Comscore Tracker

10 Game PS2 Terlangka dan Harga Mengejutkannya saat Ini

Tembus puluhan juta!

Dari semua seri PlayStation, PlayStation 2 bisa dibilang merupakan yang paling hebat dan ikonik. Konsol terlaris dari Sony dengan penjualan mencapai 155 juta unit ini, menjadi “rumah” bagi banyak game besar dan paling berpengaruh dalam industri video game. Dan kini, setelah beberapa tahun semenjak game PS2 terakhir di produksi, banyak di antaranya berakhir sebagai barang langka yang diburu oleh para kolektor game legendaris.

Tidak sampai situ saja, tak sedikit pula yang karena sangat sulit ditemukan, kini jadi barang berharga dengan banderol harga yang fantastis. Berikut 10 game PS2 terlangka dan berapa harganya sekarang.

1. Samurai Western

https://www.youtube.com/embed/wUqYapr2A3g

Samurai Western merupakan game aksi petualangan dari Acquire yang mengisahkan seorang samurai bernama Gojiru Kiryu yang pergi ke Wild West untuk mencari saudaranya, Rando. Pada game ini, terdapat beberapa level yang bisa dimainkan sendiri atau bersama teman, dengan tingkat kesulitan mulai dari yang normal hingga sangat sulit. Saat ini, game ini sangat sulit ditemukan dan bernilai sekitar US$189 (Rp2,8 juta) untuk versi yang masih tersegel.

2. .hack Quarantine

https://www.youtube.com/embed/Zbh8ILJApYc

.hack merupakan seri game action-RPG yang dikembangkan oleh CyberConnect2 dan diterbitkan oleh Bandai. Salah satu game terbaiknya – .hack Quarantine dirilis di Amerika Utara pada tahun 2004 dan menerima cukup banyak ulasan positif dengan beberapa menyebut bahwa .hack Quarantine menutup seri dengan sangat indah. Kini, game yang satu ini punya nilai yang lumayan mahal dengan kisaran US$150 (Rp2,2 juta) hingga US$250 (Rp3,7 juta).

3. Blood Will Tell

https://www.youtube.com/embed/fQ3aLvHJe2U

Berdasarkan sebuah seri manga berjudul Dororo, Blood Will Tell merupakan game beat-em-up bertema samurai yang dikembangkan oleh Sega dan dirilis pada tahun 2004. Game ini tidak mendapat banyak ulasan baik karena kalah dari beberapa game lain di tahun 2004 yang lebih populer seperti Half-Life 2, GTA: San Andreas dan Halo 2.

Meskipun begitu, Blood Will Tell menjadi game yang langka saat dan bernilai US$200 (Rp2,9 juta) untuk yang pernah digunakan dan mencapai US$700 (Rp10,3 juta) untuk yang masih tersegel.

4. Marvel vs. Capcom 2

https://www.youtube.com/embed/TG_5M74nitQ

Judul keempat dari seri Marvel vs. Capcom yang ikonik, Marvel vs. Capcom 2 membawa segudang fitur baru, termasuk gameplay tiga lawan tiga dan kontrol yang lebih simpel. Game ini mendapat ulasan bagus, namun Capcom kemudian kehilangan lisensi untuk menampilkan karakter Marvel yang pada akhirnya berujung pada hiatusnya seri untuk waktu yang lama. Game yang cukup bersejarah di seri ini sekarang bernilai US$200 (Rp2,9 juta) untuk yang masih disegel.

5. Futurama

https://www.youtube.com/embed/9X9xtEsKDD8

Game platformer 3D yang didasarkan dari seri kartun Futurama ini mengajak pemain untuk mengikuti petualangan Fry, Bender, Leela dan Zoidberg dalam misi membantu Sun People dan membangun mesin waktu. Game ini dirilis tak lama setelah seri kartunnya dibatalkan pada tahun 2003.

Menyusul pembatalan itu, Futurama akhirnya hanya dirilis beberapa kopi saja dan kini berakhir sebagai barang koleksi. Ini bisa ditemukan di Amazon dengan harga US$350 (Rp5,1 juta).

Baca Juga: Daftar 10 Video Game Bergaya Anime dan Manga Terbaik

6. Dragon Ball Z: Budokai Tenkaichi 3

https://www.youtube.com/embed/BJWKAXJxweY

Dragon Ball Z: Budokai Tenkaichi 3 merupakan game ketiga dan terakhir dari seri Dragon Ball Z: Budokai Tenkaichi. Game ini memiliki 98 karakter dalam 161 bentuk, yang mana itu merupakan roster terbesar dari keseluruhan seri.

Selain karakter, game fighting ini juga menghadirkan beberapa stage baru dan serangan kombo baru. Ini tidak terlalu laris di pasaran, namun kini menjadi buruan para kolektor dengan nilai mencapai US$400 (Rp5,9 juta).

7. Haunting Ground

https://www.youtube.com/embed/n7KTXvrM5Ds

Haunting Ground merupakan game survival horor Jepang yang berbagi banyak kesamaan dengan seri Clock Tower. Yang membedakan ini dengan seri tersebut adalah Haunting Ground menerima ulasan yang beragam dan tidak pernah benar-benar menemukan penggemar.

Kritikus menilai game ini punya kualitas yang turun dibanding game bergenre sejenis. Kini, Haunting Ground lumayan dicari dan versi yang masih tersegel bisa mencapai US$435 (Rp6,4 juta).

8. Kuon

https://www.youtube.com/embed/bjwh60sc3FI

Kuon merupakan game survival horor lain di daftar ini, yang dikembangkan oleh developer pembuat Dark Souls – FromSoftware. Karena digarap oleh developer besar dan dirilis secara terbatas, Kuon jadi bisa mengalami peningkatan nilai setiap tahunnya.

Versi bekas dari game ini bisa bernilai hingga US$300 (Rp4,4 juta) dan bisa jadi US$400 (Rp5,9 juta) hingga US$700 (Rp10,3 juta) untuk yang masih segel. Ini tidak hanya jadi game PS2 paling langka saja, namun juga salah satu yang paling mahal. 

9. Ocean Commander

https://www.youtube.com/embed/SYd8UUrKlHc

Ocean Commander umumnya dikenal sebagai game Wii, namun Phoenix Games sempat merilis untuk PS2 dan kini itu menjadi sangat langka. Game ini sendiri mengikuti kisah komandan senjata khusus di dunia bawah laut yang harus melindungi wilayahnya menggunakan kekuatan militer.

Ocean Commander versi PS2 hanya dirilis di Itali untuk para pemain yang sedang mencari game murah. Namun kini, salinan game ini tidaklah murah dengan bisa ditemukan di eBay untuk harga US$575 (Rp8,5 juta).

10. Rule Of Rose

https://www.youtube.com/embed/YZjnaTmhp3I

Yang terakhir adalah Rule Of Rose – game survival horor garapan Punch line yang diterbitkan di Amerika Utara oleh Atlus USA pada tahun 2006. Game ini sempat menyebabkan kepanikan moral di Eropa, dengan rumor menyebut bahwa game ini mengandung sadomasokisme dan kekerasan brutal terhadap anak.

Inggris menjadi salah satu negara melarang peredaran game ini di negaranya. Dengan kontroversi yang dimilikinya itu, Rule Of Rose jadi sangat berharga dan bernilai hingga US$1800 (Rp26 juta).

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa game PS2 terlangka dan berapa harganya sekarang. Dari 10 game di atas, ada favorit kamu?

Baca Juga: 10 Game Langka Berharga Ratusan Juta Rupiah, Jangan-jangan Ada Punyamu

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya