatifnya yang Terbaik

4. Final Fantasy Brave Exvius

https://www.youtube.com/embed/WpMCpjB34Ug

Kamu penggemar Final Fantasy dari Square Enix? Pada 2016, Square Enix merilis Final Fantasy Brave Exviusgame JRPG turn based yang dikembangkan oleh Alim, developer game yang terkenal dengan Brave Frontier-nya. Jadi, jika kamu pernah main Brave FrontierFF Brave Exvius gampang dimengerti.

FF Brave Exvius mengambil latar di negeri sihir, Lapis, dan menceritakan petualangan Rain dan Fina dalam menghentikan ambisi Veritas menghancurkan Lapis.

Dengan sistem gacha, kamu bisa mendapatkan karakter Final Fantasy dan Brave Exvius. Nostalgia, karakter-karakter FF Brave Exvius dibuat pixelated. FF Brave Exvius pernah crossover dengan mendatangkan karakter Square Enix lain seperti Tomb Raider, Kingdom Hearts, dan Secret of Mana.

Bukan hanya karakter fiksi, bahkan FF Brave Exvius juga mendatangkan bintang tamu Katy Perry (pengisi lagu "Immortal Flame") pada Desember 2018 dan Ariana Grande (pengisi lagu "Touch It") pada Januari 2017!

https://www.youtube.com/embed/MkjrRs0Y4N0

5. Fire Emblem Heroes

https://www.youtube.com/embed/AWOcLSD_D1I

Tidak mau kalah, Nintendo pun juga terjun di dunia game gacha pada 2017 dengan merilis Fire Emblem HeroesGame bertema RPG taktik ini dikembangkan oleh Intelligent Systems dan adalah game ke-15 dari seri Fire Emblem. Game ini mengisahkan konflik antara dua negeri fiksi, Askr dan Embla.

Per Januari 2021, Nintendo menyediakan lebih dari 1.300 stage untuk Fire Emblem Heroes dan Orb-nya (mata uang dalam game). Dengan Summon, kamu bermain gacha dan menghabiskan Orb untuk mendapatkan tokoh Fire Emblem di party-mu. Karakter lain juga bisa kamu dapatkan seiring game.

Ramah untuk pemain, Fire Emblem Heroes juga memperlihatkan persentase keberhasilan gacha (biar gak sakit hati banget!). Dengan grafik yang apik, cerita yang seru dan sistem gameplay yang simpel serta mirip dengan versi Nintendo DS dan 3DS-nya, Fire Emblem Heroes dijamin bikin nagih!

6. Genshin Impact

https://www.youtube.com/embed/HLUY1nICQRY

Digadang-gadang sebagai salah satu game terbaik di 2020, Genshin Impact adalah game gacha RPG yang dikembangkan di Tiongkok dan dirilis oleh miHoYo pada September 2020 lalu. Genshin Impact mengambil latar di Teyvat dan menceritakan petualanganmu bersama Paimon mencari saudaramu yang hilang.

Berlatar open-world dan memiliki sistem gameplay berbasis aksi (action-based), Genshin Impact memikat pemain dengan karakter-karakter dan seiyuu-nya yang menggemaskan! Efek visualnya yang memanjakan mata seperti "The Legend of Zelda: Breath of the Wild" berarti smartphone-mu harus dibekali oleh chipset terkini.

Genshin Impact juga menggunakan gacha sebagai daya tarik. Kamu bisa mendapatkan karakter, senjata, dan item lainnya dari gacha secara free atau berbayar. Selain itu, Genshin Impact juga mendukung fitur cross-platform, jadi pemain Genshin Impact di Android juga bisa ikutan gabung dengan platform lain seperti PS4 atau PC!

7. Princess Connect! Re:Dive

https://www.youtube.com/embed/HTZMbs2X-B4

Baru dirilis secara global awal tahun 2021, Princess Connect! Re:Dive atau PriConne! Re:Dive adalah game JRPG yang dikembangkan oleh Cygames sejak 2018 dan dirilis oleh Crunchyroll Games sebagai sekuel dari game Princess Connect pada 2016. Versi anime-nya sendiri tayang pada April-Juni 2020 dan season 2-nya sudah confirmed!

PriConne! Re:Dive menceritakan petualanganmu menjelajahi negeri isekai Astraea untuk mengumpulkan karakter-karakter perempuan yang menggemaskan untuk dijadikan harem party dengan gacha atau Memory Shard. Terdapat lebih dari 50 karakter menggemaskan dengan Union Burst dan animasi cut-in yang memanjakan mata.

Kamu dapat menaikkan bond dengan para heroine tersebut dengan menaikkan bintang mereka dan memberikan mereka senjata baru nan kuat. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan plot ekstra dan hal-hal istimewa lainnya bersama karakter tersebut!

Uji Keberuntungan, 7 Game Gacha Terbaik untuk Androidmemegenerator

Tujuan game gacha sebenarnya sama seperti tujuan game pada umumnya, yaitu melepaskan stres sekaligus memberikan tantangan keberuntungan dalam bentuk bermain gacha. Namun, jika kamu jadi terobsesi sampai harus mengesampingkan kebutuhan utama hanya untuk bayar gacha, berhenti dulu sampai situ!

Teruntuk yang mau coba game gacha, itulah beberapa game berbasis gacha yang recommended banget untuk dimainkan di HP Android. Siapkan dompet, have fun, dan jangan lupa waktu, ya!

Baca Juga: 7 Game Android Terbaik yang Bisa Dimainkan dengan Gamepad

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya