Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Video Game Bisa Bikin Orang Dewasa Lebih Bahagia

Benarkah video game adalah perilis stres terampuh?

Sebagian besar orang masih percaya bahwa video game hanya diperuntukan untuk anak-anak. Sebagian orang itu pun masih berpendapat jika video game mendorong tingkat kreativitas anak dalam melakukan berbagai macam hal.

Namun, video game sebenarnya juga bisa bermanfaat untuk orang dewasa. Nyatanya memang dewasa ini tak hanya anak-anak saja yang doyan bermain video game. Orang dewasa pun juga suka!

Bahkan, setidaknya ada sederet alasan mengapa video game bisa bikin orang dewasa lebih bahagia. Gak percaya? Coba simak dulu artikel ini, lalu refleksikan pada diri kamu sendiri.

1. Obat penghilang stres paling instan

5 Alasan Mengapa Video Game Bisa Bikin Orang Dewasa Lebih Bahagiailustrasi pria bermain video game (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Kehidupan orang dewasa tidak jauh dari yang namanya beban pikiran. Tak jarang jika beban yang begitu berat secara tidak sadar membawa rasa stres berlebihan.

Bermain video game menjadi salah satu inspirasi menghilangkan stres termudah sekaligus instan. Ketika seseorang sudah fokus bermain game, entah disadari atau tidak aktivitas tersebut memberikan perasaan tenang dan enjoy hingga mampu menghindarkan diri dari pemikiran yang sebenarnya tak diperlukan.

2. Konteks 'Bermain' yang tidak dihilangkan

5 Alasan Mengapa Video Game Bisa Bikin Orang Dewasa Lebih Bahagiailustrasi game virtual Reality (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Kehidupan anak kecil dan orang dewasa sudah pasti berbanding terbalik. Pertambahan usia seakan membuat orang dewasa tidak bisa bermain lagi. Nah, konsep video game di sini adalah bermain, bagaimana si pemain menjalankan suatu karakter untuk sekadar bermain-main.

Orang dewasa yang bermain video game bisa membuat hidupnya lebih bahagia lewat konteks bermain dalam hidup yang tak dihilangkan. Artinya, kehidupan dewasa bukan menghilangkan inti dari sebuah kesenangan karena video game berhasil membuat kesenangan itu tetap berada di tempatnya.

Baca Juga: Seberapa Penting Grafis dan Gameplay dalam Sebuah Video Game?

3. Video game yang sangat bisa dinikmati

5 Alasan Mengapa Video Game Bisa Bikin Orang Dewasa Lebih Bahagiailustrasi bermain video game (pexels.com/Alexander Kovalev)

Di zaman sekarang, kualitas sebuah video game sudah tidak bisa kita ragukan lagi. Mulai dari jalan cerita yang kompleks, peta atau map yang sangat luas, hingga grafis memanjakan mata.

Pada akhirnya, suatu video game sangat bisa dinikmati atas berbagai macam fitur yang ditawarkan. Tentu hal ini akan membawa rasa bahagia dan kesenangan sehingga pemain mampu terpukau atas game yang sedang dimainkan.

Dilansir BBC, ada sebuah penelitian terhadap 3.274 responden yang dikepalai oleh Andrew Przybylski terhadap dua game, yakni Animal Crossing dari Nintendo dan Plants vs Zombies dari EA. Faktanya, orang yang bermain game Animal Crossing empat jam sehari disinyalir jadi pribadi yang lebih bahagia dibandingkan orang-orang yang tidak melakukannya. 

4. Mengubah waktu luang menjadi lebih menyenangkan

5 Alasan Mengapa Video Game Bisa Bikin Orang Dewasa Lebih Bahagiailustrasi bermain video game bersama teman (pexels.com/RODNAE Productions)

Dalam kehidupan orang dewasa, gak selamanya mereka berbicara soal kesibukan akan pekerjaan. Dalam beberapa kesempatan, pastinya ada waktu luang yang bisa memicu rasa bosan sehingga tidak tahu harus berbuat apa.

Pada akhirnya, keberadaan video game mengubah waktu luang itu menjadi lebih menyenangkan. Sebagian besar orang menjadikan bermain game sebagai hobi. Bahkan, tak sedikit juga yang mampu menambah income dari bermain game, lho!

5. Mendapatkan sebuah pencapaian di dalam game

5 Alasan Mengapa Video Game Bisa Bikin Orang Dewasa Lebih Bahagiailustrasi bahagia bermain video game (pexels.com/Yan Krukov)

Kebanyakan game tidak hanya berjalan di satu mekanisme saja. Ada progres yang bisa kita capai untuk mendapatkan gameplay yang berbeda. Contohnya, pemain bisa menaikkan level karakter atau mendapatkan barang langka yang tidak dimiliki oleh pemain lainnya.

Ketika pemain mampu meraih pencapaian tersebut, ada kebahagiaan tersendiri yang gak semua orang bisa memahaminya. Bahkan, tak jarang jika mereka bermain game secara berulang-ulang untuk mendapatkan hasil terbaik yang bisa diraih untuk bisa mengalahkan pencapaian diri sendiri.

Video game tidak hanya sebatas membuang waktu dalam keseharian, tetapi juga bisa membawa kebahagiaan sekaligus penghilang stres. Meski begitu, kamu harus bisa membedakan kapan waktu bermain game dan kapan untuk menjalani aktivitas sehari-hari dengan penuh tanggung jawab, ya!

Baca Juga: 6 Game Fighting dengan Visual Anime Terbaik

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya