Comscore Tracker

7 Game dengan Sekuel Terbanyak, sampai Tembus Ratusan!

Banyak yang juga diadaptasi dalam format lain seperti film

Beberapa seri game berhenti setelah dua atau tiga game, namun beberapa yang lain terus hidup dengan melahirkan sekuel atau game baru. Dengan ide yang tidak ada habisnya, setiap game baru memperkenalkan karakter baru, tempat baru, kisah latar belakang lebih banyak dan mekanisme gameplay baru untuk pemain nikmati.

Game dengan sekuel terbanyak rata-rata merupakan game dengan basis fans yang masif. Tidak sedikit di antaranya bahkan berakhir mendapat adaptasi dalam format lain seperti film atau serial TV. Berikut 7 game dengan sekuel terbanyak.

1. Super Mario

7 Game dengan Sekuel Terbanyak, sampai Tembus Ratusan!Super Mario (nintendolife.com)

Seri game Super Mario menjadi juara ketika berbicara soal game dengan sekuel terbanyak. Ada lebih dari 200 game apabila menghitung seri utama dan game-game lainnya seperti Mario Kart, Paper Mario, Mario Tennis dan Mario Party. Kerennya lagi, beberapa karakter sentral seperti Luigi dan Wario bahkan juga berakhir memiliki seri gamenya sendiri.

Alasan mengapa Super Mario punya begitu banyak sekuel adalah fakta bahwa tiap game yang hampir semuanya berhasil dan tidak mengecewakan penggemar. Selain game, Super Mario juga sempat diperluas ke format lain seperti serial TV, anime, film dan juga komik.

2. Mega Man

7 Game dengan Sekuel Terbanyak, sampai Tembus Ratusan!Mega Man (nintendolife.com)

Diciptakan oleh Capcom, Mega Man pertama kali dirilis pada tahun 1987 dan game yang terakhir kali dirilis sejauh ini meluncur pada tahun 2020 kemarin. Mega Man punya segudang seri game yang masing-masing juga punya segudang sekuel. Ada Mega Man klasik, Mega Man X, Mega Man Legends, Mega Man Zero, Mega Man Star Force dan banyak lagi.

Selain menjadi salah satu game dengan sekuel terbanyak, Mega Man juga jadi salah satu game yang memengaruhi industry game. Mega Man menjadi satu dari sedikit game yang memperkenalkan misi dengan format non-linear berkat fitur memilih level.

3. Pokemon

7 Game dengan Sekuel Terbanyak, sampai Tembus Ratusan!Pokemon (nintendolife.com)

Jika Pokemon diibaratkan sebagai lautan, maka lautan tersebut diisi oleh banyak konten mulai dari anime, manga, film, merchandise dan lain-lain. Game pertama kali Pokemon dirilis pada tahun 1996 dan yang terbaru dijadwalkan untuk rilis pada tahun 2022 mendatang.

Seri utama dari game ini punya delapan generasi, dengan masing-masing setidaknya memiliki tiga game berbeda. Selain seri utama atau inti, Pokemon juga punya seri lain atau spin-off yang juga memiliki cukup banyak sekuel seperti Mystery Dungeon, Pokeman Snap, Pokemon Pinball dan banyak lagi.

Baca Juga: Nostalgia! 7 Game dari GameHouse yang Menemani Masa Kecil

4. Final Fantasy

7 Game dengan Sekuel Terbanyak, sampai Tembus Ratusan!Final Fantasy (nintendolife.com)

Final Fantasy merupakan seri game antologi yang biasanya memiliki cerita, karakter dan latar yang berbeda-beda setiap gamenya. Bukan tanpa identitas, hampir setiap game Final Fantasy identik untuk beberapa hal seperti tema terkait baik melawan jahat, genre RPG, fokus terhadap hubungan antar karakter dan mekanisme combat yang sama.

Game ke-16 dari seri utama saat ini sedang dikembangkan, sementara game pertamanya sudah dirilis sejak tahun 1987. Di luar seri utama, Final Fantasy juga menghadirkan beberapa game spin-off seperti seri Chocobo dan Crystal Chronicles.

5. Sonic The Hedgehog

7 Game dengan Sekuel Terbanyak, sampai Tembus Ratusan!Sonic The Hedgehog (nintendolife.com)

Sonic The Hedgehog merupakan seri game yang dibuat oleh Sega dan jadi salah satu seri game populer hingga saat ini. Sonic pertama kali muncul pada tahun 1991 lewat game berjudul Sonic the Hedgehog dan game terbarunya, dirilis pada tahun 2019 dengan judul Team Sonic Racing.

Jika diperjelas, Sonic memiliki 20 game 2D platformer, 13 game 3D platformer, 13 game balapan, 6 game arcade dan sekitar 30 game spin-off. Di samping game, Sonic juga “lahir” dalam format lain yang tidak kalah menghibur seperti serial TV, komik dan yang paling menjadi hits yaitu film.

6. Resident Evil

7 Game dengan Sekuel Terbanyak, sampai Tembus Ratusan!Resident Evil (nintendolife.com)

Game pertama Resident Evil diluncurkan pada tahun 1996 dan game yang terbaru dirilis, keluar tahun ini. Seri utama game ini memiliki 10 game. Lalu, ada juga 3 game remake yang dibuat untuk menghidupkan kembali berbagai game yang telah lama dirilis, 14 game spin-off, 20 game mobile dan sekitar 15 game Pachinko.

Sama seperti game lain di daftar ini, kesuksesan Resident Evil juga membuatnya diadaptasi ke dalam format. Salah satu yang paling populer adalah film, namun Resident Evil juga sempat dibuat ke dalam format hiburan lain seperti novel, komik dan serial TV.

7. Castlevania

7 Game dengan Sekuel Terbanyak, sampai Tembus Ratusan!Castlevania (nintendolife.com)

Dibuat dan dikembangkan oleh Konami, Castlevania merupakan seri game horor gothic yang punya banyak game dan diadaptasi ke dalam bentuk media lain, seperti serial animasi di Netflix. Game pertama Castlevania keluar pada tahun 1986, sementara game terbarunya dirilis pada tahun 2019 silam.

Seri inti Castlevania memiliki sekitar 25 game, di samping 13 game spin-off dan seri Lord of Shadow yang punya 3 game berbeda. Dari sekian banyaknya game Castlevania, beberapa yang paling populer adalah Symphony of the Night, Dracula’s Curse dan Super Castlevania 4.

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa game dengan sekuel terbanyak yang pernah dibuat. Dari 7 game populer di atas, ada game favorit kamu?

Baca Juga: 7 Game Terbaik dengan Format Episodik, Seru seperti Film!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya