Comscore Tracker

5 Game Mirip Minecraft di Android, Tak Kalah Seru!

Beberapa hadir dengan gameplay yang menarik

Di industri dengan segudang game AAA berkualitas visual mumpuni, Minecraft punya cara tersendiri untuk tetap tampil menarik bagi penggemarnya. Game garapan Mojang ini sangat populer hingga tersedia di hampir semua platform termasuk Android.

Bahkan, Minecraft versi Android mendukung cross-platform untuk PC dan juga Xbox One. Sementara Minecraft mungkin secara kualitas tidak perlu diragukan lagi, ada beberapa game lain di Android yang mengusung konsep serupa. Beberapa bahkan hadir dengan sejumlah hal baru yang menarik. Penasaran?

1. Blockheads 

https://www.youtube.com/embed/4Fu0Bigfl3w

Blockheads merupakan game yang mengkombinasikan gaya visual 2D dan 3D untuk menciptakan Minecraft dengan genre platformer. Ini bahkan juga mengusung elemen game The Sims. Yang perlu dilakukan pemain pada game ini adalah memastikan bahwa Blockhead mereka makan, tidur dan sehat.

Sama seperti Minecraft, pemain dapat mengumpulkan bahan, melakukan crafting dan mengeksplorasi dunia yang dibangun secara prosedural. Bagi mereka yang mencari game yang lebih simpel dari Minecraft, Blockheads layak dicoba.

2. LostMiner 

https://www.youtube.com/embed/BbeleFithhg

LostMiner sangat mirip dengan Terraria. Ini menggunakan visual bergaya 2D namun seperti Minecraft adalah hal-hal seperti menambang, membangun dan membuat berbagai macam barang. Selain itu, pemain juga akan menemukan karakter jahat, hewan, dan item lain.

Visual mungkin bukan jadi hal unggulan dari game ini, namun gameplay-nya terbilang menyenangkan. Ini bisa diunduh secara gratis di Google Play, dengan opsi berbayar yang opsional. Cocok untuk gamer yang suka Minecraft, sekaligus Terraria.

Baca Juga: 5 Fakta Seru Stardew Valley, Game buat Kamu yang Bosan Tinggal di Kota

3. Pixel Worlds 

https://www.youtube.com/embed/h6K8KiqCoAc

Pixel Worlds merupakan perpaduan menarik dari MMO dengan Minecraft (ada beberapa elemen Terraria juga). Pemain bermain di dunia 2D dengan beragam mekanisme menambang dan crafting. Di samping itu, ada pula dungeon untuk dijelajahi dan berbagai macam aktivitas menyenangkan untuk dilakukan.

Yang membuat game ini unik adalah bagaimana cara pemain masuk ke dalam permainan. Pemain dapat bergabung dengan server yang telah ada atau memulai server sendiri dan mengajak pemain lain untuk bergabung.

4. Survivalcraft 2 

https://www.youtube.com/embed/TA__7nTBUHY

Dari semua game di daftar ini, Survivalcraft 2 jadi yang paling mendekat Minecraft. Pada game ini, pemain 'terdampar' di sebuah planet yang terbuat dari balok. Tujuan utama pemain adalah untuk membangun tempat tinggal, membuat senjata, bertahan hidup, bercocok tanam dan banyak lagi.

Menariknya, game ini juga memungkinkan pemain untuk membangun mesin yang benar-benar bisa berfungsi dan membantu kegiatan pemain. Sebagai tambahan, ada mode split-screen untuk bermain dengan tiga pemain lain secara bersamaan.

5. Terraria 

https://www.youtube.com/embed/w7uOhFTrrq0

Terakhir adalah game yang sebelumnya telah disebut dan jadi salah satu kompetitor terkuat Minecraft – Terraria. Game ini memiliki banyak elemen serupa seperti menambang, crafting, bertahan hidup dan menaklukkan bos. Namun tidak seperti Minecraft, Terraria memiliki pendekatan visual 2D yang lebih sederhana.

Terraria juga memiliki mode multiplayer hingga tujuh pemain, lebih dari 20 area untuk dieksplorasi, beragam NPC menarik dan banyak lagi. Game yang baru saja mendapat perhatian kembali dari developer-nya ini berbayar, namun gratis bagi yang berlangganan Google Play Pass.

 

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi game mirip Minecraft di Android. Ada saran lain? Jika ada, langsung saja tulis di kolom komentar di bawah ya!

Baca Juga: 10 Game Android Terpopuler di Indonesia Selama Tahun 2020

Arif Gunawan Photo Verified Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya