Comscore Tracker

5 Game AAA Ramah Spek yang Bisa Dimainkan di RAM 4GB

Gamer sejati wajib baca!

Bersamaan dengan perkembangan teknologi, industri video game juga ikut berkembang dengan cukup pesat. Tidak hanya dalam jumlah game yang tiap tahun semakin bertambah banyak, namun kualitas grafis dari video game itu sendiri juga ikut berkembang secara drastis.

Sayangnya, kualitas grafis pada game yang semakin meningkat berdampak secara signifikan kepada spesifikasi yang harus disediakan gamer untuk bisa memainkan game tersebut. Nah, apabila kamu merupakan gamer yang memiliki spesifikasi PC atau laptop terbatas, berikut IDN Times kasih rekomendasi game AAA yang bisa dimainkan di RAM 4GB dengan lancar jaya.

Langsung saja!

1. Metal Gear Solid V - Phantom Pain

5 Game AAA Ramah Spek yang Bisa Dimainkan di RAM 4GBign.com

Metal Gear Solid V - Phantom Pain merupakan game open-world dengan unsur stealth-action yang dikembangkan oleh Konami dan dirilis pada tahun 2015 lalu. Game ini merupakan kreasi original dari seorang jenius asal Jepang, Hideo Kojima.

MGSV memiliki kualitas grafis yang bisa dibilang sangat baik. Menggunakan Fox Engine yang juga digunakan sebagai game engine PES 2018, MGSV menawarkan kualitas grafis yang tidak murahan. Meski sempat dilabeli sebagai game AAA, pada faktanya game yang satu ini sangat ringan bahkan bisa berjalan dengan sangat baik di RAM 4GB sekalipun.

2. Mad Max

5 Game AAA Ramah Spek yang Bisa Dimainkan di RAM 4GBspidersweb.pl

Bersamaan dengan versi filmnya, Mad Max juga dirilis pada tahun 2015 untuk PS4, Xbox One, dan PC. Game yang dikembangkan oleh Avalanche Studios ini menggabungkan konsep dunia post-apocalyptic dengan balapan gurun pasir yang terhitung intense dan menyenangkan.

Untuk urusan grafis, game ini tidak perlu diragukan lagi. Avalanche Studios yang juga menangani Just Cause 3, mengeksekusi dengan baik setiap detail yang ada pada game ini. Maka tak heran, jika spesifikasi pada game ini sangatlah tinggi.

Akan tetapi, entah bagaimana game ini masih bisa dimainkan dengan nyaman di PC atau laptop dengan RAM 4GB.

3. Titanfall 2

5 Game AAA Ramah Spek yang Bisa Dimainkan di RAM 4GBrollingstone.com

Setelah ketidaksuksesan Titanfall di tahun 2014, EA akhirnya meluncurkan seri terbaru dari game FPS ini di tahun 2016 kemarin. Berbeda dari pendahulunya, Titanfall 2 tidak menggunakan mode always-online dan sebagai gantinya, game ini memiliki mode campaign yang keren dan super epik.

Game yang dikembangkan oleh Respawn Entertainment ini bercerita mengenai seorang tentara bernama Jack Cooper yang bercita-cita ingin menjadi pilot Titan demi melawan Interstrear Manufacturing Corporation atau yang biasa disingkat IMC. Di dalam situs resminya, game ini membutuhkan RAM setidaknya 8GB. Akan tetapi banyak gamer yang mencobanya pada RAM 4GB dan berjalan dengan lancar. 

4. Middle Earth - Shadow Of War

5 Game AAA Ramah Spek yang Bisa Dimainkan di RAM 4GBforbes.com

Middle Earth - Shadow Of War merupakan game open-world RPG yang dikembangkan oleh Monolith Productions dan dirilis secara global untuk berbagai platform pada tahun 2017. Game ini merupakan sekuel langsung dari Shadow Of Mordor yang dirilis tiga tahun sebelumnya.

Shadow Of War didasarkan pada novel legenda karangan J.R.R Tolkien dan timeline-nya terletak diantara The Hobbit dan The Lord of the Rings. Untuk game keluaran tahun 2017, Shadow Of War memiliki kualitas grafis yang tidak main-main.

Kendati demikian, label AAA serta spesifikasi 'berat' yang ada pada game ini tidak sepenuhnya benar. Pada RAM 4GB sekalipun, Shadow Of War masih bisa dimainkan dengan lancar dan nyaman.

5. Battlefield 1

5 Game AAA Ramah Spek yang Bisa Dimainkan di RAM 4GBwccftech.com

Ada satu lagi game keluaran EA yang dioptimalisasi dengan baik, sehingga bisa dimainkan di RAM 4GB dengan cukup lancar dan nyaman. Game tersebut adalah Battlefield 1 yang dirilis pada 20 Oktober 2016 untuk berbagai macam platform.

Ketika diumumkan pertama kali, game ini langsung mendapat pujian dari banyak orang. Dan benar saja, ketika sudah dirilis, Battlefield 1 menuai review positif dari kritikus maupun gamer terkait gameplay dan latar waktu yang ditawarkan.

Selain itu, kualitas grafis super keren dari Battlefield 1 juga bisa dibilang merepresentasikan suasana perang dunia pertama yang cukup masif dan nyata. Sebagai info tambahan, game ini dibangun dengan Frostbite 3 yang terkenal ramah spesifikasi.

Demikian tadi beberapa rekomendasi game AAA yang bisa dimainkan di RAM 4GB. Spesifikasi mininum yang tertera pada situs resmi tak selamanya benar, terkadang game-game dengan spek tinggi bisa dimainkan dengan sangat baik di spek rendah sekalipun.

Untuk itu, tak ada salahnya untuk mencoba game-game diatas apabila kamu sudah bosan dengan game berkualitas grafis rendah. Semoga bermanfaat!

Line Ads

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You

I Want More !