Comscore Tracker

Suka Genshin Impact? Ini 7 Game Alternatifnya yang Terbaik

Ada yang dikembangkan oleh developer yang sama!

September 2020 menjadi bulan di mana miHoYo merilis Genshin Impact dan hanya butuh waktu kurang lebih dua minggu saja bagi Genshin Impact untuk jadi IP baru paling sukses dari developer asal Tiongkok itu. Dengan genre action-RPG yang hadir dengan sistem combat yang mirip seperti The Legend Of Zelda: Breath Of The Wild, tak heran jika game ini bisa begitu populer.

Namun di luar kualitas gameplay-nya, salah satu alasan mengapa Genshin Impact bisa semenakjubkan sekarang adalah fakta bahwa ia dipasarkan secara gratis. Nah, bagi kamu yang suka dengan apa yang ditawarkan Genshin Impact namun ingin mencari sesuatu yang baru, 7 game ini bisa kamu jajal.

1. Warframe

https://www.youtube.com/embed/YWP24oaYnbw

Hampir sama seperti Genshin Impact, Warframe juga merupakan game action-RPG dengan gameplay yang utamanya berfokus pada “karakter” dengan kemampuan unik. Karakter itu biasa disebut warframe dan pada dasarnya mereka adalah ninja luar angkasa yang dikontrak untuk menjalankan sebuah misi.

Untuk saat ini telah ada sekitar lebih dari 40 warframe (di luar varian Prime) dan semuanya dapat disandingkan dengan lebih dari 20 karakter di Genshin Impact. Yang membedakan Warframe dengan Genshin Impact adalah cara untuk mendapatkan karakter yang lebih mudah dan tidak bergantung pada keberuntungan.

2. Albion Online

https://www.youtube.com/embed/eBU_Fxd0Jf4

Albion Online merupakan game free-to-play lain yang punya subgenre berbeda dibanding Genshin Impact. Ini adalah game sandbox MMORPG yang dimainkan dari perspektif kamera top-down dan memiliki sistem combat tanpa class di mana karakter bisa dispesialisasikan tergantung keinginan pemain.

Cara Albion Online mengeksekusi sistem ini jauh lebih menarik dibanding game RPG dengan genre atau tema serupa. Terlebih, Albion Online juga memungkinkan pemain untuk saling tukar build atau archetype, dengan cara yang sama seperti pemain dapat bertukar karakter di Genshin Impact.

3. Kurtzpel

https://www.youtube.com/embed/O3SCT5stKS8

Mekanisme gameplay Kurtzpel memang berbeda dari Genshin Impact, namun dari segi gaya visual, keduanya berbagi cukup banyak kesamaan. Kurtzpel lebih ke arah game brawler di mana pemain bertarung di arena bermain virtual melawan pemain lain atau bekerja sama dalam mode co-op melawan AI.

Lewat apa yang ditawarkan, Kurtzpel lebih menawarkan pengalaman multiplayer kompetitif seperti Call Of Duty dan Battlefield. Apalagi game ini memiliki beragam mode kompetitif seperti Deathmatch dan Capture the Flag. Di luar perbedaannya dengan Genshin Impact, ini tetap game luar biasa yang layak dicoba.

Baca Juga: 8 Perbaikan Besar yang Penting di Genshin Impact, Setuju?

4. SoulWorker

https://www.youtube.com/embed/ABQaurfNg08

Selain Kurtzpel, gaya visual anime yang khas dari Genshin Impact juga diusung oleh game garapan Lion Games – SoulWorker. Hampir sama seperti Albion Online, SoulWorker merupakan game MMORPG meski sistem class-nya tidak memperbolehkan pemain untuk berganti gender dari karakter.

Kabar baiknya, SoulWorker tidak memiliki sistem gacha seperti Genshin Impact, di mana item yang bisa dibeli menggunakan uang asli oleh pemain hanyalah item kosmetik. Meski bergenre MMORPG, gameplay SoulWorker terbilang mirip dengan Genshin Impact yang penuh dengan aksi.

5. Phantasy Star Online 2

https://www.youtube.com/embed/X7aNatPKWRY

Bagi mereka yang ingin beristirahat dari Genshin Impact dan merasakan pemandangan dunia fantasi yang berbeda, tidak ada pilihan lain sebaik Phantasy Star Online 2. Game ini sangat padat akan unsur sci-fi, dengan di dalamnya terdapat cukup banyak karakter mecha atau robot.

Phantasy Star Online 2 juga merupakan game MMORPG yang tidak akan membiarkan pemain merasa sendirian seperti mode co-op terbatas yang dimiliki Genshin Impact. Game yang dikembangkan oleh Sega ini terus mendapatkan pembaruan rutin dan bahkan direncanakan untuk punya visual yang lebih baik lewat update New Genesis.

6. Final Fantasy: Brave Exvius

https://www.youtube.com/embed/8IIu8NPJaos

Final Fantasy: Brave Exvius merupakan game Final Fantasy dengan sistem gacha yang telah menantang keberuntungan pemain sejak tahun 2015. Sampai saat in, Brave Exvius masih bisa dimainkan secara gratis dan jadi salah satu game dengan sistem gacha terbesar dan pemain terbanyak.

Brave Exvius sendiri merupakan spin-off dari seri Final Fantasy yang hanya tersedia di platform mobile. Jika dibandingkan dengan Genshin Impact, Brave Exvius lebih lambat karena sistem combat-nya berbasis giliran. Karenanya, ini lebih cocok untuk pemain yang ingin bersantai dan menikmati gameplay dengan pacing lambat.

7. Honkai Impact 3rd

https://www.youtube.com/embed/3xm1kqqN3GQ

Honkai Impact 3rd pada dasarnya merupakan versi sci-fi dan futuristik dari Genshin Impact, yang dikembangkan oleh developer yang sama yakni miHoYo. Dengan kata lain, Honkai Impact 3rd juga punya sistem gacha dan karakter penuh warna yang pemain perlu adu keberuntungan jika ingin mendapatkannya.

Untuk urusan cerita, Honkai Impact 3rd jauh lebih berbelit-belit dan sistem bertarungnya juga agak sedikit berbeda. Kendati demikian, sistem bertarung yang kompleks dan cepat menjadi salah satu alasan mengapa banyak pemain terus bermain game ini, terutama jika menilik dari gameplay lebih lambat di Genshin Impact.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi game gratis alternatif Genshin Impact untuk dimainkan. Punya saran game lain yang mirip dengan Genshin Impact?

Baca Juga: 13 Tips dan Rahasia Genshin Impact, Naik Rank 30 dalam 3 Hari!

Topic:

  • Arif Gunawan
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya