Comscore Tracker

7 Karakter Superhero Paling Konyol Sepanjang Sejarah Video Game

Bikin ngakak, karakter berikut ini jauh banget dari kata 'superhero'

Batman, X-Men, Spiderman dan banyak superhero lainnya selalu dibuatkan video gamenya yang keren serta penuh aksi dan petualangan epik. Sayangnya, ketika sebuah developer berusaha untuk membuat superhero sendiri ketimbang mengambil inspirasi dari komik atau buku, seringkali hasilnya jadi aneh dan menyedihkan.

Berikut ulasan mengenai beberapa superhero dalam video game yang bukannya keren, tapi malah berakhir konyol dan bikin ngakak. Cekidot!

1. Boogerman: A Pick and Flick Adventure (SNES, 1994)

7 Karakter Superhero Paling Konyol Sepanjang Sejarah Video Gameyoutube.com

Boogerman: A Pick and Flick Adventure memperkenalkan seorang superhero paling menjijikkan yang pernah dibuat. Boogerman merupakan seorang anak gemuk dengan kostum yang penuh dengan lubang, tidak menggunakan sepatu, dan terobsesi kepada benda-benda kotor.

Secara keseluruhan game dari karakter ini sangatlah menjijikkan. Setiap level yang ada selalu berkutat di area yang kotor seperti toilet dan selokan bawah tanah. Selain itu, kemampuan Boogerman untuk menggunakan kentutnya sebagai roket memberi kesan 'íngin muntah' ketika memainkan game ini.

2. Captain Blasto (PS1, 1998)

7 Karakter Superhero Paling Konyol Sepanjang Sejarah Video Gamesupersmashbrosgmod.deviantart.com

Captain Blasto merupakan karakter superhero konyol yang berasal dari game Blasto yang dirilis pada tahun 1998 untuk PS1. Captain Blasto digambarkan sebagai superhero tolol dengan kaki kecil seperti ayam dan hanya peduli dengan keselamatan galaksi lantaran memiliki kesempatan untuk menyelematkan Space Babes juga.

Space Babes sendiri merupakan koloni makhluk seksi yang berasal dari Uranus. Gamenya sendiri dikenal karena dua hal, yaitu tingkat kesulitannya yang tidak masuk akal serta suara Captain Blasto yang diisi oleh almarhum Phil Hartman.

3. Pepsiman (PS1, 1999)

7 Karakter Superhero Paling Konyol Sepanjang Sejarah Video Gameuvejuegos.com

Pepsiman sebenarnya merupakan maskot dari Pepsi Jepang di tahun 90-an yang karena menarik, akhirnya dibuatkan video gamenya sendiri. Meskipun begitu, game Pepsiman pada dasarnya lebih ditujukan ke promosi iklan yang disamarkan kedalam bentuk video game agar terlihat lebih menarik.

Sama seperti game endless-runner lainnya, di Pepsiman pemain juga harus berlari sejauh mungkin untuk mendapatkan skor tertinggi. Di perjalanan, Pepsiman juga akan mendapatkan banyak halangan, mulai dari orang-orang yang tidak senang hingga truk Pepsi yang menghalangi tanpa alasan yang jelas. 

4. Captain Novolin (SNES, 1992)

7 Karakter Superhero Paling Konyol Sepanjang Sejarah Video Gamegiantbomb.com

Inti dari game bergenre edutainment adalah pendidikan dan hiburan. Kapten Novolin tentu saja mendidik, karena ia digambarkan sebagai kapten penderita diabetes, yang disepanjang permainan disuguhi dengan beragam trivia tentang diabetes dan saran untuk mengkonsumsi makanan sehat.

Misi dari Captain Novolin sendiri adalah menyelamatkan walikota diabetes, yang diculik oleh orang asing yang terlihat seperti junkfood. Untuk bisa menyelamatkannya, pemain akan dihadapkan dengan serangkain misi menghindari alien berbentuk junkfood hingga mengumpulkan makanan-makanan sehat.

5. Comic Jumper: The Adventures of Captain Smiley (Xbox 360, 2010)

7 Karakter Superhero Paling Konyol Sepanjang Sejarah Video Gamegamesradar.com

Comic Jumper: The Adventures of Captain Smiley merupakan game bergenre side-scroller yang lucu dan unik. Game ini memiliki salah satu karakter superhero paling aneh dan konyol sepanjang sejarah video game.

Captain Smiley merupakan seorang pahlawan berotot yang tolol dengan emoji sebagai kepalanya. Karakter ini memiliki misi untuk menghidupkan kembali serangkain cerita komik yang gagal, dengan cara masuk kedalam komik tersebut.

Meski memiliki potensi dengan konsepnya yang lumayan unik, game ini pada faktanya membuat developernya yaitu Twisted Pixel, bangkrut.

6. Captain Rainbow (Nintendo Wii, 2008)

7 Karakter Superhero Paling Konyol Sepanjang Sejarah Video Gamesupersmashbrosgmod.deviantart.com

Captain Rainbow tidak pernah dirilis diluar Jepang, sehingga kecil kemungkinan jika sebagian dari kalian pernah memainkan game ini. Captain Rainbow merupakan seorang superhero aneh yang menggunakan yo-yo malapetaka sebagai senjata utama.

Alter ego dari superhero ini bernama Nick, seorang kutu buku yang melakukan perjalanan ke sebuah tempat bernama Mimin Island, sebuah negeri ajaib yang bisa mengabulkan permintaannya. Di Pulau Mimin, Captain Rainbow bertemu dengan berbagai karakter Nintendo lain, seperti Birdo dan Little Mac.

Seiring kebaikan yang ia lakukan di pulau itu, Captain Rainbow perlahan tapi pasti mulai mendapatkan popularitas seperti yang ia dambakan sedari awal.

7. Wonder Dog (Sega CD, 1992)

7 Karakter Superhero Paling Konyol Sepanjang Sejarah Video Gametwitter.com

Wonder Dog bukanlah pahlawan dari komik DC, melainkan judul game dari Sega CD yang dibintangi oleh superhero berbentuk anjing asing dari planet K-9. Sama seperti cerita Superman, Wonder Dog dikirim ke bumi hanya untuk menemukan kekuatannya di kemudian hari.

Wonder Dog pada dasarnya hanyalah game side-scroller sederhana dengan mengumpulkan tulang sebagai salah satu misi utama. Kostumnya sendiri hanya terdiri dari sarung tangan, celana pendek merah, dan juga sepatu biasa. Naasnya, karena terlalu mirip dengan Mickey Mouse, karakter ini sempat dituntut oleh Disney. 

Demikian tadi info menarik tentang karakter superhero paling konyol sepanjang sejarah video game. Bagaimana menurut kamu? Punya referensi karakter superhero konyol yang bikin ngakak lainnya? Tulis dikolom komentar ya.

Arif Gunawan Photo Verified Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You