Comscore Tracker

7 Game Terlaris dalam Satu Dekade Terakhir, Raup Triliunan Rupiah!

Terjual hingga ratusan juta copy

Dulu, banyak orang menganggap bahwa bermain video game merupakan kegiatan yang hanya membuang-buang waktu. Namun, stereotip itu perlahan berubah, dengan para gamer berpendapat bahwa game adalah bentuk pelarian efektif seperti buku dan film.

Dalam satu dekade terakhir, itu semakin terbukti di mana game mengalahkan buku, musik, bahkan film, dalam hal kesuksesan. Game yang dirilis dalam satu dekade terakhir, banyak yang laris manis dan berhasil menyabet pendapatan yang luar biasa, melampaui medium ‘pop culture’ lainnya. Berikut 7 di antaranya.

1. Terraria – 27 juta copy

7 Game Terlaris dalam Satu Dekade Terakhir, Raup Triliunan Rupiah!scholarlygamers.com

Dirilis pada tahun 2011 untuk PC, Terraria merupakan game sandbox 2D yang dikembangkan oleh Re-Logic. Popularitasnya di PC, membuat Terraria juga dirilis di hampir semua platform mulai dari Nintendo 3DS hingga PlayStation 4.

Sebelum dirilis di lebih banyak platform, Terraria sudah membuat pencapaian luar biasa dengan terjual sebanyak 200 ribu copy di Steam dalam waktu sembilan hari semenjak perilisannya. Meski hanya memiliki visual 2D yang sering dianggap ‘murahan’, Terraria menawarkan kebebasan yang tidak ada habisnya.

2. Mario Kart 8 – 27,5 juta copy

7 Game Terlaris dalam Satu Dekade Terakhir, Raup Triliunan Rupiah!cgmagonline.com

Ketika dirilis pada tahun 2014 untuk Nintendo Wii U, Mario Kart 8 mendapat pujian dan langsung berhasil secara komersil. Dengan cepat, Mario Kart 8 menjadi game terlaris untuk Wii U dengan terjual hingga lebih dari 8 juta copy.

Tidak sampai situ saja, versi terbarunya yang disempurnakan yaitu Mario Kart 8: Deluxe, dirilis untuk Nintendo Switch pada tahun 2017. Mengulang keberhasilannya di Wii U, Mario Kart 8: Deluxe menjadi game terlaris di Switch hingga saat ini. Total di seluruh platform Nintendo, Mario Kart 8 terjual sebanyak 27,5 juta copy.

3. Diablo III – 30 juta copy

7 Game Terlaris dalam Satu Dekade Terakhir, Raup Triliunan Rupiah!cgmagonline.com

Diablo III pertama kali dirilis untuk PC pada tahun 2012. Setelah itu, game yang dikembangkan oleh Blizzard Entertainment ini dirilis untuk dua generasi konsol yaitu PS3/Xbox 360 dan PS4/Xbox One, masing-masing pada tahun 2013 dan 2014.

Versi Nintendo Switch-nya kemudian menyusul pada tahun 2018, dengan konten eksklusif Legend of Zelda. Dengan perilisan di hampir semua konsol, DLC, dan edisi spesial, Diablo III menjadi salah satu game dengan pendapatan tertinggi dalam satu dekade terakhir, dengan total penjualan mencapai 30 juta copy.

Baca Juga: 7 Video Game Paling Berpengaruh dalam Satu Dekade Terakhir

4. The Elder Scrolls V: Skyrim – 30 juta copy

7 Game Terlaris dalam Satu Dekade Terakhir, Raup Triliunan Rupiah!gamerview.com.br

Salah satu seri terbaik dan paling populer dari franchise The Elder Scrolls yaitu Skyrim, pertama kali dirilis pada tahun 2011 untuk PC, Xbox 3 dan PS. Versi remastered-nya kemudian dirilis pada tahun 2016 untuk Xbox One dan PS4, disusul versi VR dan Nintendo Switch pada tahun 2017.

Setelah kesuksesan seri keempat yaitu Oblivion, penggemar sangat menantikan perilisan seri selanjutnya. Dan akhirnya, lahirlah Skyrim yang melanjutkan kesuksesan pendahulunya dan berkat banyak ulasan positif, berhasil terjual hingga 30 juta copy di seluruh platfom.

5. PlayerUnknown Battlegrounds – 50 juta copy

7 Game Terlaris dalam Satu Dekade Terakhir, Raup Triliunan Rupiah!ibtimes.com

PlayerUnknown Battlegrounds atau yang biasa disingkat PUBG merupakan game yang tidak asing di telinga para gamer battle-royale. Ini dirilis di PC dan Xbox One pada tahun 2017, kemudian diikuti oleh versi PS4 dan mobile (iOS/Android) pada tahun 2018.

Bersama Fortnite, PUBG menjadi game battle-royale paling populer di dunia, yang menemukan sebagian besar popularitasnya di eSports. Terlepas dari fakta bahwa pesaing terdekatnya yaitu Fortnite bermodel free-to-play, PUBG yang berbayar tetap bisa terjual sebanyak 50 juta sejak pertama kali dirilis.

6. Grand Theft Auto V – 115 juta copy

7 Game Terlaris dalam Satu Dekade Terakhir, Raup Triliunan Rupiah!gamesradar.com

Semenjak dirilis untuk PS3 dan Xbox 360 pada tahun 2013, Grand Theft Auto V telah menetapkan standar baru untuk game action open-world. Pada tahun 2014, Rockstar kembali merilis GTA V untuk PS4 dan Xbox One, yang kemudian diikuti pada tahun 2015 untuk PC.

Selain mode single-player yang luar biasa, mode online juga membantu GTA V untuk terus berada di daftar game terlaris dalam satu dekade terakhir. Dengan total penjualan mencapai 115 juta copy, GTA V berhasil meraup US$6 miliar atau sekitar Rp82 triliun secara pendapatan.

7. Minecraft – 180 juta copy

7 Game Terlaris dalam Satu Dekade Terakhir, Raup Triliunan Rupiah!gamesradar.com

Pertama kali dirilis pada tahun 2011 untuk PC, Minecraft menjadi salah satu fenomena terbesar di sepanjang sejarah video game. Game open-world sandbox dari Mojang ini dirilis di hampir semua platform termasuk mobile dan tentu saja, menjadi salah satu game terlaris tidak hanya dalam sedekade terakhir, namun juga sepanjang masa.

Berkat popularitasnya yang tak terbendung, Minecraft juga menjadi game yang paling banyak ditonton di YouTube dengan total miliaran views. Untuk gamenya sendiri, sejauh ini terjual sebanyak 180 juta dan diperkirakan masih akan terus bertambah.

Itulah tadi ulasan menarik mengenai game terlaris dalam satu dekade terakhir. Dengan industri yang tumbuh semakin besar setiap tahunnya, video game diperkirakan masih akan menjadi ‘medium hiburan’ terkaya dalam satu dekade ke depan.

Baca Juga: Seram, 7 Game Horor Paling Memacu Adrenalin dalam 10 Tahun Terakhir!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya