Comscore Tracker

5 Hal ini Pasti Sering Dialami Para Online Gamer, Ayo Ngaku!

Ping tiba-tiba drop, bikin bete! #IniBaruGokil

Selama lebih dari dua dekade, pemain game online mengalami banyak perubahan. Mulai dari game online dengan grafis ala kadarnya hingga game online dengan grafis penuh keindahan seperti Fortnite.

Kini kamu punya akses yang mudah ke berbagai varian game online, akses internet yang cepat dan komputer yang canggih. Tak hanya itu, kamu juga disuguhi dengan berbagai jenis game online seperti mobile gaming, MMO, MMORPG, FPS, dan RTS yang begitu banyak pilihannya.

Tapi, tak selamanya kemajuan teknologi dalam online gaming ini menyenangkan dan sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Kebanyakan para pemain game online akan mengalami beberapa hal yang menyebalkan.

Memang apa saja sih hal-hal yang membuat pemain game online menjadi bete?

1. Koneksi internet yang tidak stabil

5 Hal ini Pasti Sering Dialami Para Online Gamer, Ayo Ngaku!Contoh koneksi internet yang tidak stabil (war-robots-forum.freeforums.net)

Bayangkan kamu sedang ada di tengah-tengah permainan multiplayer, hampir memenangkan pertandingan, namun tiba-tiba koneksi internetmu mengalami timeout dan permainanmu tak bisa dilanjutkan.

Ternyata, di luar sedang hujan deras dan cuaca buruk ternyata mengganggu internet sehingga kamu harus menunggu hingga cuaca kembali normal dan saat kamu kembali ke permainan, tim kamu ternyata kalah dan mereka sudah mengakhiri pertandingan.

2. Ping yang tinggi

5 Hal ini Pasti Sering Dialami Para Online Gamer, Ayo Ngaku!Contoh ping internet yang tinggi (theprofox.com)

Timing adalah segalanya dalam dunia game. Semakin cepat dan responsif seorang pemain maka biasanya akan lebih unggul daripada yang lain dalam akurasi permainan. Jika kamu pemain game online yang unggul dalam timing dan kecepatan, maka kemungkinan besar kamu akan lebih unggul dari pemain lain.

Salah satu faktor penentu kelancaran game online adalah jumlah ping. Ping adalah waktu reaksi koneksi internetmu. Semakin rendah jumlah ping di gadget/komputermu, maka akan semakin baik koneksi internetmu.

Ping adalah rentang waktu yang dibutuhkan sebuah gadget untuk memproses data dari sebuah server. Maka semakin sedikit waktu yang dibutuhkan — yang berarti jumlah ping rendah — maka akan semakin responsif dan akurat game online yang kamu mainkan.

Kalau kamu memainkan game yang butuh jumlah ping yang stabil seperti Call of Duty: Modern Warfare atau DotA, jumlah ping yang tinggi akan membuat tekanan darahmu meninggi juga.

Baca Juga: Anti Bosan, Smartfren Siap Temani Lakukan 5 Kegiatan Ini Saat PPKM

3. File game yang terlalu besar sehingga butuh waktu lama untuk mengunduhnya

5 Hal ini Pasti Sering Dialami Para Online Gamer, Ayo Ngaku!Contoh file unduhan game yang besar (dok. Pribadi/Anastasia Jaladriana)

Beberapa game memiliki total file yang tak main-main besarnya, ada yang sampai puluhan gigabyte.

Kalau kamu pengabdi wifi gratisan di kafe atau bahkan numpang wifi tetangga, kamu akan membutuhkan banyak kesabaran sampai kamu bisa selesai mengunduh semua file game-mu. Belum lagi kamu harus pergi ke luar rumah dan duduk berjam-jam di kafe. Masa pandemik seperti ini, ke luar rumah bukanlah pilihan yang bijak dan sebaiknya kamu gunakan provider internet yang memang mendukung kebutuhanmu.

Nah, kalau bingung mau pakai provider mana, bisa banget cobain paket internet dari Smartfren Gokil Max. Jaringan Smartfren Gokil Max terkenal sangat cepat dan lancar, walaupun download game puluhan gigabyte, jaringan tetap stabil dari awal sampai akhir lho! Selain itu, Smartfren Gokil Max juga memiliki kuota yang sangat besar, belum lagi tambahan kuota hingga 70 GB yang bisa digunakan mulai pukul 01.00-05.00 WIB. Cocok banget untuk kamu yang suka begadang karena bermain game online!

Dengan kuota sultan 70 GB, kamu gak akan lagi khawatir kehabisan kuota di tengah-tengah download game kesayanganmu. Meskipun kuotanya MAXimal, tapi Smartfren Gokil Max bisa kamu dapatkan hanya dengan merogoh kantong mulai dari Rp30.000 saja lho.

Murah banget kan? Masa' masih bingung mau pakai provider apa?

4. Jaringan internet yang lambat

5 Hal ini Pasti Sering Dialami Para Online Gamer, Ayo Ngaku!Smartfren Gokil Max 36 GB (dok. Pribadi/Anastasia Jaladriana)

Masalah satu ini gak cuma dihadapi gamer saja, tapi pasti hampir semua pengguna internet mengalaminya dan seringkali membuat mereka frustrasi karena aktivitas mereka terganggu. Bayangkan kamu sedang bermain FIFA 20 dan kamu kalah hanya karena permainannya lag selama beberapa detik. Pasti bikin bete dan suasana hati jadi jelek seharian!

Tapi dengan pakai Smartfren Gokil Max yang jaringannya 100 persen 4G, kamu gak akan lagi mengalami koneksi putus-putus akibat jaringan internet yang gak oke.

5. Pemain yang curang

5 Hal ini Pasti Sering Dialami Para Online Gamer, Ayo Ngaku!Ilustrasi pemain game yang curang (dok. Pribadi/Anastasia Jaladriana)

Bayangkan kamu sudah susah payah bermain game untuk menyelesaikan misi, tapi ada pemain lain yang dengan mudahnya menggunakan cheat engine untuk berlaku curang dan dengan enaknya bisa menyelesaikan misi. Tentu hal ini bikin kamu emosi karena pemain lain mendapatkan achievements mereka dengan mudah.

Untuk beberapa game, pengembangnya sudah membuat fitur report yang bisa digunakan untuk melaporkan pemain-pemain nakal yang curang dalam bermain. Tapi jika game yang kamu mainkan belum ada fitur ini, tentu akan sangat berdampak pada progres permainanmu. Satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan hanyalah bersabar atau tidak memainkan game itu sampai kamu gak bete lagi.

Main game online memang terlihat sepele dan tidak membutuhkan banyak usaha, tapi siapa sangka ternyata main game online pun butuh perjuangan yang gak sedikit. Beruntung, Smartfren Gokil Max akan meringankan bebanmu dalam bermain game online.

Baca Juga: 6 Cara Smartfren GOKIL MAX Manjakan Internetanku Selama PPKM

Anastasia Jaladriana Photo Verified Writer Anastasia Jaladriana

Moonlight bae.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya