Comscore Tracker

Cyberpunk 2077 dan 7 Game Lain dengan Penundaan Tanggal Rilis Terlama!

Hingga satu dekade lebih!

Beberapa waktu yang lalu, gamer mendapatkan kabar buruk. Salah satu game paling diantisipasi tahun ini – Cyberpunk 2077, dimundurkan jadwal perilisannya hingga lima bulan. Itu artinya, game garapan CD Projekt Red pertama setelah The Witcher 3 itu, baru bisa dinikmati pada September mendatang – menjauh dari jadwal rilis aslinya di April.

Naasnya, ini bukan pertama kalinya industri video game menjadi mengecewakan seperti ini. Sebelum Cyberpunk 2077, ada sejumlah kasus di mana video game mendapatkan pemunduran jadwal rilis. Banyak di antaranya bahkan ditunda untuk waktu yang tidak sedikit hingga bertahun-tahun. Berikut beberapa di antaranya.

1. Too Human

Cyberpunk 2077 dan 7 Game Lain dengan Penundaan Tanggal Rilis Terlama!megagames.com

Setelah dijadwalkan untuk rilis pada tahun 1999 dan kemudian berpindah platform beberapa tahun kemudian, Silicon Knights akhirnya merilis Too Human pada tahun 2008. Namun naas, game action-adventure mendapat sambutan yang kurang hangat di awal perilisannya.

Too Human dihindari oleh banyak gamer karena masalah fps, bug dan gameplay yang dinilai ‘kurang matang’. Parahnya lagi, Silicon Knights selaku developer langsung tutup buku setelah ketahuan menggunakan engine milik Epic Games – Unreal Engine 3, secara ilegal.

2. Team Fortress 2

Cyberpunk 2077 dan 7 Game Lain dengan Penundaan Tanggal Rilis Terlama!reddit.com

Memulai ‘hidupnya’ sebagai mod untuk Quake pada tahun 1996, Team Fortress original atau yang pertama akhirnya dirilis pada tahun 1999 sebagai IP baru. Di tahun yang sama, demo sekuelnya – Team Fortress 2 ditampilkan di E3, namun produk finalnya tidak benar-benar muncul sampai beberapa tahun kemudian.

Setelah melalui berbagai macam revisi gameplay dan gaya visual, Team Fortress 2 akhirnya dirilis pada tahun 2007 sebagai bagian dari paket The Orange Box dari Valve. Hingga kini, Team Fortress 2 masih memiliki banyak pemain aktif di seluruh dunia.

3. Diablo III

Cyberpunk 2077 dan 7 Game Lain dengan Penundaan Tanggal Rilis Terlama!mspoweruser.com

Pengembangan Diablo III dimulai tak lama setelah perilisan Diablo II di tahun 2000 dan diumumkan akan dirilis pada tahun 2008. Sayangnya, waktu pengembangan yang sudah panjang itu harus lebih panjang lagi setelah berbagai macam penundaan. Akhirnya, Diablo III dirilis pada tahun 2012, dua belas tahun setelah judul kedua.

Namun, sama seperti Too Human, Diablo III mengalami banyak masalah di awal perilisannya. Terlepas dari fakta bahwa masalah tersebut cepat usai, Diablo III hingga kini masih dikenal sebagai salah satu game dengan penundaan terlama dan terpopuler.

Baca Juga: 7 Game Santai yang Cocok Dimainkan saat Stres, Dijamin Langsung Adem!

4. Prey

Cyberpunk 2077 dan 7 Game Lain dengan Penundaan Tanggal Rilis Terlama!mobygames.com

Awalnya diumumkan tak lama setelah perilisan game pertama pada tahun 2006, Prey 2 disebut akan menjadi game RPG open-world yang dikembangkan oleh developer game pertama – 3D Realms. Namun, pada tahun 2011, Bethesda membeli lisensi Prey dan melemparkan tanggung jawab pengembangan Prey 2 ke Human Head Studios.

Pada tahun 2013, untuk alasan tertentu, Prey 2 memulai semuanya dari awal di bawah arahan developer baru – Arkane Studios. Prey 2 pada akhirnya menjadi game reboot dengan judul resmi “Prey” dan dirilis pada tahun 2017.

5. Duke Nukem Forever

Cyberpunk 2077 dan 7 Game Lain dengan Penundaan Tanggal Rilis Terlama!gamewatcher.com

Diumumkan pada tahun 1997, Duke Nukem Forever mengalami siklus pengembangan paling menyiksa sepanjang masa. Setelah melewati penundaan rilis yang tak terhitung jumlahnya dan segudang revisi untuk mengimbangi evolusi teknologi video game, Duke Nukem Forever akhirnya dirilis pada tahun 2011.

Naasnya, alih-alih diterima dengan tangan terbuka, Duke Nukem Forever dihujani dengan banyak ulasan buruk. Sebagian besar ulasan mengkritisi kualitas Duke Nukem Forever yang dianggap telah outdated atau usang untuk game rilisan tahun 2011.

6. Cyberpunk 2077

Cyberpunk 2077 dan 7 Game Lain dengan Penundaan Tanggal Rilis Terlama!wccftech.com

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Cyberpunk 2077 menjadi salah satu game yang mengalami penundaan rilis di tahun 2020. Game garapan CD Projekt Red ini awalnya diniatkan untuk dirilis pada 16 April, namun diundur hingga lima bulan ke 17 September.

CD Projekt Red sendiri menyebut bahwa penundaan ini dilakukan untuk memoles segalanya menjadi lebih baik lagi. Namun, salah satu sumber dari Polandia justru menyebut bahwa alasan asli di balik penundaan ini adalah limitasi hardware dari konsol current-gen (PS4 dan Xbox One) alias Cyberpunk 2077 kemungkinan akan mendapat downgrade visual.

7. Dead Island 2

Cyberpunk 2077 dan 7 Game Lain dengan Penundaan Tanggal Rilis Terlama!gamespot.com

Dead Island 2 awalnya diumumkan pada tahun 2014 dan ‘dioper’ ke banyak developer sepanjang pengembangannya, sampai akhirnya gamer ragu bahwa sekuel dari game bertema zombie ini akan benar-benar dirilis. Hingga kini, Dead Island 2 masih menjadi misteri.

Deep Silver selaku publisher juga berkali-kali mengatakan bahwa pengembangan Dead Island 2 masih berjalan sampai sekarang. Untuk saat ini, Dead Island 2 diketahui sedang dikembangkan oleh Dambuster Studios dan akan dirilis untuk Playstation 4, Xbox One dan juga PC.

Demikian tadi informasi menarik mengenai sejumlah game dengan penundaan rilis terlama. Sejauh ini, Duke Nukem Forever masih jadi game dengan ‘delay’ rilis terlama, mencapai lima belas tahun.

Baca Juga: 8 Mini Game di Video Game Ini Lebih Seru daripada Permainan Utamanya

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya