Comscore Tracker

5 Tips Penting Main Battlefield yang Harus Kamu Ingat! 

Biar kamu jadi team-player yang keren!

Battlefield adalah contoh game FPS unik yang selalu menarik di mata gamers karena mengedepankan aspek teamwork dan objektif. Tak seperti game FPS pada umumnya, Battlefield adalah game ala perang sebenarnya dimana kamu harus saling adu bersama tim lawan untuk merebut semua objektif. Kamu bebas mengalahkan musuh dalam baku tembak lewat darat, air, dan udara atau menghancurkan tembok bangunan untuk mempersulit musuh kamu. 

Sayangnya, Battlefield bukanlah game FPS yang mudah dimainkan karena banyak hal yang harus dipelajari oleh player tersebut. Untuk mempermudah kamu saat bermain Battlefield, berikut adalah tips-tips penting yang perlu kamu terapkan saat bermain Battlefield. Simak ulasannya dibawah ini, ya!

1. Selalu berusaha menguasai objektif setiap waktu agar tim kamu mampu mendapatkan skor secara konsisten

5 Tips Penting Main Battlefield yang Harus Kamu Ingat! Rebut objektif saat bermain (dok. DICE/Battlefield 4)

Tak seperti game FPS pada umumnya, Battlefield adalah contoh game FPS yang mewajibkan kamu untuk selalu fokus merebut objektif. Jika kamu ingin menang, maka kamu harus meraih objektif. Objektif yang ada seperti kawasan atau zona tertentu yang ditandai dengan huruf abjad, seperti A, B, C, dan lain-lain. Kamu akan saling beradu bersama tim musuh untuk merebut maupun mempertahankan objektif yang tersebar dalam map. Kamu tidak bisa bermain terlalu pasif karena hal tersebut justru malah merugikan tim kamu dan membuat musuh selalu bebas untuk merebut objektif apapun. 

Oleh karena itu, kamu harus memiliki permainan yang selalu fokus objektif. Ikuti saja rekan-rekan kamu saat pergi ke sebuah objektif dan berusahalah merebut objektif tersebut. Namun, jangan sampai kamu keasyikan merebut objektif sampai lupa untuk mempertahankan objektif yang telah kamu raih. Baik merebut maupun mempertahankan objektif akan membuat kamu mendapat skor yang cukup besar dalam leaderboard sekaligus mempermudah rekan satu tim kamu saat ingin melakukan spawn pada objektif tertentu. 

2. Jangan habiskan waktu untuk mencari kill terus-terusan karena peringkat kamu akan sulit meningkat dalam leaderboard

5 Tips Penting Main Battlefield yang Harus Kamu Ingat! Jangan bermain egois (dok. DICE/Battlefield 5)

Banyak pemain Battlefield yang masih egois saat bermain. Mereka malas untuk membantu tim dalam merebut objektif karena mereka selalu ingin mendapatkan kill yang lebih banyak dibanding pemain lainnya. Hal ini justru sangat merugikan karena pemain tersebut tak mampu memberikan impact yang signifikan, memperkecil peluang untuk mendapatkan peringkat tertinggi dalam leaderboard, dan membuat rekan satu tim jadi jengkel.

Apakah kamu termasuk orang-orang dengan mental tersebut? Jika jawaban tersebut adalah benar, maka tinggalkanlah kebiasaan buruk tersebut. Seperti yang penulis telah singgung diatas, Battlefield adalah game yang berfokus pada objektif. Kamu tak perlu menghabiskan waktu untuk mencetak banyak kill layaknya bermain CS:GO, Call of Duty, VALORANT, dan game-game FPS kompetitif lainnya karena hal tersebut akan sangat membuang waktu kamu dan tidak akan membuat kamu jadi pemain yang mahir.

3. Kuasai role yang kamu mainkan agar kamu mendapatkan skor yang tinggi sebagai team player yang solid

5 Tips Penting Main Battlefield yang Harus Kamu Ingat! Kuasai role kamu (dok. DICE/ Battlefield V)

Secara umum, Battlefield terbagi dalam beberapa role umum, yaitu Engineer, Medic, Support Assault, dan Recon. Kamu harus cerdas dalam menentukan role ini karena role tersebut akan menentukan jenis senjata kamu, tugas kamu, dan playstyle kamu. Namun perlu kamu ingat bahwa sistem role pada setiap game Battlefield tidaklah selalu sama baik dalam segi kelebihan maupun persenjataan yang diberikan. Salah satu contoh role yang sering digunakan adalah Assault. Assault adalah tipe pasukan yang sering terlibat dalam baku tembak menggunakan Assault Rifle sepanjang permainan dengan gaya permainan yang cukup fleksibel. 

Saat bermain Battlefield, alangkah baiknya apabila kamu mencoba semua role yang ada supaya kamu dapat mengetahui gaya permainan dan tugas apa yang cocok untuk kamu sekaligus tipe senjata apa yang kamu suka. Setelah kamu mencoba semua role, pilihlah satu atau dua role dan kuasailah sampai mahir. Selama permainan berlangsung, fokus saja sama tugas kamu sembari merebut objektif agar skor kamu selalu tinggi di dalam leaderboard sekaligus membuat tim kamu dapat bertahan lama. Namun, perlu kamu ingat bahwa kamu bebas mengganti role sesuka hatimu selama permainan tergantung situasi yang kamu hadapi.  

Baca Juga: 6 Penyesuaian Battlefield di Patch 1.6.18, User Core Wajib Tahu

4. Belajarlah menggunakan kendaraan yang tersebar dalam arena agar taktik kamu semakin kreatif

5 Tips Penting Main Battlefield yang Harus Kamu Ingat! Gunakan kendaraan untuk habisi musuh kamu (dok. DICE/ Battlefield 1)

Salah besar apabila kamu sering bermain Battlefield tanpa menggunakan kendaraan sama sekali. Kamu akan terus-terusan mati oleh musuh yang lihai menggunakan kendaraan sepanjang permainan. Semua kendaraan yang ada dalam Battlefield justru dapat memperkaya taktik perang kamu dan mempermudah kamu dalam merebut objektif sekaligus mencetak skor yang tinggi dalam leaderboard

Ada banyak jenis kendaraan yang bisa kamu pakai seperti tank, motor, pesawat jet, helikopter, dan lain-lain. Kamu tidak harus mempelajari semua kendaraan yang ada dalam Battlefield. Pilih saja beberapa kendaraan yang kamu suka lalu cobalah pelajari cara menggunakan kendaraan tersebut di practice mode sampai mahir. 

5. Lakukan flanking ke arah musuh agar kamu mampu mendapatkan kill dengan mudah sekaligus membuat musuh kesulitan dalam menebak lokasi kamu

5 Tips Penting Main Battlefield yang Harus Kamu Ingat! Kejutkan musuhmu dengan taktik flank (dok. DICE/ Battlefield: Bad Company 2)

Saat melihat musuh dalam minimap, jangan selalu mendatangi musuh kamu secara langsung dari arah depan karena musuh akan membunuh kamu dengan sangat mudah. Biasanya, mereka sudah mendapatkan posisi yang jauh lebih baik dibanding kamu Sebaliknya, perhatikan minimap kamu dan manfaatkan lingkungan sekitar kamu untuk melakukan flank. Flank adalah taktik bermanfaat yang akan mengejutkan musuh sekaligus memudahkan kamu dalam mendapatkan kill.

Karena Battlefield memiliki map yang luas, maka tidaklah sulit melakukan flank. Perhatikan minimap kamu secara teliti sepanjang waktu dan manfaatkan lingkungan sekitar agar posisi kamu tidak ketahuan. Ketika kamu sudah sampai di dekat musuh, tembaklah secepat mungkin agar musuh tak mampu bereaksi apa-apa.

Battlefield adalah game FPS yang akan mengajarkan kamu pentingnya bermain secara tim. Selalu bermain egois tidak akan membuatmu jadi pemain yang mahir. Namun apabila kamu bermain dengan terus mengedepankan aspek teamwork dan objektif secara konsisten, maka siap-siap win rate kamu akan meningkat dengan pesat.

Baca Juga: Biar Gak Gampang Mati, Ini 5 Tips Untuk Pemula Battlefield V

Andra Setiawan Weltofa Photo Verified Writer Andra Setiawan Weltofa

Penulis artikel bermanfaat anti-boring! / E-mail: andrasweltofa@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya