TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Video Game dengan Kualitas Kurang Optimal Bila Diport ke PC

Game berikut ini di port ke PC dengan hasil yang kurang memuaskan

alphacoders.com

Seperti yang kamu tahu, ada kalanya sebuah Video Game dikembangkan terlebih dahulu untuk konsol lalu di-port ke PC. Game dalam daftar berikut ini berisi game yang di port ke PC dengan hasil yang kurang memuaskan apabila kita tidak ingin menggunakan kata buruk. Beberapa terus mendapatkan update dan perbaikan dari developernya, namun beberapa dibiarkan begitu saja, apa saja kira-kira game yang mendapatkan predikat bad port?

1. NieR Automata (2017)

gamescover.net

NieR Automata dirilis pada bulan Februari 2017, dengan pengembangan yang berfokus untuk versi konsol terlebih dahulu, hasil port game ini ke pc ternyata diiringi dengan sejumlah bug dan glitch yang menyertai game ini pada hari pertama rilis. Untungnya Platinum Games cukup tanggap dalam merespon gamer dan segera merilis patch untuk memperbaiki bug dan glitch yang terjadi, kini NieR Automata sudah bisa kamu mainkan dengan cukup baik di pc, walau sempat terkena masalah bug dan glitch di awal rilis NieR Automata adalah salah satu game yang wajib kamu mainkan.

2. Batman: Arkham Knight (2015)

wallpapercave.com

Kisah penutup dari seri Batman : Arkham ini sebenarnya merupakan game yang fantastis, cerita dan plot yang solid disertai dengan karakter yang begitu menggigit sebenarnya berpotensi menjadikan Batman : Arkham Knight sebagai Game of the Year tahun 2015. Namun di saat para gamer console sedang menikmati copy game Batman Arkham Knight mereka dengan penuh sukacita bebas dari masalah para gamer pc harus gigit jari, karena pada saat dirilis ke pc game ini disertai dengan bug dan glitch yang tak terhitung lagi jumlahnya.

Game ini juga sempat ditarik dari peredaran untuk versi pc-nya dan akhirnya kembali dirilis ulang selang beberapa minggu kemudian, rilis ulang yang dijanjikan akan memperbaiki masalah yang turut menyertai game ini pada awal rilis ternyata hanya memberikan beberapa perbaikan minor yang kurang signifikan. Apabila kamu tertarik untuk memainkan Batman Arkham Knight, saya sangat sarankan untuk memainkan versi PS4 dan Xbox One saja.

3. Dark Souls : Prepare To Die Edition (2011)

wallpaperget.com

Game yang begitu dipuja-puji oleh para kritikus dan gamer ini juga tidak terlepas dari masalah bad port yang menghantui game yang dirilis dengan pengembangan yang menjadikan konsol sebagai fokusnya. Rilis awal Dark Souls di pc turut disertai masalah yang membuat gamer pc geleng-geleng kepala, save yang bermasalah, tidak adanya optimalisasi untuk versi pc, serta kontrol yang membingungkan.

Hal tersebut terjadi karena ini adalah game pertama bagi developer From Software yang mereka port ke pc, untungnya dengan animo dan komunitas yang begitu mencintai seri game ini sebuah patch pun lahir via Nexus Mod, walaupun pembenahan masalah tidak datang dari empunya langsung, namun komunitas yang begitu mencintainya lah yang membuat game ini dapat dimainkan dengan baik hingga saat ini. From Software pun telah belajar dari kesalahan mereka di seri pertama, karena rilis seri kedua dan ketiga dari game ini bisa dibilang hampir tanpa masalah.

4. Lords Of The Fallen (2014)

eskipaper.com

Game selanjutnya adalah game indie besutan City Interactive atau CI Games, game indie ambisius yang terlihat layaknya game AAA ini memang memiliki grafis yang sangat menawan. Namun, konsep dari game ini mencontek dari Dark Souls dan protagonis yang nampak seperti Kratos dari franchise God of War milik sony. Ketika dirilis pada 2014 silam game ini menyertakan banyak bug dan glitch, yang paling sering terjadi adalah crash yang dapat terjadi hingga 10 kali dalam 15 menit serta progress yang tidak bisa di save dan tidak lupa save yang dapat menghilang begitu saja.

Game yang sebenarnya memiliki potensi untuk menjadi franchise ini pun seperti terlupakan begitu saja, patch yang dilemparkan oleh sang developer juga tak begitu terasa signifikan.

Writer

Fajar Ramadhan Putra

Saya adalah seorang hardcore gamer yang mendedikasikan seperempat hidupnya untuk video game, seperempat untuk nonton film, seperempat untuk berimajinasi, dan seperempat untuk tidur dan bekerja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya