Comscore Tracker

Menegangkan, 8 Game Terbaik dengan Cerita Time Travel

Nikmati petualangan lintas waktu!

Kisah perjalanan lintas waktu atau time travel adalah salah satu elemen fiksi ilmiah/science fiction yang paling umum digunakan, dari seri Doraemon (ドラえもん) hingga trilogi Back to the Future. Kamu bisa bilang kalau time travel di dunia hiburan adalah "cerminan" harapan manusia untuk bisa mewujudkannya suatu saat!

Agak membingungkan dalam penerapan pada film, time travel juga ditemukan umum ditemukan dalam alur cerita suatu game dan justru menambah keseruannya. Beberapa game terkenal pun juga menggunakan time travel sebagai "bumbu" utama. Inilah 8 video game terkenal yang menggunakan tema time travel!

8. Blinx: The Time Sweeper (2002)

Menegangkan, 8 Game Terbaik dengan Cerita Time TravelBlinx: The Time Sweeper (gamereactor.asia)

Blinx: The Time Sweeper adalah game eksklusif XBOX yang dikembangkan oleh Artoon dan diluncurkan oleh Microsoft Game Studios. Dapat dimainkan di XBOX One dengan backward compatibility, game ini diklaim sebagai "Game aksi 4D pertama di dunia". Dalam game ini, kamu akan bermain jadi seekor kucing menggemaskan bernama Blinx.

Sebagai seorang Time sweeper, Blinx berjuang menyelamatkan Putri Lena dari ancaman Tom-Tom Gang yang berusaha menghancurkan Dunia B1Q64. Kamu diberi senjata TS-1000, sebuah pembersih vakum yang membantu Blinx mengendalikan waktu sesuka hati. Memang, dalam Blinx: The Time Sweepertime travel adalah topik utama!

7. Life Is Strange (2015)

Menegangkan, 8 Game Terbaik dengan Cerita Time TravelLife Is Strange: Remastered (store.steampowered.com)

Dapat dimainkan di PC, konsol, hingga HP, Life Is Strange adalah game petualangan besutan Dontnod Entertainment dan dirilis oleh Square Enix dalam 5 episode dari Januari sampai Oktober 2015. Dikabarkan, Life Is Strange akan di-remastered dan dirilis dalam Life Is Strange: Remastered Collection pada musim gugur 2021.

Kamu bermain sebagai Max Caulfield, seorang remaja perempuan pencinta fotografi yang memiliki kekuatan time travel. Melalui kekuatannya, Max bertemu dengan Chloe Price, teman masa kecilnya yang seharusnya terbunuh. Setiap keputusan yang Max ubah di masa lalu akan menentukan kelangsungan masa kini!

6. Quantum Break (2016)

Menegangkan, 8 Game Terbaik dengan Cerita Time TravelQuantum Break (store.steampowered.com)

Sama seperti Blinx: The Time SweeperQuantum Break adalah game third-person shooter (TPS) garapan Remedy Entertainment dan dirilis eksklusif untuk PC dan XBOX One oleh Microsoft Studios. Dengan panduan para ilmuwan dan engine yang apik, Quantum Break memberikan pengalaman time traveling yang hampir akurat dan lain daripada yang lain!

Kamu bermain sebagai Jack Joyce, seorang laki-laki yang terpapar radiasi chronon, sehingga mendapatkan kekuatan time travel. Dengan kekuatannya, Jack Joyce berusaha menghentikan skenario Akhir Zaman yang dipicu oleh tindakan Paul Serene. Meskipun harus memutar otak sedikit, Quantum Break dijamin bikin kamu lupa waktu.

5. TimeSplitters 2 (2002)

Menegangkan, 8 Game Terbaik dengan Cerita Time TravelTimeSplitters 2 (forbes.com)

TimeSplitters 2 adalah game first-person shooter (FPS) yang dikembangkan oleh Free Radical Design dan dipublikasikan oleh Eidos Interactive. Sebagai sekuel dari seri TimeSplitters, cerita dari game ini pun masih berfokus pada time traveling dan invasi ras alien bernama TimeSplitters.

Dengan latar masa depan tahun 2401, kamu bermain sebagai tentara luar angkasa, Sersan Cortez. Nikmati petualangan demi menghentikan para alien TimeSplitters yang menggunakan Time Crystal untuk mengacaukan sejarah, dari masa Wild West hingga abad ke-25, dan menghancurkan Bumi.

Baca Juga: Awas Iri, 7 Pasangan Paling Mesra dalam Sejarah Video Game

4. Prince of Persia: The Sands of Time (2003)

Menegangkan, 8 Game Terbaik dengan Cerita Time TravelPrince of Persia: The Sands of Time (polygon.com)

Diadaptasi menjadi film pada 2010, Prince of Persia: The Sands of Time adalah game petualangan legendaris buatan Ubisoft sebelum menggarap seri Assassin's Creed. Mengingat kesuksesannya, pada Ubisoft Forward 2020, Prince of Persia: The Sands of Time dipastikan akan di-remastered! Kapan? Tunggu saja tanggal rilisnya.

Mengambil latar di Kekaisaran Persia pada abad ke-9, game ini menceritakan perjuangan sang Pangeran bersama Putri Farah untuk membebaskan rakyat Persia dari ancaman Sands of Time dan ambisi jahat sang Perdana Menteri. Bersenjatakan Dagger of Time, Pangeran dapat memutar kembali atau menghentikan waktu.

3. Seri Assassin's Creed (sejak 2007)

Menegangkan, 8 Game Terbaik dengan Cerita Time Travelgodisageek.com

Assassin's Creed adalah game petualangan yang juga dikembangkan oleh Ubisoft. Bermula pada 2007, kesuksesan Assassin's Creed membuatnya berjalan hingga saat ini. Game ini menceritakan konflik antara persekutuan Assassin dan Templar dalam memperebutkan artefak-artefak mahakuasa, Pieces of Eden.

Dengan mesin Animus dan piranti lunak Helix buatan Abstergo, kamu dapat mengulang kembali masa lalu para Assassin dari berbagai zaman yang berbeda. Dari Altair di Assassin's Creed pertama hingga Eivor di Assassin's Creed Valhalla, kamu bisa berkilas balik pada sejarah hingga berinteraksi dengan figur terkenal di masanya!

2. The Legend of Zelda: Ocarina of Time (1998)

Menegangkan, 8 Game Terbaik dengan Cerita Time TravelLink memainkan Ocarina of Time. (polygon.com)

Dikembangkan oleh Nintendo, The Legend of Zelda: Ocarina of Time adalah seri kelima dari The Legend of Zelda dan yang pertama menggunakan teknologi 3D! Sementara time travel adalah elemen yang sering terlihat di The Legend of ZeldaOcarina of Time adalah cikal bakalnya!

Kamu bermain sebagai Link dan berjuang untuk menyelamatkan Putri Zelda dan Hyrule dari Ganondorf. Namun, ia terpaksa menunggu 7 tahun untuk memegang Master Sword. Setelahnya, Link dapat kembali ke waktu masa kecil dan masa dewasanya untuk mengerjakan misi dengan menancapkan Master Sword ke Pedestal of Time.

1. Chrono Trigger (1995)

Menegangkan, 8 Game Terbaik dengan Cerita Time Travelpolygon.com

Digarap oleh Dream Team yang beranggotakan Hironobu Sakaguchi (Final Fantasy), Yuji Horii (Dragon Quest), dan Akira Toriyama (Dragon Ball), Chrono Trigger adalah game RPG yang dikembangkan oleh Square (sebelum jadi Square Enix pada 2003). Dianggap sebagai salah satu game terbaik di masanya, Chrono Trigger memiliki 12 ending yang berbeda!

Menampilkan tujuh karakter yang dapat dimainkan, Chrono Trigger menceritakan soal perjuangan Crono dan kawan-kawan menghentikan alien Lavos sebelum menghancurkan dunia. Setelah mendapatkan Wings of Time dari masa depan, Crono dan kawan-kawan bisa menjelajah waktu untuk mengalahkan Lavos.

Itulah 8 game terbaik dengan elemen time travel. Ada yang sudah pernah kamu tamatkan? Meskipun berbau ilmiah, jangan terlalu pusing memikirkan aspek sains dari time travel saat memainkan game-game ini, ya. Cukup mainkan dan nikmati ceritanya!

Baca Juga: Tak Cuma Imajinasi, 8 Game Ini Terinspirasi Kisah Nyata

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya