Comscore Tracker

7 Game Indie Paling Sulit, Berani Coba?

Bisa bikin pemain frustrasi!

Tak mau kalah dari game dengan label AAA, game indie juga mulai menarik perhatian banyak gamer. Bukan tanpa alasan, game indie menarik karena selalu membawa ide cerita maupun gameplay baru, yang sebelumnya tidak dimiliki oleh game AAA yang sebagian besar selalu mengandalkan visual.

Selain itu, banyak game indie juga dirancang untuk bisa sangat menantang lewat tingkat kesulitan yang tidak main-main. Jika kamu tertarik dengan game indie semacam itu, berikut beberapa di antaranya yang bisa kamu mainkan.

1. Hollow Knight

https://www.youtube.com/embed/UAO2urG23S4

Jika dilihat sekilas, Hollow Knight memang tampak seperti game yang lucu, di mana karakter utamanya berbentuk serangga dan dibekali pedang. Namun, ketika sudah dimainkan, game ini lebih cenderung bikin frustrasi.

Hollow Knight merupakan tipe game dengan mekanisme combat yang kompleks dan perlu dipelajari. Setiap musuh yang pemain temui dalam sepanjang permainan juga sangatlah kuat dan bisa menghabisi karakter pemain hanya dalam beberapa serangan saja.

2. The Binding of Isaac

https://www.youtube.com/embed/27Le3kOOFQk

Tidak seperti Hollow Knight, The Binding of Isaac tidak tampak seperti game yang lugu dan lucu. Game indie yang satu ini mengusung genre roguelike, di mana pemain diajak untuk menjelajahi banyak ruangan berisi musuh-musuh menyeramkan dengan tujuan untuk kabur dari ibu sang karakter utama.

Game yang terinspirasi dari kisah di Alkitab ini memiliki musuh yang sulit untuk dibunuh namun sangat mampu untuk membunuh karakter pemain dengan instan dalam satu atau dua serangan saja.

3. Rain World

https://www.youtube.com/embed/kxbQy0U92R4

Rain World merupakan game platformer survival di mana pemain mengendalikan karakter yang disebut “slugcat”. Game ini unik karena musuh yang ada dimunculkan secara acak.

Sama seperti dua game sebelumnya, musuh dalam Rain World dapat membunuh karakter pemain dengan begitu mudah. Developer game ini bahkan menyebut jika mereka ingin membuat pemain merasa seperti “tikus yang hidup di jalur kereta bawah tanah” alias pemain harus bisa bertahan hidup di lingkungan mematikan yang diusungnya.

Baca Juga: 7 Game Modern dengan Visual Retro Terbaik untuk Dimainkan

4. Celeste

https://www.youtube.com/embed/70d9irlxiB4

Celeste merupakan game platformer yang menuntut presisi dan timing yang tinggi. Dalam misi utamanya, yaitu mendaki gunung Celeste, karakter pemain akan dihadapkan dengan serangkaian bahaya yang dapat membunuh dan mengirim pemain kembali ke awal.

Game ini tidak memiliki sistem combat untuk melawan musuh sehingga satu-satunya cara untuk bisa selamat adalah bergerak tepat waktu. Selain sangat menantang, Celeste juga memiliki cukup banyak level tersembunyi untuk dicari dan diselesaikan.

5. Cuphead

https://www.youtube.com/embed/KAriv93tzI0

Dari segi tampilan, Cuphead tampak seperti kartun klasik dari tahun 1930-an dengan karakter yang menggemaskan. Namun faktanya, terlepas dari gaya visual yang diusungnya, game ini masuk ke dalam jajaran game-game indie paling sulit yang pernah dibuat. 

Dalam game ini, kematian akan jadi sesuatu yang sering pemain temui. Akan tetapi, kematian tersebutlah yang akan menjadi kunci bagi pemain untuk bisa mempelajari bagaimana cara menyelesaikan tiap level atau mengalahkan bos yang ditawarkan.

6. Furi

https://www.youtube.com/embed/fVQNZFBvAck

Furi merupakan game hack-and-slash yang membutuhkan skill tinggi, alih-alih senjata dengan damage besar. Game ini memiliki gameplay dengan pace cepat sehingga pemain harus bisa melancarkan serangan mereka dengan tepat dan sempurna.

Sama seperti kebanyakan game dalam daftar ini, Furi butuh dipelajari untuk bisa dikuasai. Dengan kata lain, pemain secara tidak langsung diharuskan untuk mati berkali-kali sebelum akhirnya menemukan cara yang efektif untuk menyelesaikan tantangan yang ada.

7. Super Meat Boy

https://www.youtube.com/embed/bDq17gHHgUM

Terakhir adalah Super Meat Boy, game platformer yang pertama kali dirilis pada 2010 silam. Game dengan visual ala kartun ini mengusung gameplay dengan pace cepat, di samping fakta bahwa karakter pemain bisa mati dengan instan.

Meski sulit, game ini akan mengajarkan pemain apa yang harus dilakukan dalam tiap level. Namun, pemain harus mempelajari itu dengan cepat. Jika sudah menyelesaikan semua level yang ada, pemain bisa memainkannya lagi sedari awal lewat versi “dark world” yang notabene jauh lebih sulit.

Itulah tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa game indie paling sulit. Tertarik untuk menguji kesabaran dan skill bermain kamu lewat game-game di atas?

Baca Juga: Eksklusif, 7 Game PC Terbaik Ini Tidak Tersedia di Konsol

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya