Comscore Tracker

8 Game PS5 Ini Butuh Ukuran Memori Terbesar, Tembus 200 GB

PS5 hanya punya kapasitas penyimpanan sisa sebesar 667GB

Di awal perilisannya, ada banyak pembicaraan terkait keragaman fitur dan apa yang kurang dari PlayStation 5. Salah satu komplain terbesar mengenai konsol terbaru dari Sony itu adalah kurangnya opsi penyimpanan bagi para pemain.

PS5 dibekali dengan SSD berkapasitas 825GB, yang jika dipotong untuk sistem dan lain-lain, hanya tersisa 667GB saja. Itu angka yang tergolong kecil mengingat game PS5 sendiri memiliki ukuran di atas game dari konsol generasi sebelumnya seperti PS4. Bahkan, ada beberapa yang punya ukuran total hingga lebih dari 200GB.

1. Assassin’s Creed Valhalla

https://www.youtube.com/embed/gnmuEkn30ZE

Entri ke-12 dari seri Assassin’s Creed yaitu Valhalla, berkisah mengenai invasi bangsa Viking ke Britania Raya. Game petualangan dengan dunia terbuka yang luas ini memberi pemain map terbesar pada seri untuk dieksplorasi, dengan cukup banyak misi diataskan untuk diselesaikan.

Untungnya, dunia yang besar tidak membuat Valhalla punya ukuran file yang sangat besar pula. Di laman PlayStation Store, Valhalla hanya membutuhkan penyimpanan sekitar 41,79GB saja.

2. Devil May Cry 5 Special Edition

https://www.youtube.com/embed/4mT1N4yIYUo

Salah satu game dari konsol last-gen yang dikerjakan ulang untuk konsol next-gen adalah Devil May Cry 5. Capcom merilis versi Special Edition untuk game hack-n-slash itu bersamaan dengan peluncuran PS5 pada 12 November kemarin.

DMC 5 Special Edition memperluas versi standarnya dengan memperkenalkan Vergil sebagai karakter yang bisa dimainkan. Selain itu, mekanisme bertarung dan CGI yang mulus juga dibawa oleh edisi spesial ini. Total, DMC 5 Special Edition memakan kapasitas 42,44GB.

3. Borderlands 3

https://www.youtube.com/embed/lIb1YYg473E

Game lain yang dibawa dari konsol generasi sebelumnya adalah Borderlands 3. Game Garapan Gearbox Software ini hadir ke PS5 secara cuma-cuma bagi mereka yang telah memilikinya di PS4.

Selain visual yang ditingkatkan, versi PS5-nya juga mendapat dukungan multiplayer lokal split-screen hingga empat pemain dan lebih banyak banyak pohon skill kepada empat karakter utamanya. Gearbox masih tertarik untuk membawa lebih banyak hal ke game ini namun sekarang, Borderlands 3 hanya memiliki ukuran total sebesar 49,64GB.

4. Demon’s Souls

https://www.youtube.com/embed/C7NqSTQvRBw

Salah satu game eksklusif PS5 – Demon’s Souls merupakan remake dari game klasik FromSoftware dirilis lebih dari satu dekade yang lalu untuk PS3. Versi remake-nya ini dikembangkan oleh Bluepoint Games yang sebelumnya juga me-remake Shadow Of Colossus.

Dengan visual menawan dan sistem combat yang lebih mulus, Demon’s Souls berusaha untuk memaksimalkan performa PS5 itu sendiri. Bagi gamer yang tertarik, Demon’s Souls punya ukuran minimum sebesar 52,09GB.

Baca Juga: Spesifikasi Setara PS5, Ini 7 PC Gaming Terbaik dan Paling Tangguh!

5. Marvel’s Spider-Man: Miles Morales

https://www.youtube.com/embed/NTunTURbyUU

Marvel’s Spider-Man: Miles Morales merupakan spin-off dari game Marvel’s Spider-Man yang dirilis pada tahun 2018 silam. Ini masih dikerjakan oleh Insomniac Games, namun tidak seperti pendahulunya, ini memanfaatkan kemewahan spesifikasi PS5 untuk menghasilkan visual dan gameplay yang mengesankan. Ukuran minimum untuk game sendiri ini berada di angka 52,56GB, namun versi Ultimate Edition-nya, hadir dengan Marvel’s Spider-Man Remastered dan menaikkan ukuran totalnya menjadi 105GB.

6. Mortal Kombat 11: Ultimate Edition

https://www.youtube.com/embed/OEQsQqkEKMA

Game fighting klasik – Mortal Kombat, kembali dengan entri ke-11 pada tahun 2019 kemarin. Di tahun ini, game itu mendapatkan pembaruan ke next-gen dengan dirilis untuk PS5. Mortal Kombat 11: Ultimate Edition membawa semua yang ada pada versi last-gen nya, termasuk semua DLC telah dirilis.

Itu termasuk ekspansi Mortal Kombat 11: Aftermath yang hadir dengan karakter serta arena tambahan dan mode cerita baru. Dengan semua konten itu, Mortal Kombat 11: Ultimate Edition jadi punya ukuran total mencapai 84,21GB.

7. NBA 2K21

https://www.youtube.com/embed/GjWSxmaDNs0

Berbagai dari seri NBA 2K setiap tahunnya selalu memiliki ukuran file yang besar, sehingga tidak heran jika versi next-gen nya hadir dengan ukuran yang jauh lebih besar dari biasanya. Entri terbarunya yaitu NBA 2K21 dirilis pada September kemarin namun mendapat upgrade untuk konsol next-gen, salah satunya PS5.

Di samping peningkatan visual, NBA 2K21 juga mengganti nama mode karir dari The Neighborhood menjadi The City. Untuk ukuran, NBA 2K21 membutuhkan kapasitas penyimpanan hingga 96,56GB.

8. Call Of Duty: Black Ops Cold War

https://www.youtube.com/embed/mniWW2haNnY

Yang terakhir di daftar ini, mengalikan dua kapasitas penyimpanan NBA 2K21 di poin sebelumnya. Call Of Duty: Black Ops Cold War melanjutkan tren dari Call Of Duty: Modern Warfare, dengan memakan kapasitas penyimpanan yang luar biasa besar.

Tak tanggung-tanggung, Black Ops Cold War punya ukuran file minimum mencapai 225,3GB. Ukuran monster itu disinyalir karena banyaknya mode yang diusung (terutama untuk multiplayer) dan visual yang secara keseluruhan memang memanjakan mata.

Itulah tadi ulasan menarik mengenai berbagai game PS5 dengan ukuran terbesar. Perlu dicatat bahwa ukuran di atas bisa berkurang atau bertambah, tergantung penambahan konten atau kompresi file yang dilakukan developer untuk masing-masing game. Ada game favorit kamu di daftar di atas?

Baca Juga: Untuk Main PS5, 7 TV 55 Inci Resolusi 4K Terbaik di Bawah Rp35 juta

Topic:

  • Arif Gunawan
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya