Comscore Tracker

7 Game Terbaik Steam Deck Edisi Oktober 2022

Bisa berjalan optimal di "konsol" garapan Valve itu

Meluncur Februari tahun ini, Steam Deck memperkenalkan Valve ke dalam industri perangkat gaming handheld. Steam Deck hadir sebagai opsi portabel untuk para gamer PC namun di sisi lain, tidak mengorbankan banyak performa untuk ukurannya.

Meski peluncurannya tidak bisa dibilang lancar, Steam Deck tetap menjadi “konsol” yang menarik terlebih dengan banyaknya game luar biasa yang bisa berjalan optimal, tak terkecuali game AAA yang punya visual indah. Berikut 7 game Steam Deck terbaik edisi Oktober 2022.

1. Elden Ring

https://www.youtube.com/embed/OT8if6DXOFQ

Dirilis bersama dengan Steam Deck, Elden Ring nampaknya dibuat untuk menguji seberapa kuat PC gaming portabel garapan Valve itu. Menariknya, Steam Deck berhasil menjalankan game dengan pendekatan open-world seperti Elden Ring dengan cukup optimal.

Elden Ring sendiri merupakan salah satu game terbaik di 2022 sejauh ini dan ada kans besar jika sebagian besar pemilik Steam Deck telah menjajal game garapan FromSoftware itu. Selain performa yang stabil, Elden Ring di Steam Deck juga berhasil tampil memukau secara visual.

2. God of War

https://www.youtube.com/embed/HqQMh_tij0c

Beberapa tahun yang lalu, akan sangat tidak masuk akal untuk membayangkan jika game seperti God of War tidak hanya akan dirilis di PC, tapi juga bisa dimainkan di perangkat gaming portabel seperti Steam Deck. Membawa banyak perubahan signifikan, God of War yang dirilis pada 2018 kemarin mengajak pemain mengikuti kisah Kratos dan anaknya Atreus.

Pada game ini, Kratos tak lagi bergelut di mitologi Yunani melainkan pindah ke mitologi Nordik yang diisi oleh dewa seperti Thor, Magni, Modi, Baldur, dan Freya.

3. Stray

https://www.youtube.com/embed/4uP2MyUL49s

Stray merupakan game petualangan bertema sci-fi tentang kucing jalanan yang terlempar ke dalam kota yang dihuni oleh robot. Dengan misi untuk membawa sang kucing pulang, pemain diajak untuk mengikuti kisah menggemaskan menyusuri kota yang dipenuhi oleh selokan, bar dan jalanan yang diterangi oleh lampu neon.

Sang kucing tidak hanya perlu menyelesaikan puzzle, tapi juga melawan beberapa musuh. Dengan durasi permainan sekitar 5 jam, Stray jadi game sempurna untuk dimainkan di perangkat seperti Steam Deck.

Baca Juga: 7 Konsol Handheld Terbaik Alternatif Steam Deck

4. Apex Legends

https://www.youtube.com/embed/innmNewjkuk

Memadukan genre battle-royale dengan gameplay FPS ala Respawn yang khas, Apex Legends langsung disukai oleh banyak pemain sejak pertama kali diluncurkan dan hingga kini masih jadi salah satu game multiplayer dengan pemain paling konsisten.

Alih-alih menggunakan karakter standar, pada game ini pemain memilih salah satu Legend yang masing-masing punya kemampuan spesial. Gunplay dari game ini sangat seru, di samping optimalisasi yang baik, tak terkecuali untuk perangkat seperti Steam Deck.

5. Devil May Cry 5

https://www.youtube.com/embed/g_2VZvi0fQ0

Butuh lebih dari satu dekade bagi Capcom untuk melahirkan game Devil May Cry baru, terutama yang jadi lanjutan langsung dari entri sebelumnya. Devil May Cry 5 menghadirkan tiga karakter berbeda dan dianugerahi dengan sistem combat hack-and-slash terbaik yang pernah ada di sepanjang serinya.

Tiap level memang masih linear namun hal tersebut yang justru membuat Devil May Cry 5 jadi makin seru untuk dimainkan. Bagi pemilik Steam Deck, game ini jadi salah satu yang tidak boleh untuk dilewatkan.

6. Marvel’s Spider-Man Remastered

https://www.youtube.com/embed/mrT5q5xXb7Y

Setelah sebelumnya hanya eksklusif di PS4, Marvel’s Spider-Man akhirnya hadir ke PC dalam format remastered dan tentu saja, juga bisa dimainkan secara optimal di Steam Deck.

Sebagai salah satu superhero terpopuler Marvel, pada game ini, pemain berayun-ayun di antara gedung-gedung tinggi di kota Manhattan sembari mengalahkan musuh dan menyelesaikan misi utama maupun sampingan. Versi PC dari game ini juga hadir dengan semua DLC, termasuk ekspansi The City That Never Sleeps.

7. Lego Star Wars: The Skywalker Saga

https://www.youtube.com/embed/n49TsZAwFEs

Lego Star Wars: The Skywalker Saga mungkin menjadi proyek paling ambisius dari seri Lego di mana game ini mencakup sembilan film utama dari seri film sci-fi legendaris – Star Wars. Pemain diberi kebebasan untuk memainkan film atau episode yang mana, di mana masing-masing berikut lima misi dari momen-momen penting di filmnya.

Selain itu, pemain juga bisa menjelajahi beberapa planet disediakan dengan tiap planet hadir dengan sejumlah misi sampingan. Sama seperti yang lain, game ini juga tersedia untuk dimainkan di Steam Deck.

Itulah tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa game Steam Deck terbaik edisi Oktober 2022. Ada game favorit kamu di daftar di atas?

Baca Juga: 7 Fakta Konsol Buatan Valve: Steam Deck, Dinantikan Gamer

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya