Comscore Tracker

Banzai! 6 Game Berlatar Zaman Sengoku Terbaik 

Rasakan intrik dalam politik unifikasi Jepang 

Terkenal sebagai salah satu masa paling menantang dalam sejarah Jepang, Zaman Sengoku (Sengoku Jidai) mengukir jejak-jejaknya hingga di kehidupan masyarakat Jepang masa kini, terutama di aspek seni.

Banyak hal yang terjadi selama Zaman Sengoku, salah satunya adalah penyatuan seluruh wilayah Jepang di bawah satu pemerintahan, yang melibatkan tiga figur utama: Nobunaga Oda, Hideyoshi Toyotomi, dan Ieyasu Tokugawa. Tenang saja, bukan sejarahnya yang akan kami bahas pada artikel ini.

Jika kamu ingin merasakan hawa magis Zaman Sengoku, tidak perlu mesin waktu! Cukup mainkan enam game ini.

1. Sekiro: Shadows Die Twice 

https://www.youtube.com/embed/rXMX4YJ7Lks

Game pertama yang perlu kamu pertimbangkan untuk merasakan kekejaman di Zaman Sengoku adalah "Sekiro: Shadows Die Twice" besutan Activision dan From Software dari Jepang. Sekiro: Shadows Die Twice dapat kamu mainkan di Windows, PlayStation 4 (PS4), dan XBOX One.

Sekiro mengambil latar di akhir abad ke-16 pada Zaman Sengoku, tepatnya pada masa Keshogunan Tokugawa. Kamu akan bermain sebagai seorang shinobi bernama Sekiro yang menjalani misi untuk menyelamatkan tuannya sekaligus membalaskan dendamnya terhadap sekelompok samurai.

Soal kualitas, tidak perlu khawatir. Sekiro menyabet penghargaan "Game of the Year" pada 2019! Sekadar peringatan saja, game ini lumayan menantang dengan segala persenjataan dan relik magisnya dan menguras kesabaran dengan berbagai intrik dan pendekatan untuk menghabisi musuh.

2. Nioh 

https://www.youtube.com/embed/WsXnJUP99jc

Tidak lepas dari aura magis dan politik Zaman Sengoku, game "Nioh" besutan Sony dan Team Ninja duduk di peringkat no. 2 soal game berlatar Zaman Sengoku terbaik. Kamu dapat mainkan Nioh di PS4 dan Windows.

Berlatarkan abad ke-17 pada masa Keshogunan Tokugawa, kamu bukan bermain sebagai orang Jepang, melainkan seorang pelaut Irlandia bernama William Adams.

Di sini, kamu menjadi "saksi virtual" dari usaha Ieyasu Tokugawa dalam menyatukan Jepang. Tidak hanya Ieyasu Tokugawa, kamu juga akan bertemu Hanzo Hattori, dan berbagai tokoh Zaman Sengoku lainnya!

Misimu adalah menumpas Robert Kelley, seorang penyihir buronan yang menjadi dalang utama dari seluruh konflik dalam cerita Nioh. Usaha tersebut semakin rumit dengan munculnya berbagai hantu (youkai) seperti Yuki-onna, Hino-enma, dan Jorogumo yang menghalangi!

3. Total War: Shogun 2 

https://www.youtube.com/embed/W48QJP710-c

Ingin merasakan rumitnya mengatur strategi militer dalam peperangan di Zaman Sengoku? Yuk, mainkan "Total War: Shogun 2" produksi Sega dan Creative Assembly di Windows, OS X, dan Linux.

Pada Total War: Shogun 2, kamu bebas mengambil peran sebagai daimyo dari sembilan klan dan daerahnya, dari klan Chosokabe di Tosa hingga klan Uesugi di Echigo. Masing-masing klan memiliki kekuatan sendiri, jadi gunakan sebijak mungkin.

Bukan hanya dari aspek militer, di Total War: Shogun 2, kamu juga harus memperhatikan kesejahteraan rakyat, memajukan ekonomi dan teknologi, sambil berusaha menangani intrik diplomatik dan memadamkan subversi politik antara klan dan daerah lainnya. Tak diragukan lagi, inilah game berbasis strategi sejati!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Game yang Indonesia Banget, Seru dan Bikin Bangga deh!

4. Onimusha: Warlords

https://www.youtube.com/embed/RsDWYQK3dTA

Tidak salah jika kami menganggap game satu ini adalah "Resident Evil"-nya game berlatar Zaman Sengoku. Kenapa? Karena game satu ini diproduksi oleh pengembang game yang sama dengan Resident Evil, Capcom. Ya, game legendaris itu adalah "Onimusha: Warlords", seri pertama dari seri game Onimusha.

Dirilis untuk PS2 dan Xbox pada 2001, Onimusha: Warlords telah di-remastered dan dapat dimainkan di Windows (via Steam), PS4, XBOX One, hingga Nintendo Switch! Jika kamu suka dengan game Sekiro dan Nioh di poin sebelumnya, kamu pastinya akan cepat akrab dengan Onimusha: Warlords karena 11-12.

Onimusha: Warlords menceritakan perjuangan seorang samurai bernama Samanosuke Akechi dalam upaya menyelamatkan Yuki, putri dari klan Saito sekaligus sepupu Akechi, di tengah naiknya reputasi Nobunaga Oda.

Dengan alur cerita yang rumit, Onimusha: Warlords menawarkan gameplay yang solid nan simpel. Tebas berbagai macam setan dengan pedang katana dan bermacam-macam senjata magismu, dan serap esensi rohnya untuk meningkatkan senjatamu. Seperti Resident EvilOnimusha: Warlords menyediakan berbagai teka-teki rumit untuk dipecahkan.

Bosan dengan Akechi? "Cuci" matamu dengan memainkan Kaede, kunoichi bawahan Akechi dengan serangkaian kemampuan akrobatik dan variasi senjata yang berbeda.

5. Samurai Warriors: Spirit of Sanada

https://www.youtube.com/embed/Sn0oyVuWskI

Tidak lengkap rasanya membicarakan game berlatar Zaman Sengoku tanpa mengungkit game Samurai Warriors, rekanan Dynasty Warriors asal Jepang.

Tetapi, jika mencari Samurai Warriors terbaik untuk menggambarkan Zaman Sengoku, maka kami merekomendasikan Samurai Warriors: Spirit of Sanada. Mainkan Samurai Warriors: Spirit of Sanada di PS3, PS4, Windows, Nintendo Switch, dan PS Vita.

Sebagai game berbasis hack-and-slash, kamu tidak perlu memutar otak untuk memainkan Spirit of Sanada. Tinggal tebas musuh yang mengerubungimu dan aktifkan jurus pamungkas (musou) untuk menghabisi mereka sekali serang.

Jika kamu tidak puas dengan gameplay yang "itu-itu saja", maka kamu akan dipuaskan dengan alur ceritanya. Diproduksi oleh Koei Tecmo dan Omega Force, Spirit of Sanada adalah spin-off untuk game "Samurai Warriors 4" yang menceritakan kisah klan Sanada.

Kamu akan mengikuti sepak terjang kepahlawanan dari remaja hingga tua Yukimura Sanada, samurai yang dianggap sebagai pahlawan terakhir di Zaman Sengoku dan salah satu pejuang terhebat di seluruh Jepang.

6. Way of the Samurai 4

https://www.youtube.com/embed/mYNZeeL7WeI

Untuk menutup periode Sengoku sekaligus game-nya di daftar ini, kamu bisa coba "Way of the Samurai 4" buatan Acquire dan Spike yang dirilis untuk PS3 dan Windows. Way of the Samurai 4 mengambil salah satu bagian paling menarik dari sejarah Jepang, yaitu jatuh dan berakhirnya masa para shogun di ambang pintu Restorasi Meiji.

Ciptakan karaktermu sendiri sebagai seorang rōnin laki-laki atau perempuan yang baru saja tiba di kota pelabuhan fiktif Jepang, Amihama.

Keputusanmu untuk berpihak pada salah satu dari tiga faksi: pasukan pro-pemerintah, pemberontak anti-pemerintah, atau angkatan laut Britania Raya, dapat menentukan akhir cerita Way of the Samurai 4. Ada sekitar 10 akhir cerita, lho!

Way of the Samurai 4 menawarkan gameplay menarik. Sebagai karakter dalam game, tingkah karaktermu terhadap lingkungan dan karakter lainnya dalam game dapat menentukan alur selanjutnya.

Sebagai contoh, kamu dapat mengembangkan dojomu sendiri agar mendapatkan murid yang siap membantumu atau memainkan minigame "panas" bernama "Yobai", yang mana kamu akan mengendap-endap di waktu malam untuk meniduri wanita atau pria di game.

Ingin bertingkah bak berandal? Bisa. Hanya saja, kamu harus siap-siap menerima konsekuensinya, yaitu disiksa dan diinterogasi oleh Kinugawa bersaudari yang cantik! Jika kamu bisa bertahan melewati siksaan tersebut, siap-siap untuk ber-yobai ria dengan mereka. Yeehaw!

Itulah enam game berlatar Zaman Sengoku yang dapat kamu mainkan untuk bernostalgia dan sedikit mempelajari sejarah mengenai zaman paling menyulitkan di Jepang itu. Ingat, jangan lupa untuk mempelajari sejarahnya dari sumber terpercaya, jangan hanya percaya pada jalan cerita game. Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Game Perang Terbaik yang Bisa Dimainkan di iOS & Android

Alfonsus Adi Putra Photo Writer Alfonsus Adi Putra

English linguist with a passion for journalism and news-writing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya