TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Nostalgia Yuk, Ini 15 Games Disney Terbaik Sepanjang Masa

Apakah kamu salah satu pecinta game Disney?

playerattack.com

The Walt Disney Company merupakan salah satu perusahaan hiburan dan media terbesar di dunia. Sejak tahun 1923, Disney sudah berhasil menghadirkan ratusan karakter kartun terkenal, baik berupa film animasi, taman hiburan Disneyland, hingga video game

Mungkin kalian merupakan salah satu generasi yang pernah mencicipi bagaimana rasanya bermain game Disney di Nintendo. Nostalgia yuk dengan 15 game Disney berikut ini.

1. Disney's Hercules (PS1, PC)

akclip.com

Hercules merupakan game yang cukup populer pada masanya, dirilis pada 20 Juni 1997 oleh Disney Interactive. Permainan aksi petualangan yang mengikuti alur filmnya, membagi alur permainan menjadi 2D platforming. Animasi yang ditampilkan di Hercules adalah animasi tertinggi untuk PS1 saat itu, membuat game ini menjadi salah satu yang dicintai Disney.

2. Goof Troop (SNES)

fabricadejogos.net

Rilis pada 11 Juli 1993, Goof Troop menjadi salah satu spinoff Disney yang paling sukses, berfokus pada Goofy dan putranya Max. Kamu bisa bermain sebagai Goofy atau Max (atau keduanya dalam co-op) di Spoonerville Island, meminta kamu untuk memecahkan serangkaian area puzzle untuk membuat kemajuan dalam permainan. Mengumpulkan barang-barang di seluruh pulau, dan diminta untuk bertahan hidup. Faktanya, Goof Troop adalah game pertama Shinji Mikami, perancang dari Resident Evil.

3. Toy Story 2: Buzz Lightyear to the Rescue (PS1, N64, PC)

youtube.com

Game tahun 1999, Buzz Lightyear to the Rescue adalah game platformer/collectathon 3D yang membawa kamu menjadi Buzz, dalam 15 level permainan. Titik dari setiap level adalah mengumpulkan token Planet Planet, kamu akan dihadapkan dengan beberapa musuh dan teka-teki di sepanjang jalan. Permainan yang mengajakmu berkeliling di sekitar lingkungan dari film-film Toy Story.

4. Chip 'n Dale: Rescue Rangers (NES)

taringa.net

Chip 'n Dale adalah game platforming dari NES, yang menampilkan pemain tunggal dan multi-pemain. Permainan ini mengikuti alur dasar yang sama dari acara TV Rescue Rangers, dan permainannya didasarkan dari platformer NES terkemuka lainnya, dengan kontrol ketat dan grafis kartun yang lucu. Rilis pada juni 1990, permainan ini dikembangkan oleh Capcom.

5. Mickey Mania: The Timeless Adventures of Mickey Mouse (NES, Genesis)

playerattack.com

Generasi 90-an pasti gak asing kan sama game Nintendo yang satu ini. Mickey Mania hadir sebagai salah satu peran utamanya. Kamu akan mengontrol Mickey melalui serangkaian level platform yang bervariasi berdasarkan pengalaman masa lalu Mickey seperti Steam Boat Willie, The Mad Doctor, Prince dan the Pauper, dan masih banyak lagi. 

6. Darkwing Duck (NES)

retrogameman.com

Permainan fitur platforming yang khas, membunuh musuh dengan pistol gas Darkwing Duck. Dalam permainan, kamu dapat mengumpulkan berbagai jenis gas, yang berfungsi sebagai senjata untuk membantu kamu mengatasi situasi dan musuh baru. Action game ini dirancang oleh Tokuro Fujiwara dan dirilis pada Juni 1992. 

7. Epic Mickey (Wii)

deviantart.net

Epic Mickey adalah game Disney yang berbeda dengan yang lain, dirancang oleh Warren Spectre of Deus Ex fame. Game platformer yang menampilkan sistem moralitas, saat Mickey menelusuri Cartoon Wasteland yang terlupakan. Gameplay ini menggunakan Wiimote sebagai Mickey yang dapat menggambar atau menghapus objek menggunakan cat dan thinner cat. Epic Mickey merupakan game yang rilis pada 2010.

8. The Lion King (SNES/Genesis)

YouTube.com

The Lion King adalah salah satu film animasi paling terkenal sepanjang masa, tetapi permainan Lion King sangat berbeda dengan filmnya. Game platforming ini merupakan permainan yang menantang, karena kamu harus cepat dan tepat untuk melewati setiap level. Dirancang oleh Seth Mendelsohn, game ini rilis pada 1994.

 

9. Disney's Aladdin (SNES)

kotaku.com.au

Versi SNES, dikembangkan oleh Capcom yang rilis pada 1993. Dikontrol untuk membuat Aladdin melompat dan berjuang melewati momen-momen terbaik dari film klasiknya. Apakah kamu sudah pernah memainkannya?

10. Disney Infinity (Various)

Cultured Vultures

Meskipun Skylanders sudah menerapkannya lebih dulu, Disney Infinity merupakan mimpi yang menjadi nyata bagi para penggemar. Permainan ini menampilkan semua karakter Disney favoritmu (dan yang terbaru Marvel dan Star Wars) sebagai karakter dalam game. Beberapa playsets memberi kamu mode cerita untuk dimainkan, contohnya mode Toy Box yang mengajakmu bermain dengan imajinasi untuk menciptakan berbagai macam dunia dan item. Disney Infinity pertama rilis pada Agustus 2013 dan Disney Infinity 3.0 rilis pada 2015. 

11. Quackshot (Genesis, Saturn)

YouTube.com

Quackshot adalah permainan yang gak didasarkan pada film atau pertunjukan Disney, tetapi menampilkan Donald Duck dan tiga keponakannya sebagai pemburu harta karun. Sebagian besar plot terinspirasi dari tiga film Indiana Jones pertama, sebagai platform 2D dan senjata yang digunakan dengan peluru plunger, popcorn, atau permen karet.

12. Castle of Illusion Starring Mickey Mouse (Genesis, Saturn)

polygon.com

Castle of Illusion adalah permainan dunia sihir Disney, game yang gak jauh berbeda dengan meniru permainan Mario. Mickey diharuskan melakukan misi ke Castle of Illusion untuk menyelamatkan Minnie dari penyihir jahat bernama Mizrabel. Setiap level dan area permainan sangat unik dan penuh semangat animasi. Castle of Illusion berjalan dengan platformer 2D terbaik dalam gameplay.

13. Aladdin (Genesis)

goombastomp.com

Aladdin SNES adalah permainan yang mengikuti alur dan struktur yang sama, sedangkan versi Genesis sendiri memiliki dua perbedaan utama. Aladdin Genesis memiliki sistem permainan yang dapat menyerang dengan pedang, yang juga memiliki alur permainan yang berbeda. Game ini merupakan salah satu game terbaik Disney.

14. DuckTales (NES)

Retrocious

Kalian ingat dengan game Disney yang legendaris ini? DuckTales merupakan game nintendo yang sangat digemari pada waktu itu. Gak seperti game-game Disney lainnya pada waktu itu, DuckTales hadir dengan permainan yang lebih unik. Karena DuckTales termasuk game Disney tertua yang rilis pada 1989.

Verified Writer

Amelia Solekha

Write to communicate. https://linktr.ee/ameliasolekha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya