Comscore Tracker

7 RPG Terbaik Berdasarkan Skor Metacritic yang Dirilis di 2019

Kualitasnya gak perlu diraguin lagi!

RPG sering dipandang sebagai genre paling populer di industri video game berkat cerita yang menarik, karakter yang beragam dan gameplay yang adiktif. Tahun ini, ada banyak RPG luar biasa yang dirilis dari berbagai developer, yang sebagian besar di antaranya layak disebut sebagai game hebat.

Metacritic sebagai salah satu situs rating paling terkenal, juga memberi nilai untuk beberapa di antaranya. Berikut 7 RPG terbaik yang dirilis di 2019 (berdasarkan skor Metacritic). Check it out!

1. Asgard’s Wrath - 88

7 RPG Terbaik Berdasarkan Skor Metacritic yang Dirilis di 2019sanzaru.com

Asgard’s Wrath merupakan game VR bergenre action-RPG yang menempatkan pemain di tengah mitologi Nordik sebagai Dewa Hewan. Dengan bantuan Loki, pemain diajak untuk menyusuri petualangan fantastis yang dapat mengguncang sembilan dunia.

Untuk ukuran game VR, Asgard’s Wrath punya visual yang luar biasa, yang disandingkan dengan gameplay yang adiktif dan cerita yang menarik. Ini mungkin tidak sedalam atau sepanjang game PC atau konsol, namun sebagai game VR, Asgard’s Wrath terbilang sangat istimewa.

2. Disco Elysium- 90

7 RPG Terbaik Berdasarkan Skor Metacritic yang Dirilis di 2019indiegamewebsite.com

Disco Elysium merupakan game adventure-RPG unik yang dengan cepat meraih banyak penggemar. Pada Disco Elysium, pemain berperan sebagai seorang detektif yang ditugaskan untuk menyelidiki kasus pembunuhan misterius di kota Revachol.

Lewat konsep dunia terbuka yang diusungnya, Disco Elysium jadi punya banyak ‘jalan’ untuk dipilih dan itu sepenuhnya ada di tangan pemain. Singkatnya, Game garapan developer asal Estonia – ZA/UM ini, aneh dan eksentrik namun mengesankan di saat yang bersamaan.

3. Monster Hunter: World – Iceborne - 90

7 RPG Terbaik Berdasarkan Skor Metacritic yang Dirilis di 2019twinfinite.net

Ketika pertama kali dirilis, Monster Hunter: World mendapat popularitas yang tidak terbendung karena menjadi game action-RPG dengan skala epik. Di ekspansi terbarunya – Iceborne, Capcom menambahkan beberapa monster baru, area baru dan sistem combat yang masih sama seperti game utamanya.

Ini mungkin sedikit linear, namun berkat dunia terbuka yang dimiliki, pemain jadi agak punya kebebasan. Mekanisme bertarungnya sendiri juga fleksibel, sehingga pemain yang masih baru sekalipun masih bisa menikmatinya.  

Baca Juga: Rekomendasi 7 Game RPG Terbaik untuk Android, Seru dan Menyenangkan

4. NieR: Automata - 91

7 RPG Terbaik Berdasarkan Skor Metacritic yang Dirilis di 2019playstation.com

NieR: Automata merupakan game action-RPG yang meraih banyak gelar Game Of The Year. Pada game ini, pemain berperan sebagai karakter Android bernama 2B, yang dikirim untuk menjalankan beragam misi.

Ceritanya sendiri sangat rumit dan dijalin dalam bentuk babak atau chapter. Selain itu, ada banyak ending yang bisa pemain dapatkan, di samping narasi yang siap memukau siapapun yang memainkannya. Plus, sistem combat-nya juga lebih baik dari pendahulunya dan nampaknya akan segera mendapat kelanjutan dalam waktu dekat.

5. Sekiro: Shadows Die Twice - 91

7 RPG Terbaik Berdasarkan Skor Metacritic yang Dirilis di 2019store.steampowered.com

Game action-RPG terbaru dari FromSoftware - Sekiro: Shadows Die Twice, merupakan game menakjubkan yang memperkenalkan banyak mekanisme menarik. Berlatar di era Feodal Jepang tahun 1500-an, karakter pemain diceritakan selamat dari insiden tragis dan harus menggunakan tangan palsu baru nan mematikan untuk membalas dendam. Sekiro memang berbagi banyak kemiripan dengan Dark Souls, namun berkat sistem traversal yang bebas dan penekanan terhadap strategi serta stealth, Sekiro jadi punya identitas uniknya sendiri.

6. Red Dead Redemption 2 - 93

7 RPG Terbaik Berdasarkan Skor Metacritic yang Dirilis di 2019techradar.com

Rockstar kembali menetapkan standar baru ketika merilis Red Dead Redemption 2. Versi PC-nya yang baru saja dirilis, bahkan menambahkan beberapa konten seperti misi dan senjata baru.

Pada RDR2, pemain berperan sebagai buronan yang berusaha untuk melakukan berbagai kejahatan sembari menghindari kejaran agen federal. RDR2 diisi dengan cerita yang solid, karakter yang benar-benar terasa hidup dan gameplay yang luar biasa. Sulit untuk tidak melirik game yang meraih banyak penghargaan fantastis dari industri video game ini.

7. Divinity: Original Sin 2 - 95

7 RPG Terbaik Berdasarkan Skor Metacritic yang Dirilis di 2019theplug.games

Sejauh ini, RPG rilisan tahun 2019 dengan skor tertinggi di Metacritic adalah Divinity: Original Sin 2. Jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, Original Sin 2 jauh lebih kelam dengan setiap karakter seakan dibuat bersalah atas sesuatu.

Selain itu, pemain juga diberi kebebasan untuk membuat karakter mereka sendiri. Original Sin 2 juga dilengkapi dengan mode multiplayer lokal, kompetitif dan kooperatif. Larian Studios selaku developer menyebut Original Sin 2 sebagai game open-world dengan segudang konten berkualitas.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai RPG terbaik rilisan tahun 2019 berdasarkan skor Metacritic. Jika kamu termasuk gamer yang suka genre RPG, maka deretan game di atas tidak boleh kamu lewatkan.

Baca Juga: 7 Hal di Game RPG Ini Akan Sangat Menyenangkan Jika Ada di Dunia Nyata

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You