Comscore Tracker

7 Game Bertema Pandemik Paling Menarik yang Patut Kamu Coba

Ngeri dan juga menantang

Jika ada satu tema yang sering diangkat video game dalam beberapa dekade terakhir, maka itu adalah zombie atau post-apokaliptik di mana sebagian dari populasi dimusnahkan atau diubah jadi monster jahat oleh semacam virus mematikan. Meski jadi sangat buruk apabila terjadi di dunia nyata, game yang mengusung tema ini tidak berakhir buruk.

Faktanya, sebagian besar game sukses dan fenomenal dalam beberapa dekade terakhir, merupakan game yang membawa tema pandemik ini. Untuk kamu yang mungkin tertarik memainkan game bertema pandemik, berikut 8 yang paling direkomendasikan.

1. DayZ

https://www.youtube.com/embed/7jk8prJA9nI

Dikembangkan selama bertahun-tahun, DayZ gagal memenuhi ekspektasi, terutama dengan banyaknya masalah teknis yang dimilikinya. Meskipun begitu, pada awal tahun 2010-an, ada cukup banyak pemain yang jatuh hati dengan format multiplayer survival yang diusung game ini.

DayZ sendiri berlangsung di sebuah negara fiksi yang berhadapan dengan wabah misterius yang dapat membuat sebagian besar penduduk menjadi terinfeksi. Misi utama pada game ini sangat sederhana, di mana pemain hanya perlu bertahan hidup selama mungkin di peta, sebelum seseorang atau sesuatu membunuh pemain.

2. Prototype

https://www.youtube.com/embed/s4_i5nKdrJg

Selanjutnya adalah game yang berbasis di kota New York, Prototype mengajak pemain untuk berhadapan dengan Blacklight – sebuah virus yang dapat mengubah manusia menjadi monster. Protagonis utama pada game ini bernama Alex Mercer, seorang shapeshifter yang ingin menghentikan monster-monster tersebut, di samping menangani konflik dari militer A.S dan pasukan operasional rahasia bernama Blackwatch.

Game ini mengusung genre aksi petualangan namun dengan dunia terbuka yang luas dan dapat dijelajahi. Sekuelnya juga tidak kalah seru, namun mengambil perspektif lain di mana Mercer jadi karakter antagonis.

3. The Division

https://www.youtube.com/embed/uElsBflqgYw

Seri game Tom Clancy selalu menarik untuk dilirik dan The Division tidak terkecuali. Sama seperti Prototype, game pertamanya berlatar di kota New York, di mana pemain berperan sebagai agen spesial dari Strategic Homeland Division.

Dalam kota New York pasca pandemik, pemain harus bekerja sama untuk membangun kembali operasi mereka di Manhattan dan menghentikan berbagai aktivitas kriminal yang ada disana. Sebagai misi tambahan, pemain juga perlu mempelajari tentang bagaimana pandemik itu bisa terjadi. The Division juga punya sekuel yang juga layak untuk dicoba.

Baca Juga: 8 Game Co-Op Terbaik 2020 dari 8 Genre Berbeda, Asyik untuk Mabar!

4. Left 4 Dead

https://www.youtube.com/embed/Z5g3mrK82VA

Beralih ke kota lain, kali ini adalah tetangga New York yaitu Pennsylvannia, yang jadi pusat dari pandemik di game selanjutnya. Pada Left 4 Dead, pemain berhadapan dengan “Green Flu”, sebuah penyakit yang dapat mengubah individu yang terinfeksi menjadi zombie hidup yang pemarah.

Game yang memiliki genre horor survival ini menempatkan pemain dalam posisi survivor itu sendiri, yang perlu membunuh gerombolan zombie untuk bertahan hidup dan melarikan diri. Game ini punya beberapa mode tergantung dari jenis pengalaman apa yang dicari oleh pemain.

5. Plague Inc.

https://www.youtube.com/embed/wMxuZiS1mMU

Sementara banyak game di daftar ini berpusat pada melawan virus mematikan, Plague Inc mencoba berbeda, dengan pemain menjadi virusnya. Game strategi real-time yang tersedia untuk platform mobile ini memungkinkan pemain untuk membuat dan menamai wabah yang nantinya akan menjangkit jutaan orang di seluruh dunia.

Tujuan utama pemain adalah untuk mendorong penyebaran penyakit sebanyak mungkin dan mencegah inovasi apapun yang dibuat untuk menghentikan penyakit agar tidak berhasil. Seiring berjalannya permainan, pemain juga dapat memilih serangkaian patogen untuk penyakit mereka.

6. The Last Of Us

https://www.youtube.com/embed/W01L70IGBgE

Game fenomenal dari Naughty Dog yang satu ini dianggap sebagai salah satu game terhebat sepanjang masa. The Last Of Us merupakan game aksi petualangan di mana pemain berperan sebagai Joel, seorang penyelundup yang mencoba bertahan hidup di dunia post-apokaliptik bersama gadis bernama Eliie.

‘Kiamat’ yang terjadi pada game ini disebabkan oleh penyakit bernama “Cordyceps Brain Infection”, yang berasal dari jamur. Siapapun yang terpapar jamur itu bisa menjadi zombie kecuali. Namun, Ellie termasuk yang kebal dan itu jadi pendorong cerita utama di The Last Of Us.

7. Resident Evil

https://www.youtube.com/embed/IjxFtFwY6jk

Seri game horor populer – Resident Evil, telah menghadapi pandemik fiksi semenjak pertama kali memperkenalkan diri di pertengahan tahun 90-an. Cerita semua game di seri ini berpusat pada Umbrella Corporation yang mengembangkan penyakit mematikan yang dikenal sebagai T-Virus.

Penyakit tersebut memiliki kemampuan untuk mengubah manusia menjadi zombie dan makhluk lain menjadi monster mengerikan. Game pertamanya berkisah mengenai Chris Redfield dan Jill Valentine yang terjebak di sebuah rumah besar ketika sama-sama mencoba menemukan petugas dari unit polisi khusus, S.T.A.R.S.

Itulah tadi ulasan sekaligus rekomendasi berbagai game bertema pandemik paling menarik yang patut kamu coba. Tertarik merasakan pandemik pada deretan game di atas?

Baca Juga: 7 Game Multiplayer Online PvP Terbaik untuk Android, Seru!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya